4 Camilan Sehat untuk Buka Puasa

-

Saat bulan puasa kurang lengkap jika belum ada camilan di hidangan menu berbuka. Sebagian besar orang, sebelum menyantap makanan berat baiknya menyantap camilan terlebih dahulu. Namun, sebaiknya Anda memilih camilan yang lebih sehat supaya kondisi kesehatan terjaga dengan baik.

Pada saat sore hari sebelum azan magrib tiba banyak para pedagang menjajakan cemilannya di pinggir jalan. Dari camilan yang dijual tersebut biasanya kandungan atau komposisi dari camilan tersebut mengandung gula yang tinggi, kaya akan lemak dan dapat dikatakan camilan tersebut tidak sehat.

Camilan yang tidak sehat nantinya akan berdampak terhadap kesehatan Anda. Maka dari itu, Anda perlu memilah dan memilih camilan sehat yang cocok untuk berbuka puasa agar puasa selama 30 hari kedepan berjalan dengan lancar.

Camilan yang sehat merupakan makanan yang mengandung nutrisi tinggi dan tidak banyak proses pengolahan. Menurut ahli nutrisi dari Universitas Alabama Birmingham, Beth Kitchin, mengatakan bahwa mengonsumsi makanan yang tinggi akan nutrisi dan rendah kalori dapat meningkatkan imunitas seseorang agar lebih sehat.

Berikut ini beberapa camilan sehat yang perlu Anda coba sebagai pelengkap untuk buka puasa, tentunya kaya akan nutrisi dan juga rendah kalori.

Kurma

Camilan satu ini khas dari mesir yang menjadi oleh-oleh para jamaah haji atau umroh ketika berada di Tanah Suci. Buah yang menjadi camilan para nabi saat berbuka puasa ternyata memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan sehat apabila dimakan 3 butir dalam satu hari.

Saat mengonsumsi kurma Anda perlu memperhatikan jumlahnya, karena dalam satu butir kurma memiliki kandungan gula yang cukup tinggi yang cukup berbahaya apabila Anda penderita diabetes.

Di balik kadar gula yang tinggi dalam 1 buah kurma memiliki banyak sekali manfaat, melansir dari Medical News Today, dalam satu buah kurma kaya akan polifenol sebuah senyawa antioksidan yang melindungi tubuh dari peradangan dan memiliki kalium yang dibutuhkan tubuh untuk kesehatan jantung.

Kandungan tersebut cocok sekali sebagai camilan saat berbuka puasa bersama keluarga dan juga menjadi alternatif pengganti permen atau camilan manis lainnya.

Buah potong

Kandungan nutrisi pada buah sudah tidak diragukan lagi, mineral dan vitamin di dalam buah mudah dicerna oleh tubuh dan baik untuk kesehatan saat di bulan ramadhan. Tentunya, mengonsumsi buah potong lebih baik dibandingkan dengan buah yang melalui proses lebih lanjut seperti di jus.

Ketika Anda mengonsumsi buah yang sudah diproses itu akan menghilangkan nutrisi yang terkandung didalamnya, karena dalam prosesnya Anda perlu menambahkan bahan-bahan lain seperti gula atau sirup sebagai pemanis tambahan.

Maka dari itu, Anda perlu mengonsumsi buah tanpa campuran atau proses pengolahan apapun. Saat mengonsumsi buah potong pencernaan lebih mudah memproses dan menyerap zat gizi didalamnya, kandungan enzim amilase yang dikenal bermanfaat untuk mencerna dan menyerap zat gizi di dalam buah mampu bekerja secara maksimal.

Manfaat lain dari buah potong untuk dikonsumsi saat bulan puasa yaitu untuk membakar kilokalori yang cocok buat Anda yang sedang program diet dan buah potong juga menghindarkan sistem pencernaan Anda dari risiko sembelit.

Roti telur

Apabila Anda cukup bosan dengan makanan yang tidak ada olahan sama sekali atau raw food, Anda bisa coba roti telur panggang sebagai pilihan camilan berbuka puasa. Camilan ini walaupun memiliki proses lebih lanjut tetapi tidak menghilangkan kadar nutrisi di dalamnya.

Cara pembuatannya pun cukup mudah, anda cukup siapkan roti tawar dan 2 butir telur sebagai bahan dasar dan dikocok hingga putih dan kuning telurnya merata, lalu masukan roti tawar tersebut kedalam telur. Setelah itu, campurkan sedikit lada - tiriskan - lalu dipanggang menggunakan oven.

Setelah potongan roti tersebut matang dengan warna kecoklatan Anda dapat menambahkan garnish seperti  parutan keju atau potongan tomat dan camilan tersebut siap di santap untuk berbuka puasa. Nah, tentunya camilan tersebut kaya akan nutrisi di dalamnya karbohidrat yang berasal dari roti dan protein untuk energi dari telur.

Puding

Setiap orang pasti kenal puding. Camilan dengan tekstur kenyal dan sedikit manis ini cocok untuk jadikan hidangan penutup untuk buka puasa. Memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan baik untuk kesehatan puding juga dapat dijadikan camilan lezat dan menyehatkan sebagai pengganti buah.

Camilan puding ini memiliki kaya akan manfaat yang cocok untuk dikonsumsi saat bulan puasa, seperti memiliki kandungan antioksidan baik untuk detoksifikasi tubuh yang mampu meningkatkan imunitas dan Anda tidak mudah sakit. Selain itu, manfaat lain yang Anda dapatkan yaitu vitamin A,C, E dan omega 3 yang terdapat pada kandungan protein nabati dari biji-bijian dan kacang-kacangan.  

Saat berbuka puasa nanti jangan lupa makan camilan yang sehat yang kaya akan nutrisi dan menyehatkan untuk tubuh, Anda bisa coba beberapa cemilan diatas untuk menu buka puasa. Apabila Anda memiliki ide camilan sehat lainnya bisa tulis di kolom komentar dibawah ini ya!