3 Usaha Rumahan yang Tidak di Lekang Jaman

-

Hampir setiap orang ingin memiliki sebuah usaha kecil-kecilan sebagai tambahan finansial mereka, mungkin saja termasuk Anda. Beberapa dari mereka terkadang sulit untuk menemukan ide usaha apa yang cocok untuk dikembangkan dan dimana lokasinya.

Lokasi menjadi kendala saat ingin memulai usaha, tak jarang dari mereka terhambat oleh biaya sewa tempat. Namun, siapa sangka saat ini rumah juga dapat dijadikan tempat usaha yang ideal untuk menekan biaya sewa tersebut.

Membuat usaha di rumah merupakan hal tidak asing lagi saat ini, sudah banyak rumah disulap menjadi tempat usaha. Karena membuat usaha di rumah dapat dikontrol secara berkala dengan mudah.

Dari beberapa usaha rumahan yang sudah bermunculan tidak jarang dari usaha tersebut berhenti ditengah jalan, ada beberapa faktor penyebab terjadinya kegagalan, misalnya jenis usaha yang ditawarkan tidak sesuai dengan pasar.

Maka dari itu Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu sebelum memulai usaha rumahan, seperti melihat atau mencari tahu yang masyarakat butuhkan. Jangan sampai Anda salah menentukan usaha rumahan karena tidak sesuai dengan kebutuhan yang akibatnya membuat usaha Anda tidak bertahan.

Pada artikel ini Anda akan diajak untuk mengenal usaha rumahan apa saja yang mampu bertahan saat ini dan dimasa yang akan datang. Berikut beberapa usaha rumahan yang tentunya selalu dibutuhkan oleh masyarakat dan tidak akan di lekang jaman.

Laundry kiloan

Memiliki lokasi rumah yang berdekatan dengan kost-kostan atau pemukiman merupakan peluang besar untuk membuat usaha laundry kiloan. Saat ini laundry kiloan menjadi salah satu usaha rumahan yang sering dilakukan oleh banyak kalangan.

Usaha laundry kiloan sudah tidak lagi di kelola oleh kalangan menengah ke atas, namun usaha ini sudah merambah ke kalangan menengah dan menengah kebawah. Karena, hanya membutuhkan kemampuan dalam menyetrika usaha ini dapat dilakukan oleh siapa saja.

Baca juga : 4 Cara Memulai Bisnis F&B

Selain kemudahan untuk membangun usaha laundry, ternyata untuk membangun usaha ini terbilang cukup murah. Cukup bermodalkan uang sekitar 4 juta untuk membeli 1 mesin cuci, sabun cuci, dan tentunya alat setrika Anda sudah dapat membangun usaha ini dengan mudah.

Supaya usaha laundry memiliki perbedaan dari usaha laundry yang lain, walaupun hanya sekelas usaha rumahan Anda juga perlu untuk melakukan branding seperti membuat nama dan logo agar menarik perhatian orang lain.

Katering

Usaha rumahan selanjutnya yang akan tetap ada, yaitu katering. Jenis usaha ini cukup direkomendasikan untuk mereka yang bekerja sebagai ibu rumah tangga dikarenakan hal terbaik untuk menyalurkan bakat memasak dan dapat menjadi uang dengan modal kecil dan pendapatan besar.

Selain itu usaha katering juga banyak diminati dikarenakan usaha ini adalah usaha yang sudah pasti dibutuhkan oleh banyak orang. Karena, makanan menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat.

Baca juga : 3 Usaha Bisnis yang Makin Eksis

Ada banyak jenis makanan katering, seperti katering khusus kantoran, katering khusus acara besar, katering sekolah, dan katering khusus rumahan. Dari berbagai macam jenis katering tersebut Anda perlu melihat jenis peluang katering apa yang paling memungkinkan Anda jalankan, sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sekitar.

Ketika sudah mengetahui target pasar yang ingin Anda tuju, Anda juga perlu memastikan bagaimana promosi untuk katering Anda agar lebih efektif, seperti promosi melalui banner atau sosial media. Selain itu Anda juga perlu memikirkan mencari supplier murah dan kesegaran makanan agar konsumen puas dengan jasa katering dari Anda.

Toko kelontong

Toko kelontong dapat menjadi salah satu alternatif Anda ingin membuat usaha rumahan. Apabila Anda memiliki ruangan yang kosong di rumah Anda membuat toko kelontong menjadi pilihan yang pas tanpa perlu memikirkan biaya sewa tempat atau ribet mencari lokasi di luar jalan.

Usaha toko kelontong ini sama seperti membuka jasa katering, karena cukup direkomendasikan kepada mereka yang bekerja sebagai ibu rumah tangga untuk tetap menghasilkan uang tanpa meninggalkan rumah.

Baca juga : Membuka Toko Kelontong Gak Bikin Kantong Bolong

Terlepas dari hal itu, alasan lain kenapa usaha toko kelontong dapat terus bertahan, barang-barang yang dijual di toko kelontong merupakan barang kebutuhan pokok manusia dan selalu dicari oleh orang, seperti sabun, beras, dan makanan ringan.

Agar usaha toko kelontong cepat mendapatkan keuntungan Anda perlu mencari tempat grosir atau tengkulak yang murah, supaya barang yang dibeli tidak sia-sia Anda perlu mengetahui kebutuhan lingkungan masyarakat sekitar.

Beberapa hal diatas merupakan usaha rumahan yang akan terus bertahan, Anda bisa coba salah satu dari usaha tersebut yang sekiranya memiliki peluang untuk terus mendapatkan uang walaupun dirumah atau Anda tinggal karena kerja kantoran.

Walaupun usaha rumahan, Anda juga perlu membuat gimmick untuk perkembangan usaha, seperti menerapkan pembayaran melalui online atau menggunakan kasir online untuk menarik perhatian pembeli atau juga mempermudah segala proses transaksi usaha Anda.

Baca juga : Sistem POS (Point of Sale) yang Perlu Diketahui

Buat yang masih bingung ingin gimmick seperti apa, Anda bisa coba berlangganan aplikasi kasir online KAWN, karena di KAWN memiliki berbagai macam fitur yang tentunya menunjang kebutuhan usaha rumahan Anda, seperti mengetahui stock barang-barang. Apabila Anda masih ragu untuk berlangganan, KAWN memberikan uji coba secara gratis selama 30 hari, yuk coba KAWN sekarang juga!