Macam-Macam Modifier dan Bagaimana Menyikapinya

-


Dalam dunia bisnis F&B seringkali pelayan atau owner bisnis mendapati pelanggan-pelanggan yang memiliki selera yang khas. Selera yang khas dalam hal ini berkaitan dengan modifikasi makanan atau minuman yang dipesan oleh pelanggan.

Baca juga : 5 Manfaat Memahami Perilaku Konsumen Terhadap Perkembangan Bisnis

Melansir dari kawn.co.id, permintaan khusus atau yang seringkali disebut dengan istilah modifier merupakan sebuah permintaan pelanggan atas suatu hidangan (makanan atau minuman). Permintaan tersebut dapat berupa penambahan atau pengurangan rasa, topping maupun bentuk. Lalu? Apa saja macam-macam modifier dan bagaimana menyikapinya? Berikut adalah penjelasannya:

Baca juga : New Release! KAWN Pesan Mandiri

Rasa dan Level

Pernahkah Anda mendapatkan pelanggan yang meminta penambahan sambal untuk makanan yang dipesan? Atau apakah bisnis F&B Anda merupakan jenis bisnis makanan dengan tingkat level kepedasan? Bisa jadi Anda telah menerapkan sistem modifier dengan tipe rasa atau level.

Baca juga : Ini 9 Strategi Bisnis Restoran

Pada dasarnya penambahan atau pengurangan rasa tidak melulu seputar rasa pedas saja. Rasa asin, gurih, manis dan asam juga merupakan macam-macam modifier yang sering diminta oleh pelanggan.

Baca juga : 5 Faktor yang Bikin Bisnis Kuliner Diminati

Anda harus jeli dan peka terhadap setiap pelanggan yang hadir dan memesan hidangan di bisnis F&B Anda. Terkadang pelanggan yang loyal adalah pelanggan yang merasa selalu diperhatikan dan dipenuhi segala permintaan yang diinginkan.
Jangan sungkan untuk bertanya apakah pelanggan memiliki concern di masalah kesehatan tertentu, seperti hipertensi atau diabetes. Isu-isu kesehatan tersebut sangat berkaitan dengan penggunaan bumbu sehari-hari, seperti garam atau gula. Tentunya pengguna bumbu tersebut sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan pelanggan.


Topping

Anda penggemar bubur ayam? Tetapi Anda adalah tim bubur ayam tanpa daun bawang atau seledri? Ilustrasi tersebut merupakan contoh dari modifier dengan tipe topping yang sering Anda jumpai sehari-hari. Topping atau pelengkap hidangan memiliki ragam yang cukup luas.

Baca juga : Ini Dia Topping Makanan dan Minuman Paling Hits, Mana Favoritmu?

Topping dapat berupa sayuran, bumbu, acar, kacang-kacangan, kuah dan lain sebagainya. Modifier jenis ini seringkali terjadi pada pelanggan yang suka terhadap suatu hidangan, namun tidak suka atau sangat suka terhadap salah satu komponen pembentuk hidangan tersebut. Jadi jangan heran Anda pun harus menentukan topping mana yang sifatnya gratis maupun yang dikenakan biaya tambahan agar keuntungan bisnis Anda tetap terjaga.

Bentuk

Anda pernah makan mie ayam dan ketika Anda memesan hidangan tersebut, Sang Pelayan menanyakan jenis atau bentuk mie apa yang Anda inginkan? Jenis mie yang Anda pesan pun dapat berupa mie keriting, mie karet atau kwetiau. Contoh tersebut merupakan salah satu contoh modifier dengan tipe bentuk.

Baca juga : Ini 7 Jenis Mie Paling Populer

Modifier dengan tipe ini berkaitan dengan penggunaan bahan baku suatu produk. Penggunaan modifier tipe bentuk hampir sama dengan modifier tipe topping, namun yang membedakannya adalah modifier tipe bentuk harus sudah ditentukan oleh pelanggan sebelum produk diproduksi, sedangkan modifier topping maupun rasa dapat dilakukan setelah produk diproduksi.

Nah, berikut adalah jenis-jenis modifier dan bagaimana cara menyikapinya. Tentunya untuk memudahkan Anda mengakomodir selera dan kebutuhan pelanggan, Anda dapat menggunakan fitur permintaan khusus atau modifier dari aplikasi kasir online KAWN. Melalui fitur ini Anda dapat dengan mudah memasukan setiap tipe modifier tersebut dan Anda pun dapat melacak setiap modifier yang diminta oleh pelanggan secara akurat dan real-time.

Kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan pencatatan modifier secara manual adalah sering tertukarnya hidangan atau catatan yang hilang dan tercecer. Dengan aplikasi kasir online KAWN kesalahan-kesalahan tersebut dapat dihindari dan tentukan dapat mempercepat kinerja pelayan dan dapur Anda. Klik disini untuk mencoba fitur permintaan khusus secara gratis selama 30 hari!