4 Cara Memulai Bisnis F&B

-

Bisnis F&B di Indonesia semakin lama kian menjamur, dari mulai membuka bisnis di mall besar hingga rumah disulap menjadi tempat bisnis. Banyaknya bisnis tersebut membuat setiap orang memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk memulai bisnis F&B. Pada artikel ini, Anda akan diajak bagaimana memanfaatkan peluang tersebut untuk memulai bisnis.

Melansir dari berita ekonomi.bisnis.com pertumbuhan bisnis F&B dari tahun 2016 sampai sekarang berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan hingga 18%. Pertumbuhan tersebut bersamaan bagaimana pemilik bisnis memulainya dengan cara yang tepat agar bisnis yang dijalankan mampu diterima oleh konsumen dengan baik.

Baca juga : KAWN Aplikasi Kasir Online Pendamping Bisnis F&B, Hadir untuk Anda!

Melihat peluang tersebut tentunya Anda perlu memikirkan bagaimana cara memulai bisnis F&B, karena untuk memulai bisnis F&B ini berbeda dengan cara memulai bisnis lainnya, maka Anda perlu memperhatikan 4 cara memulai bisnis F&B sebagai berikut;

Buat Rencana Bisnis (Business Plan)

Setiap memulai apapun terlebih dalam memulai bisnis yang bergerak di bidang F&B, langkah pertama yang perlu Anda pikirkan dengan jelas yaitu rencana bisnis. Setiap pemilik bisnis perlu memikirkan agar bisnis tersebut dapat bertahan lama dan resiko apa yang akan dihadapi bisnisnya nanti.


Saat membuat rencana, hal yang tepat untuk Anda lakukan yaitu melakukan riset. Habiskan beberapa minggu Anda untuk melihat pemahaman tentang pelanggan bisnis Anda nantinya, riset yang perlu Anda lakukan seperti;

Tentukan Target Pasar

Memilih pasar atau konsumen yang tepat merupakan hal yang paling penting dalam memulai bisnis F&B. Saat memulai, Anda tidak perlu memikirkan pembeda dari pesaing bisnis Anda, tetapi yang harus diperhatikan yaitu bagaimana bisnis yang Anda tawarkan relevan dengan konsumen.

Baca juga : Bagaimana Aplikasi Kasir Online KAWN Dapat Mendukung Bisnis Kedai Kopi Anda?

Misalnya Anda menargetkan remaja yang suka nongkrong, maka dari itu bisnis F&B yang akan Anda bangun perlu memiliki ciri khas yang dekat dengan mereka dan apa yang mereka butuhkan saat nongkrong. Contoh yang dekat dengan nongkrong misalnya dengan minum kopi.

Karena bisnis kopi digandrungi remaja yang suka nongkrong, selain itu bisnis kopi saat ini sedang trend dikalangan anak muda dan mungkin saja bisnis ini menjadi salah satu pilihan Anda.

Jenis Makanan/Menu yang Ditawarkan

Pikirkan baik-baik tentang menu Anda dan jenis makanan yang ingin Anda tawarkan. Mencari tahu tren menu terbaru (terutama untuk target pasar Anda) dan disesuaikan penawaran Anda kepada mereka.


Dengan contoh yang sama, beberapa minuman yang saat ini sedang tren dikalangan anak remaja yang suka nongkrong yaitu kopi asli atau susu, misalnya Anda bisa tawarkan kopi yang digunakan langsung dari petani lokal dan organik.

Branding

Saat melakukan branding diperlukan untuk memposisikan bisnis Anda dan seperti apa identitas Anda. Mulai dari logo, menu, musik yang dimainkan, dan bahkan seragam staf Anda nantinya.

Baca juga : Apa Itu Branding? Apa Pentingnya bagi Bisnis Anda?

Melakukan branding penting dilakukan untuk dapat memiliki kesan ‘unik’ untuk restoran Anda dan membuat pelanggan tahu apa yang relevan dengan mereka.

Memilih Lokasi yang Sesuai

Memilih lokasi yang sesuai perlu dipertimbangkan, tentunya pemilihan lokasi tersebut harus mudah diakses oleh pejalan kaki atau mudah diakses menggunakan kendaraan pribadi. Dengan menentukan lokasi yang tepat akan berdampak pada pengunjung restoran Anda nantinya.


Selain akses yang dapat terjangkau, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal lain seperti biaya sewa, peraturan yang membatasi, kedekatan dengan bisnis lain, dan bahkan Anda juga perlu mempertimbangkan lokasi tersebut dalam 2-10 tahun kedepan apakah aman dari proyek pembangunan atau pun rawan dari bencana alam seperti banjir.

Design Tempat Menarik

Setelah Anda memiliki tempat, saatnya Anda perlu mempertimbangkan tata letak (layout) dan merancang ruang restoran sesuai dengan branding. Hal tersebut juga akan berdampak pengunjung restoran Anda nantinya.


Belakangan ini beberapa dari pengunjung menjadikan restoran sebagai tempat berbagai di media sosial mereka, dengan desain atau dekorasi yang unik seperti lukisan di dinding, meja makan, dan tempat duduk akan memiliki ketertarikan lebih di mata pengunjung.

Baca juga : 8 Cafe Dengan Live Music di Jakarta Selatan | Bikin Tiap Malam Berasa Friday Nigh

Apabila masih memiliki space yang kosong, Anda juga bisa membuat untuk tempat pertunjukan seperti live music.

Gunakan Point-of-Sale (POS) / Kasir Online

Di jaman digital sekarang ini, kamu perlu juga mempertimbangkan atau mempersiapkan menggunakan kasir online dengan teknologi Point of Sale System. Teknologi ini membantu segala urusan bisnis Anda, mulai dari sistem pembayaran, stok bahan makanan, sampai analisis bisnis Anda kedepan.

Selain memudahkan urusan tersebut, Anda juga bisa mengakses restoran Anda dimanapun dan kapanpun selagi terhubung dengan internet. Buat Anda yang tertarik untuk menggunakan Point of Sale ini, Anda bisa gunakan KAWN gratis selama 30 hari.

Baca juga : Mengelola Bisnis Jadi Lebih Mudah Dengan Point-of-Sale dari KAWN!

Nah, buat Anda yang saat ini sedang berencana ingin memulai bisnis F&B dan masih bingung untuk cara memulainya dimana, sekarang Anda bisa lakukan 4 cara diatas. Kalau Anda punya pengalaman lain bagaimana cara memulai bisnis F&B yang tepat, Anda bisa tulis kolom komentar dibawah ini ya! Selamat mencoba, good luck and have fun!