Warteg Favoritnya Orang Jakarta Ada Di Kawasan Ini Nih! Yuk Cobain

-

Warteg atau Warung Tegal kerap dijadikan destinasi bagi banyak orang yang hendak mengobati rasa laparnya. Dicap sebagai warung yang ramah dikantong serta menyajikan pilihan menu yang beragam, membuat warteg selalu dipadati pengunjung saat jam-jam makan siang. Tentu saja, digandruingi oleh para karyawan atau pekerja yang hendak mengobati rasa laparnya.

Warteg merupakan salah satu warung makan yang banyak ditemui di Kota Jakarta. Bahkan, hampir disetiap sudut jalan-jalan ibukota terdapat warung yang berasal dari Kota Tegal ini.

Baca juga: Kuliner Tersembunyi Namun Tak Pernah Sepi di Jakarta Selatan

Menariknya, meski membawa nama Kota Tegal, makanan yang disajikan bukanlah masakan khas Kota Tegal, seperti Sate Tegal, nasi lengko serta rujak teplak. Melainkan masakan rumahan yang biasa dimasak oleh ibu-ibu rumah tangga.

Baca juga: 13 Makanan Khas Tegal yang Terkenal Enak

Lantas, mengapa disebut dengan Warung Tegal? Melansir goodnewsfromindonesia.id, sekitar tahun 1960-an warteg pertama kali hadir di Kota Jakarta. Dimana pada tahun tersebut, Kota Jakarta sedang melakukan pembangunan infrastruktur secara besar-besaran. Saat itulah, banyak masyarakat Tegal yang merantau ke ibukota untuk mencari pekerjaan sebagai pekerja proyek.

Selain menjadi pekerja, tidak sedikit pula warga Tegal terutama para istri atau kaum perempuan yang menjual makanan yang berdekatan dengan lokasi proyek. Sejak saat itulah, banyak warteg mulai bermunculan di Kota Jakarta. Etalase kaca, kursi panjang, banyaknya pilihan menu serta harga yang murah menjadi ciri khas dari warteg masa kini.

Eksis sejak lebih dari 50 tahun lamanya, warteg selalu hadir mengobati rasa laparnya masyarakat Kota Jakarta. Lantas, warteg-warteg mana saja yang menjadi favoritnya orang Jakarta? Dikutip dari laman nibble.id, yuk kita bahas satu persatu.

Warteg Warmo

source : Prambors FM

Warteg ini bisa menjadi penyelamat saat rasa lapar menyerang Anda ditengah malam atau dini hari. Bagaimana tidak, warteg yang berada di bilangan Tebet ini buka selama 24 jam setiap harinya.

Berdiri sejak tahun 1970, wajar saja jika label legendaris pantas disematkan pada Warteg Warmo. Usut punya usut, nama warmo sendiri merupakan akronim dari warung mojok.

Selalu menjadi langganan para artis ibukota, Warteg Warmo menyajikan lebih dari 40 menu atau lauk. Karena hal itulah, warung makan ini selalu ramai dipadati pengunjung, bahkan diluar jam makan siang sekalipun.

Alamat: Jl. Tebet Timur Raya No. 1D, Tebet, Jakarta Selatan

Jam Buka: Setiap hari, 24 jam

Kisaran harga: Rp 20.000 per orang

Warteg 21

source : tribun

Warteg 21 boleh saja berbangga hati, pasalnya warteg inilah satu-satunya warteg yang pernah di sambangi Bapak Joko Widodo. Cerita bermula saat Pak Jokowi masih menjabat gubernur DKI Jakarta di tahun 2013, beliau mampir ke Warteg 21 untuk makan siang setelah meninjau waduk​ yang tidak jauh dari kawasan tersebut.

Berada di kawasan Pulomas, Jakarta Timur, warteg ini menyajikan masakan yang lezat luar biasa. Tak ayal, Warteg 21 kerap menerima banyak pesanan dari perkantoran atau perumahan di sekitarnya.

Informasi dari sang pemilik, diberi nama Warteg 21, karena posisi warteg ini tepat berada di sebelah SMAN 21. Meski bangunan warteg terlihat sederhana, jangan heran jika warteg ini selalu dipenuhi pengunjung. Bukan hanya pengendara motor, banyak pengendara mobil yang notabene masyarakat kelas atas juga hobi menikmati sajian di Warteg 21.

Alamat: Jl. Tanah Mas Raya No.39, Kayu Putih, Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Buka: Setiap hari, pukul 07.00 - 21.00 WIB

Kisaran harga: Rp 15.000 per orang

Warteg Gang Mangga

source : pinterest

Bisa dikatakan, warung ini keluar dari kodratnya sebagai warung makan kelas menengah kebawah, dimana harganya yang ramah dikantong. Pasalnya, Hal ini tidak lepas dari julukan warteg sultan yang sudah terlanjur disematkan pada Warteg Gang Mangga.

