Tradisi Lebaran, Makanan Khas dari Berbagai Negara ini Bikin Ngiler!

-

Tradisi lebaran memiliki banyak sekali ragamnya, terutama tradisi serta budaya yang ada di Indonesia. Di negara kita, banyak sekali tradisi serta hal-hal unik yang biasanya sering atau bahkan wajib untuk dilakukan ketika merayakan Hari Raya Idul Fitri di berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari berdoa bersama, bersosialisasi seperti salam-salaman, belanja barang-barang baru hingga melakukan amal atau sedekah dan berbagai aktivitas lainnya.

Tradisi lebaran tidak hanya diisi dengan berdoa bersama atau mengunjungi sanak-saudara saja, melainkan juga banyak sekali makanan khas yang rasanya menjadi lebih nikmat ketika dihidangkan pada Hari Raya Idul Fitri. Bukan hanya di Indonesia, namun tradisi atau budaya dalam menyuguhkan berbagai macam makanan khas Lebaran juga dilakukan pada negara lainnya, lho!

Kira-kira makanan khas seperti apa saja, sih yang disuguhkan oleh negara lain saat merayakan hari raya? Apakah makanan favorite kamu menjadi salah satunya? KawanKAWN penasaran? Berikut tradisi lebaran dengan makanan khas dari berbagai negara yang pasti bisa bikin ngiler! Simak ulasannya berikut.

Baca Juga: Ini Sejarah dan Makna Hari Raya Idul Fitri yang Perlu Kamu Ketahui

Tradisi Lebaran Makanan Khas Somalia, Cambaabur

source: tagar.id

Jika tradisi di Indonesia hal pertama yang dilakukan ketika Lebaran adalah dengan melaksanakan sholat Ied di masjid. Berbeda pada negara-negara Afrika, terutama Somalia, Umat Muslim di Somalia biasanya akan merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan bersama-sama menunaikan salat subuh di masjid-masjid setempat sebelum akhirnya berkumpul dengan keluarga besar mereka.

Tak hanya tradisi kegiatan, makanan khas selama Lebaran di Somalia ini juga patut menjadi sorotan. Jika di Indonesia punya makanan khas ketika tradisi Lebaran seperti kastengel dan nastar, maka di Somalia ada cambaabur atau yang disebut juga sebagai roti Lebaran. Roti Lebaran ini mirip dengan injera, roti asal Afrika, tetapi memiliki bumbu dan rasa yang agak berbeda. Kalau di Indonesia mungkin mirip seperti kerak telor nih, KawanKAWN.

Biasanya pada saat tradisi Lebaran atau Hari Raya berlangsung, roti cambaabur akan disajikan dengan berbagai macam topping, seperti taburan gula atau bisa juga disajikan dengan menambahkan yoghurt. Tidak hanya di Somalia, resep cambaabur ini ternyata juga sangat populer di Djibouti, lho!

KawanKAWN tertarik buat mencicipinya nggak, nih?

Baca Juga: Rupanya Beras pun Menjadi Makanan Pokok di Somalia

Maamoul, Timur Tengah

source: shutterstock

Perayaan Hari Raya Idul Fitri tentu saja berbeda-beda di setiap negara, khususnya di Timur Tengah. Di Timur Tengah, tradisi Idul Fitri ditandai dengan pusat perbelanjaan yang mulai penuh serta masjid-masjid yang juga tak kalah penuhnya dengan pusat perbelanjaan.

Di Timur Tengah, mereka memiliki persiapan yang tidak jauh berbeda dari Indonesia, yaitu dengan berbelanja baju baru bersama keluarga. Kemudian orang-orang dewasa, terutama para wanita akan berkumpul untuk mempercantik diri dengan menghias tangan dan kakinya dengan henna. Sementara para pria akan merapikan diri dengan mencukur rambut dan jenggot mereka.

Selain tradisi kebiasaan yang bermacam-macam, makanan khas Lebaran di negara ini juga beragam, lho! Di Timur Tengah, maamoul cookies menjadi makanan ringan yang wajib ada di meja makan saat merayakan hari raya. Namun, seperti apa sih maamoul itu?

Maamoul merupakan biskuit yang terbuat dari gandum dengan isi selai buah yang beragam. Rasa serta aroma gandum yang khas, ditambah tekstur dari gandum cocok sekali dipadukan dengan isian seperti selai buah yang segar.

Kue tradisional satu ini biasanya akan dibuat jauh-jauh hari sebelum perayaan hari raya. Tidak hanya Hari Raya Idul Fitri, kue ini juga disuguhkan pada hari libur keagamaan lainnya, seperti Paskah. Kue kering ini juga sering disajikan di beberapa negara, di antaranya, Suriah dan Lebanon.

Baca Juga: Olahan Coklat yang Bisa Dijadikan Ladang Bisnis

Rendang Sapi, Indonesia

source: canva.com

Nah, kalau hidangan yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi, bukan? Yup, rendang atau randang merupakan salah satu hidangan super wajib yang harus ada saat tradisi Lebaran atau Idul Fitri di Indonesia. Hidangan yang bercita rasa pedas dan kaya akan rempah ini merupakan hidangan klasik yang berasal dari negara melayu.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, rendang berasal dari Minangkabau, Indonesia yang terbuat dari daging sapi, santan, dan bumbu rempah yang dimasak dengan durasi yang cukup lama. Karena proses pembuatannya yang terbilang cukup lama, makanan khas Minang ini biasanya akan dimasak jauh-jauh hari sekali. Rendang bisa disimpan dalam suhu ruangan dan dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Jadi, hidangan satu ini cocok sekali, lho untuk dibagikan kepada sanak-saudara.

Walapun rendang sudah sering ditemui di keseharian, tapi rasanya tetap tidak lengkap jika tidak menyantap makanan satu ini saat pesta hari raya. Setuju?

Baca Juga: Bukan Hanya Sebagai Penyedap Masakan, Kenali Ragam Manfaat Kesehatan dari Rempah-Rempah Berikut ini

Nah, jadi itulah beberapa hidangan khas yang muncul saat tradisi Idul Fitri atau Lebaran berlangsung. Apakah ada makanan favorite KawanKAWN di atas?

Selain nama-nama makanan yang disebutkan tadi, jika KawanKAWN punya rekomendasi makanan khas saat tradisi Lebaran lainnya, jangan ragu untuk tinggalkan jejak di kolom komentar, ya! Jangan lupa untuk share artikel ini jika bermanfaat. Sampai jumpa pada artikel berikutnya!