Kreasi Sup Nusantara yang Tidak Boleh Terlewatkan

-

Kreasi sup menjadi pilihan judul artikel KAWN POS hari ini. Apakah beralasan? Pastinya.

Tahukah KawanKAWN bahwa 10 November menjadi momentum perayaan Hari Pahlawan Nasional di Indonesia. Bertemakan “Pahlawanku Inspirasiku”, KAWN POS terinspirasi untuk mengangkat kuliner kreasi sup khas Nusantara.

Baca juga: Ide Jual Makanan Khas Daerah Lain di DKI Jakarta

Sup sendiri merupakan makanan yang  berasal dari Benua Eropa. Menu ini diadaptasi dengan cita rasa khas Nusantara dari setiap daerah. Sehingga tercipta kekayaan cita rasa yang semakin beragam.

Yuk kita mulai membahas beberapa kreasi sup yang pastinya sering Anda temui. Beri komentar ya, jenis sup apa yang menjadi favorit Anda. Atau sup apa yang belum pernah Anda icip.

Baca juga: Kenali Macam-Macam Soto yang Ada Di Indonesia

Kreasi Sup Ayam

Sup satu ini pasti sering Anda makan. Sup ayam biasanya disajikan untuk menu keluarga. Cara membuatnya yang mudah dan rasanya yang nikmat menambah kecintaan banyak orang pada sup ayam.

Bahan utamanya yaitu daging ayam, sayur-sayuran serta kentang sebagai pelengkap karbohidratnya. Cuci bersih semua bahan, masak terlebih dulu ayamnya hingga menghasilkan kaldu, kemudian masukkan sayuran sebagai pelengkapnya.

Baca juga: 10 Aneka Olahan Ayam Goreng Khas Indonesia, yang Mana Favoritmu?

Kreasi Sup Khas Solo - Sup Kimlo

Source: Canva

Sup kimlo menjadi ciri khas dari Kota Solo, Jawa Tengah. Tahukah Anda bahwa sup ini merupakan kombinasi budaya antara Tionghoa dan Jawa, loh. Gabungan kedua budaya ini membuat sup kimlo menjadi layak untuk Anda cicipi.

Di dalamnya terdapat suwiran daging ayam, jamur kuping, wortel, soun dan bahan lainnya. Kuahnya sendiri terbuat dari kaldu ayam, kecap asin, dan bumbu halus lainnya yang sudah ditumis sebelumnya.

Baca juga: Staycation Dengan Kuliner Enak Di Daerah Solo. Check!

Kreasi Sup Khas Batam - Sup Ikan

Source: Canva

Jika Anda sedang travelling ke Batam, harus mencoba kreasi sup satu ini. Sesuai namanya, sup ikan khas Batam terbuat dari ikan tenggiri yang sangat segar. Jadi, tidak salah bukan, KAWN menyarankan Anda untuk mencicipi menu nikmat satu ini.

Bahan-bahan yang diperlukan yaitu ikan tenggiri, masak hingga keluar kaldu ikannya. Kemudian tambahkan bumbu dasar dan irisan buah tomat agar menambah kesegaran sup ini.

Baca juga: 8 Makanan Khas Batam yang Lezat dan Gugah Selera, Jangan Sampai Dilewatkan

Kreasi Sup Khas Manado - Brenebon

Source: Canva

Sup khas Manado ini memang istimewa. Mengapa demikian? Karena yang di-highlight adalah kaca merahnya loh. Sehingga diberi nama sup brenebon atau sup kacang merah.

Bahan-bahan untuk membuat sup brenebon ini adalah daging sapi bagian buntut atau sandung lamur. Tambahkan dengan bawang bombay, seledri, bubuk pala dan bumbu halus lainnya. Dimakan saat musim hujan, pasti nikmat sekali.

Baca juga: 10 MAKANAN MANADO TERFAVORIT

Kreasi Sup Khas Makassar - Sup Konro

Source: Canva

Kreasi sup terakhir ini namanya juga sudah sangat familiar. Sup konro menggunakan daging iga sapi berukuran besar loh. Sehingga, tidak heran jika kaldu dan aroma yang dihasilkan sangat pekat.

Bahan lain yang diperlukan adalah kluwek, cengkih, lengkuas, bawang merah, bawang putih, ketumbar. Semua bahan dimasukkan saat daging iga terlebih dahulu direbus hingga empuk. Pastikan Anda makan sup konro dengan nasi atau ketupat biar makin kenyang ya KawanKAWN.

Baca juga: 9 Makanan Khas Makassar: Coto Makassar, Konro, Pallumara, Hingga Pallubasa

Demikianlah sederet kreasi sup khas Nusantara. Semoga dapat memperkaya cita rasa khas Nusantara Anda. Pastikan saat Anda sedang travelling, mampir ke kedai makan yang menjual menu-menu tersebut ya.

Sampai jumpa di artikel berikutnya. Salam sukses dan tetap cintai kuliner khas Nusantara ya.