Madiun, Kota Kecil Di Jawa Timur yang Menyajikan Kuliner Menggoda! Yuk Coba!

-

Madiun, salah satu kota kecil yang berada di Jawa Timur ini memiliki segudang cerita menarik untuk dibahas. Bukan hanya sejarah bagaimana kota ini berdiri, akan tetapi banyak aspek lainnya, seperti profil kota, kependudukan, letak geografis, ciri khas, pendidikan serta kebudayaannya.

Karena hal itulah, membuat kota ini memiliki banyak julukan. Dikutip perkotaan.bpiw, setidaknya ada 8 julukan yang disematkan pada Kota Madiun, mulai dari kota brem, kota gadis, kota pelajar, kota pecel, kota sepur, kota budaya, kota sastra serta kota industri.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Kota Gadis

Lantas, bagaimana dengan aspek kuliner di Kota Madiun? Jika dilihat dari daftar julukan yang disebutkan diatas, sepertinya dunia kuliner Kota Madiun juga menarik untuk diceritakan.

Baca juga: 7 Kuliner Wajib Saat Berkunjung Ke Surabaya

Pasalnya, sejak lama, masyarakat Indonesia mengenal Madiun dengan sebutan kota pecel. Tentu saja karena rasa pecel asli Madiun yang begitu lezat, khas dan jelas melegenda. Namun, selain pecel, adakah kuliner lainnya dari Kota Madiun yang menggoda untuk dicicipi? Dikutip dari laman orami, berikut daftarnya.

Madiun Punya Oleh-Oleh Wajib untuk Dibawa Pulang, Brem

source : pikiranrakyat

Bukan hanya menyajikan makanan berat yang menggoda, Madiun juga menyajikan kuliner berupa oleh-oleh yang wajib dibawa pulang, yakni brem. Bahkan, karena saking populer brem di Kota Madiun, membuatnya memiliki julukan sebagai kota brem.

Baca juga: Jejak Tersembunyi Kota Brem

Layaknya tapai, brem sendiri merupakan salah satu camilan yang proses pembuatannya dengan cara di fermentasi. Bahan utamanya merupakan ketan hitam yang diambil sarinya dan kemudian diendapkan selama semalaman.

Baca juga: Teknologi Fermentasi pada Produk F&B

Warnanya putih kekuningan dengan bentuknya yang kotak pipih. Rasanya juga terbilang unik, perpaduan asam manis dengan sensasi segar dan dingin saat disantap. Menariknya, brem akan lumer begitu saja tanpa dikunyah saat masuk ke mulut Anda.

Madiun X Pecel: Perpaduan yang Sulit Terpisahkan

source : resepkuliner

Kuliner Indonesia memang sangat beragam. Bahkan, ada saja kuliner yang sudah menjadi citra atau ikon dari suatu daerah. Sebagai contoh, jika pempek ikonnya Kota Palembang, Yogyakarta terkenal akan gudegnya. Namun, tidak ketinggalan juga dengan Kota Madiun yang menjadikan pecel sebagai kuliner khasnya.

Sudah sejak lama, pecel menjadi kuliner wajib saat Anda mampir ke kota ini. Sayuran yang beragam, sambal pecel hasil kombinasi kacang, cabai dan gula merah, serta renyahnya peyek membuat pecel Madiun sulit untuk ditinggalkan.

Menariknya, karena begitu enaknya sambal pecel khas Madiun. Banyak yang menjadikan sebagai oleh-oleh saat mampir ke kota ini.

Baca juga: Sambal-Sambal Khas Indonesia, Berani Coba Sensasi Pedasnya?

Biasanya, pecel Madiun disajikan dengan seporsi nasi hangat. Di Madiun sendiri, makanan ini kerap disajikan di pagi hari sebagai menu sarapan.

Wedang Cemue, Minuman Khas Dari Tanah Madiun

source : puteramentari

Tak hanya makanan dan camilan saja, Madiun juga memiliki hidangan berupa minuman yang begitu khas dan wajib Anda coba, wedang cemoe namanya. Wedang cemoe merupakan minuman hangat yang terdiri dari santan kelapa, kacang tanah serta potongan roti tawar.

Banyak penjual wedang cemoe di Madiun, akan tetapi Anda baru bisa menemukannya ketika hari beranjak malam. Mungkin inilah alasan, mengapa minuman ini disajikan saat masih panas.

Baca juga: 5 Minuman Khas Daerah yang Wajib Anda Coba!

Madumongso, Jajanan Khas Madiun yang Melegenda

source : madiunpunyakita

KawanKAWN, apakah Anda sudah pernah mencicipi madumongso sebelumnya? Atau jangan-jangan Anda belum pernah tahu dengan kuliner ini? Jika belum, yuk rencanakan perjalanan Anda ke Kota Madiun, karena di kota ini Anda bisa merasakan wisata alam yang memesona serta kuliner yang menggoda, madumongso salah satunya.

Baca juga: Gak Cuma Silat dan Pecel

Bisa dibilang, madumongso merupakan jajanan khas Madiun yang melegenda. Bagaimana tidak, madumongso diperkirakan sudah ada sejak zaman kerajaan Mataram Kuno. Madumongso merupakan makanan istimewa yang hanya bisa dinikmati para raja, karena pada saat itu ketan merupakan bahan makanan mahal dan sulit didapat.

Sekilas, kuliner ini memang sangat mirip dengan dodol khas Garut. Tentu saja karena warna serta teksturnya yang lembek cenderung lengket. Meskipun sama-sama bercita rasa manis, namun madumongso sedikit terasa masam.  

Baca juga: Makanan Khas Garut Bukan Cuma Dodol Lho! Yuk Kenali yang Lainnya

Madumongso terbuat dari ketan hitam yang difermentasi terlebih dahulu. Itulah mengapa, jajanan ini akan terasa masam. Tidak sulit menemukan madumongso di kota asalnya, Anda bisa menemukan jajanan ini di pusat oleh-oleh atau kios-kios di pinggir jalan di Kota Madiun.

Lontong Tahu Telur

source : cookpad

Unik, kuliner ini mencampurkan 3 bahan utamanya, yakni lontong, tahu yang sudah digoreng serta telur dadar. Selain itu, terdapat juga irisan kol, tauge, taburan bawang goreng dan kerupuk, hadir sebagai condiment dari kuliner ini.

Disajikan dengan bumbu kacang yang lezat dan begitu pekat, membuat kuliner ini sangat menggoda untuk dinikmati. Bagaimana, tertarik mencicipi kuliner khas Madiun yang satu ini?

KawanKAWN, baru saja kita ulas beberapa kuliner khas Madiun yang lezat dan tentunya juga menggoda. Dari kelima kuliner di atas, apakah Anda pernah mencoba salah satunya? Jawab di kolom komentar ya!