5 Alasan Bisnis F&B Kamu Perlu Menggunakan Kasir Online

-

Saat ini sudah banyak segala hal yang terpengaruh dengan teknologi salah satunya, yaitu kasir online.  Mungkin sebagian dari Anda ketika mendengar istilah kasir online masih terdengar asing, bukan?

Adanya kasir online saat ini sangat dibutuhkan oleh bisnis, khususnya bisnis F&B. Karena dengan menggunakan kasir online segala bentuk transaksi, stok bahan makanan, ataupun insight bisnis dalam jangka kedepan dapat dilihat dengan 1 aplikasi.

POS atau Point of Sale menjadi salah satu teknologi yang digunakan dalam sebuah aplikasi kasir online. Apabila pemilik bisnis dapat mengoptimalkan teknologi dari kasir online ke bisnis F&B, tentunya akan mempermudah dan mempercepat dalam menjalankan bisnis F&B Anda.

Baca juga : Sistem POS (Point of Sale) yang Perlu Diketahui

Selain untuk mempermudah dan mempercepat dalam menjalankan bisnis, berikut merupakan alasan kenapa bisnis F&B membutuhkan kasir online.

Mempermudah operasional harian karyawan

Setiap bisnis F&B hampir setiap harinya datang pembeli, saat bersamaan membuat adanya sebuah laporan keuangan yang perlu tercatat secara sempurna. Ketika menggunakan kasir ‘tradisional’ Anda perlu proses setidaknya 2 atau 3 kali untuk memastikan transaksi agar tercatat dengan sempurna.

Proses cek ulang tersebut, tentunya akan membuang waktu. Terutama bagi Anda yang memiliki mindset ‘waktu adalah uang’.

Baca juga : Permudah Bisnis dan Usaha Dengan Aplikasi Kasir Online

Adanya sistem POS di restoran akan mendukung Anda untuk mengirimkan laporan lebih cepat. Anda juga dapat mengurangi kesalahan karyawan, karena itu dengan POS segala bentuk laporan keuangan akan tercatat dan diacak secara otomatis.

Melayani pelanggan lebih baik

Dalam segi pelayanan, apakah menggunakan kasir online lebih baik? tentu saja jawabannya iya. Kasir online dengan sistem POS akan secara otomatis mencatat transaksi apapun setiap harinya.

Ketika pembeli memesan menu sesuatu dengan menu khusus seperti “sedikit gula” atau “tambahkan pedas”, pesanan tersebut tercatat dengan baik dan menu khusus tersebut sesuai yang diminta oleh pembeli.

Baca juga : Aplikasi Kasir berbasis Point-of-Sales Tingkatkan Penjualan

Memanfaatkan sistem POS dari kasir online, akan meningkatkan keterampilan karyawan Anda tentang cara menangani pelanggan dengan benar. Dengan memanfaatkan sistem POS, mereka dapat melayani pelanggan Anda lebih cepat dan mereka dapat menangani keluhan pelanggan dengan lebih baik

Data/laporan aman menggunakan cloud server

Data adalah salah satu hal terpenting bagi setiap bisnis F&B. Tidak heran jika setiap bisnis F&B khawatir kehilangan data ketika menyangkut catatan transaksi. Maka dari itu untuk mencegah kehilangan data, kasir online dengan POS memanfaatkan teknologi bernama cloud server.

Baca juga : 13 Manfaat Menggunakan Aplikasi Kasir Untuk Bisnis Anda

Selain seluruh data termasuk data transaksi aman, cloud server juga membantu para pemilik bisnis untuk memantau atau dapat mengakses bisnis F&B dari jarak jauh dan juga cloud server membantu sinkronisasi data apabila terjadi kendala seperti mati listrik.

Kurangi risiko pencurian

Memiliki bisnis F&B dengan banyaknya stok bahan makanan atau minuman, membuat pemilik bisnis atau mungkin termasuk Anda waspada terhadap pencurian, bukan?

Baca juga : 4 Cara Memulai Bisnis F&B

Karena setiap restoran tentunya rawan terjadinya pencurian, termasuk di restoran Anda. Pencurian yang paling sering terjadi di bisnis F&B adalah dari pihak internal. Maka dari itu, satu hal yang perlu Anda lakukan adalah mencegahnya.

Satu hal yang perlu Anda lakukan, yaitu menggunakan kasir online. Dengan adanya kasir online dengan fitur-fitur yang akan menciptakan transparansi semua proses transaksi atau setiap catatan yang dilakukan setiap harinya  akan ditemukan dengan mudah.

Pembayaran melalui digital

Mungkin sebagian dari Anda pernah mendengar istilah cashless society, dimana masyarakat sudah tidak lagi menggunakan uang kertas sebagai alat transaksi, melainkan menggunakan uang digital.

Pada kasir online, segala bentuk macam transaksi dari uang digital dapat dilakukan. Selain itu, penyedia/perusahaan uang digital yang berkembang di Indonesia bekerjasama dengan beberapa restoran F&B untuk mengadakan cashback.

Baca juga : Bisnis Kopi Bikin Untung Tiap Hari

Adanya program cashback yang di support oleh uang digital tersebut, dapat menjadi sebuah peluang keuntungan untuk Anda yang memiliki bisnis F&B dan juga mempermudah transaksi tanpa uang kembalian.

Nah, beberapa hal diatas merupakan alasan kenapa bisnis F&B Anda perlu menggunakan sistem POS dalam aplikasi kasir online, Adanya teknologi ini dapat membantu Anda mengurangi jam yang Anda butuhkan untuk mengelola bisnis F&B Anda.

Sistem POS berbasis cloud di aplikasi kasir online akan memungkinkan Anda untuk mengetahui dengan tepat apa yang terjadi di outlet dimana Anda berada. Jika Anda memiliki lebih dari satu outlet, di kasir online juga didukung dengan fitur multi-outlet yang dapat di manajemen dalam satu aplikasi.

Semua alasan dan fitur tersebut Anda dapat temukan di aplikasi KAWN. Apabila Anda tertarik dengan aplikasi KAWN untuk membantu perkembangan bisnis F&B Anda bisa coba KAWN secara gratis selama 30 hari, yuk cobain KAWN sekarang.