4 Hikmah Ramadhan Buat Jadi Pelajaran

-

Bulan ramadhan, dimana seluruh umat muslim di dunia wajib menjalankan apabila tidak ada halangan. Saat menjalankan ibadah puasa selama 30 hari kedepan selain menahan haus dan lapar kita bisa melakukan refleksi atau renungan apa saja selama bulan ramadhan yang dapat dijadikan pelajaran.

Baca juga : 3 Persiapan Ramadhan yang Perlu Anda Lakukan

Selama bulan ramadhan sebagai umat muslim banyak sekali pelajaran yang dapat kita ambil dan dapat kita rasakan perbedaan sebelum dan setelah bulan ramadhan. Pada dasarnya, ketika kita menjalankan ibadah saat ramadhan dengan khusyuk secara tidak langsung iman dan kualitas diri kita semakin meningkat.

Selain itu, saat fokus kita untuk beribadah kepada Tuhan YME, selama bulan ramadhan aktivitas kita menciptakan hal-hal positif dari sinilah akan muncul atau menciptakan sebuah kebaikan dan kebahagiaan dunia dan akhirat.

Berikut ini beberapa hikmah selama bulan ramadhan yang dapat menjadi pelajaran agar hidup kita bisa lebih baik kedepan.

Meningkatkan iman dan takwa kepada Tuhan YME

Hikmah ramadhan yang paling utama yaitu semakin bertakwa kepada Tuhan YME, karena ibadah ini merupakan perintah wajib yang harus dijalankan sebagai umat muslim. Saat menjalankan ibadah puasa kegiatan kita tidak hanya menahan haus dan lapar saja selama satu hari.

Waktu kita dapat digunakan untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dengan membaca Quran dan menjalankan sesuai perintah yang diajarkan. Dengan melakukan kegiatan-kegiatan tersebut, bulan ramadhan ini setidaknya dapat meningkatkan iman kita dengan melakukan berbagai amalan yang menunjukkan ketaatan kita kepada Tuhan YME.

Mengontrol emosi

Selama bulan ramadhan kita diharuskan untuk menahan haus dan lapar, selain itu ada hal lain yang perlu kita tahan, yaitu emosi. Saat menjalankan puasa kita kita diharapkan untuk dapat mengontrol emosi kita. Dengan kita mampu mengontrol emosi hidup kita akan jauh lebih bahagia dan kita dapat fokus beribadah.

Agar kita dijauhkan dari emosi yang negatif, kita perlu menghabiskan waktu saat puasa untuk mengerjakan aktivitas atau hal-hal baik dan produktif dan bermanfaat kepada sesama dan dapat menciptakan kebaikan di dunia maupun diakhirat.

Meningkatkan empati

Hikmah lainnya yang kita dapatkan selama bulan ramadhan yaitu dapat meningkatkan empati kita kepada orang lain atau merasakan kepekaan kepada orang yang kurang mampu. Ketika berpuasa selama satu hari, kita dapat merasakan apa yang dirasakan oleh orang yang kehidupannya penuh kekurangan, bagaimana susahnya untuk dapat makan sehari.

Baca juga : 3 Kegiatan Sosial saat Bulan Ramadhan

Ketika kita menahan haus dan lapar saat puasa, kondisi seperti inilah yang juga dirasakan oleh mereka yang tidak berkecukupan. Mereka harus berjuang untuk menahan haus dan lapar ketika tidak memiliki uang. Hal ini, kita juga merasakan emosi apa yang mereka rasakan dan kita semakin lebih beruntung karena memiliki kecukupan dan lebih berempati kepada sesama.

Alangkah lebih baik apabila menemukan seseorang dijalan atau di sekitar rumah yang membutuhkan bantuan, kita dapat membantu dengan setidaknya memberikan makanan atau sedikit rezeki berupa uang.

Sehat jasmani dan rohani

Siapa sangka ketika berpuasa sebenarnya kita juga melatih diri untuk sehat secara fisik dan mental. Dengan kita berpuasa akan muncul rasa syukur dan merasa cukup atas segala yang diberikan kepada Tuhan YME, maka kita akan jauh lebih bahagia dengan apa yang kita punya, menurut WHO dari beberapa jenis dimensi kesehatan ketika berpuasa seseorang akan sehat secara emosional dan jiwa.

Selain rohani atau jiwa, dengan berpuasa kita juga sehat secara raga. Saat berpuasa kita dianjurkan untuk menahan lapar dari subuh hingga magrib tiba. Menurut istilah kedokteran Prolonged Intermittent Fasting kita dapat membatasi makanan yang kita konsumsi hal itu dapat mengurangi resiko dari tekanan kolesterol.

Selain itu, Anda juga perlu perhatikan makanan yang sehat untuk dikonsumsi saat buka puasa maupun sahur ya!

Baca juga : 4 Camilan Sehat untuk Buka Puasa

Nah berikut tadi merupakan beberapa hikmah dari bulan ramadhan, kita perlu melatih beberapa hal tersebut untuk dapat hidup lebih baik lagi kedepan. Semoga bulan ramadhan ini dapat menjadikan diri kita pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Karena setiap orang punya pengalaman dan mendapatkan hikmah tersendiri dari bulan ramadhan. Tulis kolom komentar dibawah ini ya apa hikmah yang Anda dapatkan selama bulan ramadhan.