4 Minuman Sehat untuk Buka Puasa

-

Selama berpuasa tubuh kita kekurangan cairan tubuh karena tidak menerima asupan makanan dan minuman, sehingga membuat imunitas tubuh kita turun dan kita rentan sekali dengan risiko penyakit. Maka dari itu Anda perlu menjaga asupan gizi makanan dan minuman asupan saat buka puasa.

Baca juga : 5 Minuman Dingin yang Cocok untuk Buka Puasa

Menjaga kesehatan tubuh saat puasa tidak hanya dari makanan saja, Anda juga perlu memperhatikan minuman yang sehat dan juga bergizi, sehingga mendatangkan manfaat bagi tubuh dan menjaga imunitas selama berpuasa.

Mengonsumsi minuman yang sehat tentu dapat men-charge energi cairan tubuh yang hilang saat berpuasa seharian. Ternyata, minuman sehat tidak hanya air mineral saja, banyak pilihan lain minuman sehat yang perlu Anda coba dengan bahan tradisional, mudah didapat, dan tidak memiliki efek samping.

Melansir dari food.detik.com berikut ini beberapa minuman yang kaya akan manfaat (antioksidan) untuk menemani buka puasa Anda bersama keluarga untuk menjaga tubuh agar lebih sehat.

Teh hijau

Minuman ini sudah dikenal sejak tahun 2737 Sebelum Masehi, tapi kandungan nutrisi didalamnya masih dipercaya untuk menjaga kesehatan sampai saat ini. Teh hijau disinyalir menjadi minuman terbaik meningkatkan fungsi arteri dan juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Teh hijau cocok sekali untuk Anda yang saat ini sedang menderita penyakit diabetes, karena menurut studi di Jepang membuktikan bahwa orang yang rajin mengonsumsi minuman tradisional ini dapat menurunkan risiko diabetes hingga 42%. Jadi, sudah tidak diragukan lagi bukan khasiat dari minuman ini?

Mulai sekarang ganti hidangan minuman Anda yang manis-manis dan beralih ke teh hijau yang kaya akan manfaat dan juga membuat tubuh menjadi sehat.

Teh jahe

Selama bulan puasa tidak jarang sebagian besar orang mungkin salah satunya Anda mengalami pencernaan kurang lancar, sakit perut dan lain-lain, hidangan minuman yang satu ini dapat menjadi obat alami untuk masalah perut tadi. Selain itu, teh jahe juga dipercaya dapat mengurangi risiko diabetes dan juga kanker.

Berbagai macam manfaat yang terkandung dalam teh jahe, minuman ini cocok sekali untuk dihidangkan saat buka puasa, dengan minum setiap harinya dijamin tubuh kita akan sehat selama menjalankan ibadah puasa.

Apabila tidak terlalu suka dengan rasa jahe yang menyengat, Anda bisa coba tambahkan satu sendok madu atau perasan lemon untuk menetralisir aroma tersebut. Karena bahan-bahan tersebut memiliki gizi tambahan yang baik untuk tubuh tidak akan merusak nutrisi.

Air cuka apel

Kebiasaan sebagian besar orang Indonesia saat buka puasa mengonsumsi makanan yang manis-manis, hal hasil ketika mengecek kesehatan akan mengalami peningkatan gula darah. Tentunya ini cukup berbahaya bagi kesehatan Anda. Maka dari itu, cara mudah untuk menyiasatinya dengan cara mengonsumsi air cuka apel.

Minuman ini sangat direkomendasikan untuk orang yang memiliki kelebihan berat badan, menurut penelitian European Journal of Clinical Nutrition membuktikan bahwa cuka apel dapat menyehatkan, karena dapat mengurangi massa lemak tubuh dan dapat mengurangi berat badan.

Banyaknya manfaat yang terkandung dari cuka apel, tidak membuat proses pembuatannya ribet. Anda cukup campurkan 2 sendok makan sari apel yang Anda dapatkan di pasar swalayan atau tradisional ke dalam segelas air. Apabila ingin menambahkan cita rasa lain, Anda juga bisa tambahkan madu sebagai pemanis.

Minum segelas setiap hari, dijamin tubuh Anda akan sehat dan dapat menjaga risiko dari penyakit selama bulan puasa.

Susu rendah lemak

Susu rendah lemak atau disebut sebagai low fat sudah tidak terdengar asing lagi, bukan? Minuman yang sering kita jumpai di toko-toko pinggir jalan atau pasar swalayan ternyata kandungan didalamnya lebih baik daripada susu full-cream. Manfaat dari susu ini diantaranya seperti kandungan vitamin D yang tinggi dan juga sumber kalsium.

Selain itu, susu rendah lemak juga menjadi minuman rekomendasi untuk mereka yang punya masalah dengan kelebihan berat badan. Walaupun rasanya tidak terlalu manis seperti susu pada umumnya, minuman ini cocok sekali untuk hidangan saat berbuka puasa.

Yuk mulai sekarang hidup sehat dengan mengonsumsi asupan minuman yang kaya akan manfaat dan nutrisi. Dengan beberapa minuman diatas Anda bisa investasi untuk tubuh Anda hari ini dan nanti. Ganti hidangan buka puasa Anda yang manis-manis dengan minuman yang lebih bergizi.