Bagi Pecinta Drama Korea, Wajib Tau Makanan Khas Korea Selatan Selain Kimchi!

-

Beberapa tahun kebelakang, hal-hal yang terkait dengan Negara Korea Selatan telah menjadi favorit masyarakat Indonesia, mulai dari yang muda hingga yang tua pun banyak yang menggandrungi hal-hal yang berbau Korea Selatan. Berawal dari drama korea, kpop, budaya, hingga kini makanan khas Korea Selatan juga menjadi incaran para penggemarnya. Jadi, bagi pecinta drama korea, wajib tau nih makanan apa saja yang khas dari Negeri Gingseng tersebut.

Baca juga : 5 Hidangan Terenak Khas Negeri Bollywood

Mungkin kimchi adalah makanan khas Korea Selatan yang paling populer oleh masyarakat Indonesia. Namun, selain kimchi, masih banyak sekali ragam kuliner khas Korea Selatan yang dapat Anda temukan saat berkunjung ke negara tersebut. Seperti yang KAWN lansir dari soompi.com, ada 5 makanan Korea Selatan yang wajib Anda santap, setidaknya sekali seumur hidup Anda! Berikut daftarnya.

Baca juga : 5 Makanan Khas Mexico yang Mendunia

Jika di Jepang ada Sushi, Maka di Korea Selatan ada Kimbap

Jika dilihat dari bentuknya, tampilan kimbap ini tidak jauh berbeda dengan sushi ala Jepang. Namun bukan hanya tampilannya saja, isiannya pun terbilang cukup mirip dengan sushi, yakni terdiri dari nasi dan sayuran.  

Baca juga : 5 Perbedaan Kimbap dan Sushi yang Harus Kalian Tahu

Secara umum, kimbap merupakan makanan khas Korea Selatan berupa nasi yang dibalut dengan rumput laut dan berisi nasi, sayuran, daging sapi atau seafood. Untuk menguatkan rasa, tidak lupa menambahkan garam dan minyak wijen pada nasi putih sebelum proses membungkusnya.

Tteokbokki, Pecinta Pedas Wajib Coba nih!

Tteokbokki jadi salah satu makanan khas Korea Selatan yang paling sering muncul di acara televisi apapun, baik itu di negara lain atau di negara asalnya. Makanan ini merupakan cemilan paling terkenal di penjuru Negeri Gingseng dan biasanya dijual oleh banyak pedagang kaki lima.

Tteokbokki adalah potongan kue beras yang dimasak dengan saus cabai pedas yang diberi bumbu terlebih dahulu. Dalam penyajiannya, banyak yang menambahkan irisan bawang, odeng atau kue ikan dan telur rebus. Rasanya yang pedas ditambah bahan-bahan yang mengenyangkan, tak ayal kalau tteokbokki sangat digemari oleh para pecinta kuliner pedas.

Bulgogi : Nikmatnya Olahan Daging Sapi ala Korea Selatan

Makanan khas Korea Selatan yang satu ini juga tidak kalah terkenal dengan kimchi ataupun kimbap. Bulgogi adalah makanan khas Korea Selatan yang terbuat dari daging sapi yang diiris tipis-tipis kemudian disajikan bersama nasi putih hangat.

Baca juga : 5 Fakta Menarik Seputar Bulgogi, Olahan Daging Khas Korea Selatan

Daging sapi yang disajikan pada bulgogi biasanya dimasak dengan cara digoreng atau dipanggang. Sebelum dimasak, tentunya daging sapi tersebut dimarinasi terlebih dahulu dengan campuran beberapa bumbu, seperti kecap, gula, minyak wijen, bawang putih, lada, dan juga bumbu lain seperti jahe agar rasanya lebih lezat.

Baca juga : 8 Resep bulgogi sederhana ala Korea, enak dan mudah dibuat  

Bibimbap : Santapan Sehat khas Korea Selatan

Jika Anda adalah tipe orang yang kalau makan suka mencampurkan nasi dengan sayur dan lauk-pauk sebelum memakannya, sepertinya wajib mencoba bibimbap. Biasanya, bibimbap terdiri dari nasi putih yang dicampur dengan beragam sayuran, seperti toge, bayam, telur, daging, wortel, zucchini, timun, jamur dan sayur lainnya.

Baca juga : Inilah 4 Tips untuk Menikmati Bibimbap yang Enak

Proses pembuatannya pun cukup mudah, cukup tambahkan minyak dan biji wijen di atas semua bahan-bahan tersebut, kemudian aduk semuanya menjadi satu, maka seporsi bibimbap siap disantap! Karena bahan dasarnya banyak menggunakan sayuran, sehingga makanan ini sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalani pola hidup sehat.

Rasakan Manis dan Gurihnya Jjajangmyeon

Jjajangmyeon merupakan makanan khas Korea selatan yang mirip dengan mie ayam yang ada di Indonesia. Makanan yang cukup terkenal di Korea Selatan ini biasa disajikan dengan saus pasta kacang hitam dengan citarasa manis dan asin, saus ini disebut chunjang oleh orang Korea. Kemudian diberi toping berupa daging yang dipotong dadu dan dilengkapi dengan aneka sayuran.  

Namun bagi Anda yang beragama Islam harus berhati-hati, saat Anda makan di restoran Korea, biasanya potongan daging pada jjajangmyeon ini menggunakan daging babi. Untuk itu, baiknya Anda tanya terlebih dahulu kepada pelayan, daging apa yang digunakan pada makanan ini?

Nah, berikut adalah kelima makanan khas Korea Selatan hasil rekomendasi KAWN yang wajib Anda cicipi. Terlihat sangat menggugah selera bukan? Jadi mulai sekarang jangan berfikir makanan Korea Selatan hanya kimchi saja ya! Atau mungkin Anda ada rekomendasi makanan Korea Selatan lainnya, silahkan berbagi pengalamannya di kolom komentar ya!