3 Olahan Cincau Hitam yang Bikin Ketagihan

-

Siapa yang tak kenal cincau, minuman yang kenyal dan banyak kandungan akan serat ini sering menjadi tambahan cita rasa di minuman dingin. Pada umumnya yang sering kita lihat, cincau memiliki warna hijau dan hanya diolah menjadi es cincau saja. Tapi, ada juga lho cincau yang berwarna hitam dan dapat diolah berbagai macam minuman saat ramadhan.

Baca juga : 5 Minuman Dingin yang Cocok untuk Buka Puasa

Cincau hitam sendiri berasal dari olahan tumbuhan daun janggelan yang difermentasi, awalnya cincau hitam ini merupakan olahan khas dari Tiongkok dan berkembang sampai ke Indochina termasuk Indonesia.

Cincau hitam memiliki tekstur yang lebih lunak dibandingkan dengan cincau hijau dan memiliki rasa yang khas ketika dimakan. Ternyata, dibalik warnanya yang hitam dan meragukan, cincau hitam ternyata memiliki berbagai macam manfaat seperti obat penurun panas dan juga dapat melancarkan pencernaan.

Baca juga : 4 Minuman Sehat untuk Buka Puasa

Berbeda dengan cincau hijau pada umumnya yang hanya dapat dijadikan 1 olahan saja, cincau hitam memiliki berbagai macam olahan unik yang bikin ketagihan saat ramadhan. Saat beduk magrib tiba meneguk minuman olahan cincau hitam dibawah ini dapat melepas dahaga.

Melansir dari IDN Times Food berikut ini beberapa olahan cincau hitam yang perlu Anda coba untuk menemani menu buka puasa.

Cappucino cincau

Jenis olahan cincau hitam yang satu ini sudah banyak dan digemari oleh siapa saja, beberapa tahun belakang trend cappucino cincau banyak sekali di pinggir jalan. Harganya pun bervariasi mulai dari 5rb sampai dengan 20 ribu rupiah atau Anda juga bisa coba sendiri dirumah karena bahan-bahan yang diperlukan mudah untuk ditemukan.

Proses pengolahannya minuman ini sangat mudah dan cepat, Anda cukup memerlukan 1 sachet cappucino bubuk, kental manis, 2 sendok gula pasir, dan tentunya potong cincau hitam berbentuk seperti dadu. Setelah itu, tambahkan air dan es batu serut secukupnya.

Masukan satu persatu bahan tersebut, lalu blender hingga merata dan terakhir masukan cincau hitamnya. Cara penyajiannya cukup mudah bukan? Minuman ini cukup recommended untuk Anda dan keluarga sebagai menu minuman saat berbuka puasa.

Es teh tarik cincau

Siapa disini yang penggemar teh tarik? Wah pastinya menu minuman yang satu ini patut Anda coba sebagai minuman favorit Anda. Biasanya saat keluarga Anda buka puasa di restoran mall atau pinggir jalan sering sekali kita menemukan menu minuman teh tarik. Ternyata, minuman ini dapat dikreasikan dengan campuran cincau hitam.

Sama seperti cappucino cincau, minuman ini juga mudah untuk dibuat sendiri dirumah. Hal pertama yang perlu Anda buat tentunya teh tarik terlebih dahulu dengan campuran teh celup dengan susu cair putih, aduk secara merata dan tidak lupa tambahkan potongan dadu cincau hitam serta es batu secukupnya.

Apabila Anda penikmat teh tarik tidak afdol apabila tidak mencoba campuran cincau didalamnya. Memiliki rasa yang manis dan tentunya menyegarkan, minuman ini sangat cocok sekali dinikmati oleh Anda dan keluarga saat buka puasa.

Root beer cincau

Nah olahan minuman cincau hitam yang terakhir yang perlu Anda coba itu root beer cincau. Eits, ini bukan berarti campurannya dengan alkohol ya. Root beer disini adalah minuman berkarbonasi sama seperti minuman soda lainnya. Anda bisa temukan 1 kaleng di toko-toko swalayan dekat rumah.

Tentunya minuman ini sangat mudah dan simple untuk dibuat, cukup siapkan susu full cream, es batu, 1 kaleng root beer untuk 1 porsi dan tentunya potongan cincau hitam. Campur dan aduk semua bahan tersebut secara merata dan tidak lupa tambahkan es batu untuk menyegarkan minuman Anda.

Dengan rasa manis dan sedikit soda pada root beer cincau ini, cukup aman dikonsumsi untuk Anda bersama keluarga sebagai pelengkap hidangan buka puasa. Tentunya, minuman yang karbonasi seperti root beer ini tidak direkomendasikan dikonsumsi setiap hari ya!

Apabila Anda sudah bosan dengan minuman buka puasa yang itu-itu saja dan olahan cincau yang biasa aja. Nah, berikut beberapa olahan cincau hitam yang dapat dijadikan minuman yang bikin ketagihan. Tulis olahan cincau hitam Anda yang lain di kolom komentar dibawah ini ya!