Baca juga: Wisata Kuliner Dalam Gang di Kota Jakarta, Berikut Daftarnya!

Bagaimana tidak, di Warteg Gang Mangga hitungan per lauknya bisa mencapai Rp 15.000, sementara untuk side dish-nya seperti gorengan dihargai Rp 3.000 per buah. Oleh karena itu, siapkan uang yang cukup saat Anda mampir ke warteg ini ya! Biasanya, orang bisa menghabis sekitar Rp 40.000 hingga Rp 60.000 untuk sekali makan di warteg ini.

Meski harganya cukup menguras kantong, bukan berarti warteg ini sepi peminat. Banyak orang rela antri hanya demi menikmati seporsi nasi dengan lauk-pauk di warteg yang sudah berdiri sejak tahun 1980.

Istilah “ada harga ada kualitas” sepertinya pantas juga disematkan pada Warteg Gang Mangga. Meski terbilang mahal, semua terbayarkan dengan citarasa makanan yang lezat, bahan makanan yang fresh serta porsinya yang juga banyak. Mungkin inilah yang menjadi alasan, warteg ini selalu dipenuhi pengunjung.

Warteg ini berada di Gang Mangga, Glodok, Jakarta Barat. Sama halnya dengan warteg warmo, dimana warteg ini juga melayani konsumennya selama 24 jam tanpa tutup sekalipun.

Alamat: Jl. Kemurnian V No. 1D, RT. 15 / RW. 1, Glodok, Tamansari, Jakarta Barat

Buka: Setiap hari, 24 jam

Kisaran harga: Rp 50.000 per orang

Warteg Berkah Jaya

source : sonora

Berada di kawasan elit Kemang dan Kelapa Gading, Warteg Berkah Jaya hadir ditengah maraknya kafe-kafe kekinian dan restoran di kawasan tersebut. Hebatnya, hal ini tidak membuat warteg ini sepi pengunjung. Selalu ada saja konsumen yang sedang menikmati seporsi sajian khas Warteg Berkah Jaya.  

Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Makan Enak di Kemang, Jakarta Selatan

Begitu banyak menu yang bisa Anda coba saat mampir ke warteg ini, dan semuanya enak. Akan tetapi, beberapa diantaranya yang sama sekali tidak boleh Anda lewatkan, seperti telur dadar, ayam goreng, tempe orek serta sayur sop.  

Selain enak, harganya pun merakyat. Bagaimana, tertarik mampir di Warteg Berkah Jaya.

Alamat:

  • Jl. Kemang Timur, Pejaten Barat, Jakarta Selatan
  • Jl. Pegangsaan Dua No.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Buka: Pukul 07.00 - 21.00 WIB

Kisaran harga: Rp 15.000 - Rp 20.000 per orang

Warteg Kharisma Bahari

source : lifepal

Jika Anda hobi makan di warteg, tentu sudah tidak asing dengan Warteg Kharisma Bahari. Pasalnya, warteg ini bukan hanya ada di Jakarta saja, melainkan di seluruh belahan Indonesia lainnya. Bahkan, di Jabodetabek saja tercatat sudah lebih dari 260 outlet Warteg Kharisma Bahari.  

Baca juga: Warung Tegal Kharisma Bahari, Kelola 260 Jaringan Warteg di Jabodetabek

Mengapa bisa sebanyak itu? Karena, Warteg Kharisma Bahari merupakan salah satu bisnis warteg yang mengusung konsep waralaba atau franchise. Dimana, seseorang bisa menjalankan bisnis warteg dengan merek dagang Warteg Kharisma Bahari.

Baca juga: Plus Minus Membeli Usaha Waralaba

Ciri khas dari warteg ini terdapat jendela berwarna hijau dengan tulisan “Warteg Kharisma Bahari” dengan font berwarna merah. Selain menu yang beragam dan harganya yang murah, kondisi warung yang bersih dan terang menjadi daya tarik bagi banyak konsumen.

Meski banyak cabang Warteg Kharisma Bahari, namun satu outlet yang seperti perlu Anda datangi, yakni yang berada di bilangan Cilandak, Jakarta Selatan. Karena dicabang inilah Anda bisa menikmati sajian ala warteg sepanjang hari, alias buka selama 24 jam.

Alamat: Jl. K.H. Muhasyim Raya, Cilandak, Jakarta Selatan

Buka: Setiap hari, 24 jam

Kisaran harga: Rp 15.000 - Rp 20.000 per orang

KawanKAWN, baru saja dibahas beberapa warteg yang menjadi favoritnya orang Jakarta. Akan tetapi, jika Anda memiliki daftar warteg jempolan lainnya, silahkan tulis di kolom komentar ya! Terima kasih!