5 Aneka Takjil Pinggir Jalan

-

Saat bulan ramadhan semua orang pasti tau takjil, bukan? ternyata takjil merupakan sebuah istilah dari Arab yang artinya menyegarkan. Sepertinya istilahnya, menu makan atau minuman takjil biasanya segar dan manis yang selalu diminati oleh orang saat bulan puasa, hingga takjil ini mudah ditemui saat ramadhan di pinggir jalan.

Makanan dan minuman takjil yang manis saat ramadhan memang paling diburu oleh sebagian besar orang, menjelang adzan magrib tiba, takjil dapat dijadikan hidangan pembuka untuk melepas dahaga.

Baca juga : 4 Camilan Sehat untuk Buka Puasa

Hidangan ini sebenarnya dapat dibuat sendiri dirumah karena bahan dan pengolahannya pun cukup mudah, tapi tidak jarang dari mereka mungkin juga termasuk Anda tidak mau membuat sendiri karena takut dengan rasa yang dihasilkan tidak sesuai seperti takjil yang di pinggir jalan.

Karenanya banyak sekali penjual takjil sampai bingung mau pilih yang mana, berikut ini beberapa rekomendasi takjil yang ada di pinggir jalan yang harganya cukup murah dan perlu Anda coba.

Kolak

Takjil yang satu ini cukup iconic, kita jarang sekali melihat penjual kolak selain bulan ramadhan. Hampir disetiap jalan perumahan kita selalu menemui penjual kolak. Memiliki rasa yang manis menjadikan penjual kolak saat bulan puasa banyak dicari oleh para pencari takjil.

Kolak sendiri merupakan masakan khas dari Indonesia yang berbahan dasar pisang, ubi jalar, kolang kaling yang direbus dengan santan dan gula aren. Kombinasi santan dan gula aren membuat kolak menjadi hidangan yang pas pembuka saat buka puasa.

Memiliki cita rasa yang khas dari campuran bahan tersebut Anda bisa dapatkan satu porsi kolak dengan harga yang terjangkau, cukup dengan 5 ribu sampai dengan 10 ribu rupiah  Anda sudah bisa nikmati takjil ini saat bulan ramadhan.

Lupis

Hidangan takjil saat bulan puasa ga harus selalu minuman saja, Anda juga bisa dijadikan makanan ringan sebagai takjil untuk keluarga, salah satunya lupis. Makanan khas tradisional Betawi ini cocok sekali dihidangkan bersama dengan kolak pisang untuk pelepas rasa lapar saat berbuka puasa.

Sama seperti makanan tradisional pada umumnya, lupis sendiri terbuat dari bahan dasar tepung ketan yang dipadatkan menjadi berbagai macam bentuk seperti, persegi atau segitiga. Apapun bentuknya tidak menghilangkan rasa enak dari takjil yang satu ini.

Selain itu lupis juga memiliki kawan setia dalam satu porsinya, campuran gula aren cair dan parutan kelapa membuat takjil yang satu ini menggugah selera. Anda dengan mudah menemukan penjual lupis di pinggir jalan dan biasanya untuk satu porsi Anda cukup membayar 10 ribu rupiah.

Es pisang ijo

Dari Betawi kita beranjak lebih jauh lagi yaitu ke Makassar. Ternyata salah satu kota di Sulawesi ini memiliki takjil yang cukup khas dan kita bisa temui di beberapa daerah atau kota-kota besar lainnya, salah satu takjil tersebut adalah es pisang ijo.

Baca juga : 5 Minuman Dingin yang Cocok untuk Buka Puasa

Biasanya es pisang ijo memiliki tambahan topping lain, seperti parutan keju, astor, oreo dan juga terdapat beberapa jenis varian rasa selai atau perasa lain seperti sirup. Takjil yang berbahan dasar dari pisang yang dibalut dengan adonan tepung dari campuran tersebut takjil khas Makassar ini menjadi lebih nikmat apabila dihidangkan saat berbuka puasa.

Takjil ini memang tidak sepopuler kolak ataupun lupis, tapi masih banyak penjual yang menjajakan takjil ini dipinggir jalan dan harganya pun juga terjangkau, sekitar 10 ribu sampai dengan 15 ribu rupiah Anda bisa dapatkan satu porsi takjil ini.

Kurma

Siapa yang tak kenal kurma? buah yang selalu hadir dan tidak pernah absen saat ramadhan menjadi takjil sekaligus camilan untuk buka puasa. Selain itu, kurma juga menjadi makanan Rasulullah setiap hari dan seluruh umat yang berpuasa dianjurkan untuk memakan 3 buah setiap harinya.

Saat puasa tiba penjual buah kurma mudah didapat di pinggir jalan, ada berbagai jenis macam kurma yang dijajakan, seperti kurma kering yang sering kita lihat. Anda bisa mengonsumsi langsung sebagai takjil atau Anda juga bisa cari penjualan di pinggir jalan yang menjual olahan dari buah kurma seperti cake kurma atau sari buah kurma.

Biji salak

Menu takjil yang terakhir yaitu biji salak, tentunya ini bukan dari buah salak ya. Biji salak merupakan takjil yang berbahan dasar dari tepung tapioka yang dibentuk bulat seperti biji pada buah salak. Takjil ini memiliki tekstur yang kenyal dan disajikan dengan kuah gula merah dicampur santan.

Rasanya yang manis membuat takjil ini dapat mengembalikan energi dengan cepat selama menahan haus dan lapar saat berpuasa seharian. Anda bisa dapatkan satu porsi biji salak dengan harga 5 ribu sampai dengan 10 ribu saja dan takjil ini cocok disantap sebelum makan hidangan berat.

Baca juga : 3 Bisnis Minuman yang Laris Saat Ramadhan

Karena orang Indonesia sebagian besar suka yang manis berikut tadi merupakan beberapa aneka takjil pilihan yang ada di pinggir jalan. Kalau ada takjil favorit Anda saat bulan ramadhan atau ada rekomendasi takjil lain yang mudah ditemukan di pinggir jalan, tulis di kolom komentar dibawah ini ya!