Kuliner Balikpapan yang Harus Anda Coba

-

Kuliner Balikpapan menjadi tujuan dari wisatawan dikala sedang berkunjung ke kota tambang tersebut. Meskipun tidak terkenal sebagai destinasi wisata, namun Balikpapan ternyata menyimpan kekayaan kuliner khas yang sayang jika dilewatkan.

Kota yang menjadi pintu masuk ibukota baru Indonesia ini, merupakan kota kedua terbesar di Provinsi Kalimantan Timur. Balikpapan bukan ibukota dari provinsi, namun menjadi pusat bisnis dan perdagangan yang cukup sibuk.

Akibatnya banyak pendatang domestik maupun internasional yang berkunjung ke kota ini untuk bekerja atau sebagai kota transit menuju Ibukota Samarinda. Sehingga, banyak sekali Kuliner Balikpapan yang mendapatkan ulasan dari berbagai pendatang tersebut.

Seperti halnya pada artikel kali ini, KAWN akan memberikan beberapa ulasan mengenai Kuliner Balikpapan yang harus Anda coba. Siapa tahu dikemudian hari Anda akan berkunjung ke kota ini untuk bekerja atau sekedar berpelesir.

Melansir dari merdeka.com berikut ini adalah ulasan Kuliner Balikpapan yang wajib Anda coba. Mari kita simak bersama.

Baca juga: 12 Makanan Khas Kalimantan Timur Paling Recommended

Kuliner Balikpapan Bernama Mantau

source : foodnesia

Kuliner Balikpapan ini berbentuk seperti roti yang bercita rasa manis. Mantau sebenarnya juga merupakan kuliner yang berasal dari Negeri Tiongkok.

Namun, akibat adanya akulturasi budaya, Kuliner Balikpapan ini kemudian dimodifikasi sesuai dengan budaya setempat. Masyarakat Balikpapan biasanya memakan kudapan ini dengan menambahkan saus balado atau saus lada hitam yang gurih.

Baca juga: 5 Fakta Roti Mantau, Makanan Hasil Akulturasi Tiongkok Khas Balikpapan

Pisang Gapit

source : tiket

Kuliner Balikpapan lainnya yang juga masih dalam kategori camilan. Betul! Ada pisang gapit yang cukup populer di kota batubara tersebut.

Pisang gapit hampir menyerupai kuliner pisang epe yang berasal dari Tanah Sulawesi. Sama-sama dibakar, namun yang membedakan adalah proses penjepitan pisang dengan menggunakan kayu bakar.

Kuliner Balikpapan ini disajikan dengan saus manis yang terbuat dari gula merah, santan dan potongan buah nangka segar. Terbayang kan kelezatannya?

Baca juga: Gula, Si Manis Dengan Berbagai Jenis Dan Kegunaan. Sudah Tahu Belum?

Bubur Gunting

source : qhisahurangbanjar

Sajian satu ini berupa panganan berbahan dasar tepung ketan. Seperti halnya bubur sumsum yang sering Anda temukan di Jabodetabek Kuliner Balikpapan ini memiliki bentuk yang hampir sama.

Yang membedakan adalah pada tampilan bubur yang sesuai dengan namanya disajikan dengan cara digunting. Adonan tepung ketan yang menjadi bahan utama digunting-gunting terlebih dahulu sebelum direbus dan disajikan dengan kuah gula merah.

Baca juga: Minuman Bersantan Kreasi Tangan Orang Indonesia, Lezat No Debat!

KawanKAWN baru saja tadi adalah beberapa Kuliner Balikpapan yang bisa KAWN sajikan untuk Anda. Apabila Anda punya cerita lainnya seputar Kuliner Balikpapan, jangan untuk komen di bawah yah!

Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya!