5 Kafe atau Restoran dengan Nuansa Alam di Jakarta

-

Bersantai melepas penat sambil menikmati makanan lezat bisa jadi momen yang ditunggu oleh kaum pekerja, terlebih bagi mereka yang berada di Ibu Kota Indonesia, Jakarta. Hadir bak oase di ibu kota dengan segudang kesibukannya, beberapa kafe dan restoran ini menyajikan konsep outdoor dengan nuansa alam, untuk itu, Anda tidak perlu lagi pergi jauh-jauh ke luar kota untuk mencarinya.

Baca juga : Cuma Ada di Bogor, 7 Kafe Outdoor dengan View pegunungan

Memang terdengar hampir tidak mungkin ada kafe atau restoran bernuansa alam di Jakarta. Apalagi Kota Jakarta dikenal dengan hutan beton, gedung pencakar langit dan pusat kemacetan yang selalu di iringi deru mesin kendaraan setiap harinya. Selain menyejukkan, ternyata menepikan diri sejenak untuk dekat dengan alam memiliki banyak manfaat, seperti menghilangkan stres dan meningkatkan konsentrasi.

Baca juga : 5 Rekomendasi Tempat Makan di Kemang, Jakarta Selatan

Untuk itu, kali ini KAWN coba merekomendasikan beberapa kafe atau restoran yang ada di Jakarta dengan konsep outdoor dengan nuansa alam, berikut ulasannya.

Berasa Ngopi di Tengah Hutan : Arborea Cafe

Sesuai dengan namanya, kafe di Jakarta Selatan ini memang terletak di tengah-tengah arboretum, yaitu sebuah area pemeliharaan tumbuhan koleksi yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Arborea Cafe memiliki desain bangunan yang didominasi kayu dengan konsep semi-industrialis. Anda bisa duduk di beberapa spot yang disediakan, seperti di area outdoor, indoor, atau bahkan di rooftop.

Baca juga : Arborea Café, Ngopi Seru di Area Terbuka Hijau

Menu kuliner lokal hingga western food ini tersedia cukup lengkap, mulai dari appetizer, snack, kopi, hingga main course. Sedangkan untuk menu kopi, ada pilihan kopi nusantara yang bisa kita cicipi, seperti Kopi Toraja, Gayo, Mandailing, Bajawa, hingga Kopi Papua.

Baca juga : Serba-Serbi Biji Kopi

Alamat : Kompleks LHK, Manggala Wanabakti, Jalan Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Selatan

Kisaran harga : Rp 100.000 untuk 2 orang

Jakarta Rasa Ubud, Bali : The Forest by Wyl's Kitchen Lebak Bulus

Kafe ini menawarkan keindahan alam bak kafe-kafe di Ubud, Bali. Sesuai namanya, The Forest by Wyl’s memanjakan pengunjungnya dengan pemandangan pepohonan rimbun menakjubkan yang mengelilinginya, serta infinity pool yang membuat suasana semakin nyaman.

The Forest by Wyl’s juga memiliki area indoor yang tak kalah menyenangkan. Bergaya modern tropis, ruang makan di kafe ini disuguhi pencahayaan alami saat siang hari yang berasal dari jendela-jendela yang berukuran cukup tinggi, serta dihiasi ornamen minimalis namun tetap memberikan kesan elegan.

Baca juga : Karakteristik Alami Dalam Gaya Arsitektur Modern Tropis

Membawa nama Wyl's Kitchen, tentu Anda tak boleh meragukan kelezatan setiap hidangan yang ditawarkan. Aneka hidangan yang terinspirasi oleh kekayaan khas nusantara dan cita rasa Asia dijamin membuat kunjungan Anda ke kafe ini semakin berkesan. Jika Anda tertarik mengunjungi The Forest by Wyl’s, usahakan untuk melakukan reservasi terlebih dulu.

Alamat : Jalan Lebak Bulus No. 8, Cilandak, Jakata Selatan

Kisaran harga : Rp 100.000 - Rp 200.000 per orang

JimBARan Lounge : Santai di Tengah Hutan Beton Kawasan Sudirman, Jakarta

Mungkin dari namanya, pasti sudah dapat Anda bayangkan kalau tempat makan ini bernuansa Bali. JimBARan Lounge menghadirkan konsep taman tropis Bali di area terbuka yang asri dengan pepohonan. Belum lagi ditambah dengan suara gemericik air kolam buatan yang berada di bagian tengahnya yang menyejukan hati dan pikiran Anda.

Berada tepat di bilangan Sudirman, Jakarta, tempat ini memang disiapkan secara khusus bagi kaum pekerja yang ingin melepas penat pekerjaan atau lalu lintas Kota Jakarta yang padat. Untuk menu makanan yang disediakan JimBARan Lounge antara lain seafood ceviche, roasted chili & garlic shrimp, serta duck & asian 5 spice sausages, untuk minumannya pun cukup beragam mulai aneka cocktail, mocktail, wine, hingga sajian tehnya.

Baca juga : Serupa Tapi Tak Sama, Apa Perbedaan Antara Mocktail dan Cocktail?

Alamat : Jimbaran Lounge @Hotel Ayana Midplaza Jakarta Lobby Level, Jln. Jend. Sudirman Kav. 10-11, Karet Tengsin,  Jakarta Pusat

Kisaran harga : Rp 150.000 - Rp 200.000 per orang

Nikmati Segarnya Udara Laut Lepas di Segarra

Apakah Anda membayangkan bersantap di tepi pantai sambil ditemani suara desiran ombak, udara yang segar dan pemandangan matahari terbenam? Di sini tempatnya! Segarra merupakan tempat makan bernuansa alam di Jakarta yang berlokasi di kawasan Pantai Karnaval, Taman Impian Jaya Ancol. Tempat ini sangat cocok dijadikan weekend getaway Anda bersama keluarga atau pasangan.

Baca juga : 7 Restoran Pinggir Pantai di Jakarta ala Beach Club Bali

Restoran ini memiliki area indoor dan outdoor, dimana area outdoor berada di bibir pantai yang menjadi tempat favorit bagi pengunjung. Dalam buku menunya, Segarra menyediakan makanan asia dan western, seperti grilled salmon, spaghetti meat sauce, beef lasagna, soto betawi, oxtail soup, sushi platter, prawn segarra chili, dan masih banyak yang lainnya. Sedangkan minumannya tersedia aneka mocktail, cocktail, aneka kopi, minuman ringan, dan lainnya yang dapat menyegarkan tubuh Anda.

Alamat : Kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jl. Lodan Timur No.7, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara

Kisaran harga : Rp 100.000 - Rp 200.000 per orang

Sajikan Nuansa Bali di Kota Jakarta di Cork & Screw Country Club Senayan

Tempat makan satu ini juga menawarkan suasana Bali yang cukup kental. Maka tak heran jika Cork & Screw Country Club Senayan disebut sebagai salah satu ‘urban escape’ terbaik di Jakarta. Jika Anda ingin bersantai sambil menikmati pemandangan kebun tropis di sekitarnya, termasuk lapangan golf internasional, Anda bisa memilih area outdoor yang berada tepat di sebelah kolam renang.

Deretan day bed berukuran besar akan menyambut Anda setibanya di area ini
Untuk makanannya, jika Anda bingung mau pilih yang mana, Anda bisa mencoba lezatnya Nasi Cumi Pekalongan yang mampu mengembalikan mood Anda setelah bekerja seharian. Tentunya akhiri momen bersantap Anda dengan rasa manis asam dari coconut panna yang terdiri dari mango sorbet, sticky rice, coconut chips, dan brandy snaps. Sebelum datang ke restoran ini jangan lupa buat reservasi dulu, ya!

Alamat : Senayan National Golf Club, Jl. Asia Afrika Pintu IX, Jakarta

Kisaran harga : Rp 150.000 - Rp 300.000 per orang


Berikut adalah rekomendasi kafe atau restoran dengan nuansa alam di Jakarta. Dari daftar diatas, apakah Anda sudah memilih kafe atau restoran mana yang akan didatangi? Jangan lupa catat nama dan alamatnya ya. Bagi Anda yang mau berbagi info kuliner lain di Jakarta, silahkan tulis di kolom komentar!