5 Minuman Sehat yang Mudah Dibuat

-

Ditengah pandemi Virus Corona, menjaga sistem kekebalan tubuh (sistem Imunitas) menjadi satu hal yang sangat penting untuk dilakukan, jika kekebalan tubuh Anda lemah atau menurun, sebaiknya harus waspada. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga sistem imunitas tubuh, selain rajin berolahraga, salah satu cara lainnya adalah sering mengonsumsi minuman kesehatan.

Baca juga : 4 Minuman Sehat untuk Buka Puasa

Beruntung bagi kita tinggal di Indonesia yang kaya akan beraneka ragam rempah-rempah (herbal). Bukan hanya sebagai bumbu masak, tetapi juga dapat diolah menjadi minuman yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, sebut saja jahe, kunyit dan temulawak yang dengan mudah bisa kita dapatkan. Tetapi khasiat dan manfaatnya tidak dapat dirasakan secara instan, karena butuh waktu untuk tubuh memproses secara alami. Oleh sebab itu dianjurkan untuk mengonsumsi minuman herbal secara rutin dan teratur.

Baca juga : 5 Usaha Minuman Kekinian

Sedangkan untuk menjaga khasiatnya, rempah-rempah ini harus diolah dengan baik dan benar. Pengolahan yang tidak benar akan menurunkan bahkan menghilangkan zat-zat aktif yang bermanfaat bagi tubuh Anda. Melansir dari Merdeka.com berikut beberapa minuman kesehatan yang dapat dengan mudah Anda buat di rumah.

Jamu Beras Kencur

Sudah sejak lama jamu beras kencur diyakini memiliki banyak manfaat untuk tubuh Anda, seperti dilansir hellosehat.com beberapa khasiat untuk tubuh terdiri dari menjaga kadar gula darah, meredakan batuk, masuk angin dan bahkan dapat meningkatkan nafsu makan pada anak. Pada jamu beras kencur juga terdapat kandungan senyawa fenolik yang bekerja sebagai antioksidan, yang dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mencegah penyakit Diabetes.

Cara membuatnya pun cukup mudah, dengan bermodalkan bahan-bahan yang ada disekitar anda, seperti beras putih, kencur, asam jawa dan daun pandan Anda sudah dapat membuat minuman ini. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda cukup minum 1 kali sehari. Saat ini jamu beras kencur pun sudah banyak dijual baik di supermarket atau toko obat tradisional. Namun tidak ada salahnya jika Anda membuat jamu beras kencur sendiri di rumah.

Jamu kunyit asam

Siapa yang tidak kenal dengan jamu kunyit asam, mungkin bagi pecinta jamu, kunyit asam merupakan jamu yang sangat populer dan cukup mudah ditemukan. Jamu kunyit asam sering menjadi primadona bagi kaum hawa disaat menjelang periode datang bulan, dikarenakan kandungan zat kurkumin pada kunyit yang terbukti dapat mengatasi nyeri haid pada wanita.

Bukan itu saja, manfaat lain dari mengonsumsi jamu kunyit asam adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan berat badan, mengendalikan gula darah, meredakan sembelit serta dapat melawan kolesterol jahat. Walaupun memiliki banyak manfaat, perlu diwaspadai juga bagi penderita gangguan saluran empedu dan tukak lambung untuk tidak meminum kunyit asam dalam jumlah banyak, karena hal ini bisa meningkatkan produksi asam lambung.

Untuk membuatnya pun cukup mudah, hanya perlu menyiapkan kunyit, asam jawa, madu dan gula jawa yang direbus menjadi satu, kemudian disaring dan diambil air rebusannya. Cukup mudah bukan?

Wedang Jahe

Sepertinya wedang jahe adalah minuman yang paling cocok untuk kita sajikan kepada keluarga saat malam hari, terlebih disaat hujan tiba. Selain dapat menghangatkan tubuh, jahe memiliki segudang manfaat kesehatan untuk tubuh Anda, terlebih dimasa pandemi corona saat ini, banyak yang mempercayai bahwa jahe dapat dijadikan penangkal virus corona. Sebetulnya sebelum virus corona masuk ke Indonesia, Jahe sudah dipercaya untuk mengobati sakit kepala, mengobati batuk, mengatasi mual, menurunkan berat badan, meningkatkan nafsu makan serta menjaga kondisi jantung.

Memang terlihat cukup mudah untuk membuat wedang jahe yang lezat serta menyehatkan, namun membuat wedang jahe bisa dikatakan gampang-gampang susah, karena jika keliru biasanya akan terasa aneh, tidak beraroma dan terasa pahit. Sedangkan wedang jahe yang ideal, seharusnya memiliki aroma yang sedap dan rasa pedas menghangatkan tubuh.

Berikut langkah untuk membuat wedang jahe yang simple, bakar jahe sebelum dikupas untuk hasil maksimal, kemudian kupas jahe tipis-tipis lalu memarkan atau bisa juga di iris. Rebus jahe dengan air secukupnya dengan api kecil hingga mendidih, selanjutnya bisa ditambahkan gula merah atau gula aren.

STMJ (Susu Madu Telur Jahe)

Stamina Anda sedang turun karena banyak aktifitas dan cuaca yang tidak menentu. Untuk itu, diperlukan minuman yang dapat meningkatkan stamina tubuh. Mungkin bisa dicoba resep STMJ. Ya, STMJ merupakan campuran susu, telur, madu dan jahe. Minuman yang berasal dari kota Malang Ini memiliki citarasa yang khas dan unik, karena adanya campuran bahan-bahan tersebut.

Untuk saat ini sepertinya cukup mudah kita temui STMJ, karena banyak warung kecil yang menjual STMJ. Namun jika Anda ingin membuatnya sendiri di rumah pun cukup mudah dengan bahan-bahan yang sangat mudah ditemui. Pertama siapkan bahan-bahannya seperti susu, telur ayam kampung, madu dan jahe. Kemudian rebus jahe dan susu. Setelah mendidih, tuang air rebusan jahe dan susu tersebut ke dalam gelas lalu masukan telur ayam lampung dan langsung diaduk agar tidak menggumpal, untuk menambahkan rasa manis tambahkan masu sesuai selera Anda.

Air lemon hangat

Banyak yang meyakini bahwa minum air lemon hangat dipagi hari memiliki banyak manfaat. Para pakar kesehatan menganjurkan minum air lemon hangat setiap hari, karena buah lemon memiliki tinggi antioksidan, protein, vitamin B dan C, flavonoid, fosfor, potasium dan karbohidrat.

Dari sekian banyak zat yang terkandung dalam buah lemon, tak heran jika mengonsumsi air lemon hangat dipagi hari memiliki segudang manfaat, seperti menurunkan berat badan, mencegah sembelit, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah batu ginjal, mencegah kardiovaskular dan stroke.

Namun dibalik banyak manfaat meminum air lemon hangat dipagi hari, terdapat efek samping yang mesti diwaspadai. Lemon mengandung asam sitrat yang dapat mengikis bagian luar gigi, sehingga disarankan untuk berkumur setelah minum air lemon. Selain itu air lemon juga dapat menimbulkan keluhan nyeri ulu hati pada sebagian orang.

Jadi, itulah 5 minuman yang dengan mudah dibuat dan disarankan untuk dikonsumsi teratur demi menjaga kesehatan tubuh Anda. Nah, dari beberapa minuman diatas mana yang paling mungkin Anda butuhkan ? tulis di kolom komentar dibawah ini ya !