Loyalitas Karyawan, Bagaimana Cara Meningkatkannya?

-

Loyalitas karyawan merupakan salah satu indikator penting dalam kesuksesan sebuah perusahaan. Bisa dikatakan, kesuksesan sebuah perusahaan bergantung kepada karyawan yang bekerja secara kompeten, handal dan loyal.

Baca juga: Tips Mengurangi Kecurangan Karyawan

Lantas, apa yang dimaksud dengan loyalitas karyawan? Menurut penuturan para ahli yang dirangkum oleh sarjanaekonomi.co.id, loyalitas karyawan adalah suatu tindakan yang menunjukkan dukungan, kesetiaan, kepatuhan yang terus-menerus kepada perusahaan tempatnya bekerja. Atas dasar kondisi tersebut, banyak upaya dilakukan pengusaha agar terbentuknya loyalitas dari sang karyawan.

Baca juga: Pengertian Loyalitas Kerja Menurut Para Ahli

Namun, pada kenyataannya, tidak sedikit pula karyawan yang memiliki loyalitas rendah terhadap tempat dimana dia bekerja. Sehingga, tidak dapat dipungkiri, turnover karyawan yang tinggi bisa saja terjadi pada sebuah perusahaan.

Baca juga: Turnover Karyawan Tinggi? Ini Penyebabnya

Melihat begitu pentingnya loyalitas karyawan terhadap kesuksesan perusahaan, kira-kira langkah apa saja yang bisa dilakukan agar loyalitas karyawan dapat terbentuk? Seperti yang KAWN lansir dari linovhr.com, berikut ulasannya.

Tingkatkan Loyalitas Karyawan dengan Memenuhi Hak-Haknya

source : google image

Mungkin ini adalah hal yang paling mendasar agar loyalitas karyawan tetap terjaga, yakni dengan memenuhi segala yang menjadi hak-haknya. Memang benar adanya, gaji merupakan hak paling utama yang harus diterima oleh seorang karyawan, namun ada beberapa hak lainnya yang wajib diberikan kepada karyawan, seperti tunjangan hari raya, hak cuti, tunjangan kesehatan bagi karyawan dan keluarganya. Dengan memenuhi hak-haknya, bisa dipastikan seorang karyawan akan merasa betah dan loyal terhadap perusahaan tempat ia bekerja.

Pentingnya Suasana Kerja yang Nyaman

source : google image

Tidak sedikit karyawan yang memilih bertahan di sebuah perusahaan karena suasana kerja yang nyaman. Tapi, perlu diingat bila kenyamanan tersebut bukan soal kelengkapan fasilitas saja, tetapi juga pada budaya atau hubungan terhadap seluruh elemen yang ada di perusahaan.

Baca juga: 5 Tips Menjaga Kinerja Pramusaji Agar Tetap Maksimal

Dalam hal ini, hubungan antara sesama karyawan atau hubungan antara karyawan dengan atasan terjalin dengan baik. Sederhananya adalah membangun suasana kekeluargaan yang baik dalam lingkungan kerja dapat membantu perusahaan meningkatkan loyalitas karyawan.

Biarkan Karyawan Berkreativitas

source : google image

Ada beberapa perusahaan yang memberikan kebebasan bagi karyawannya untuk berkreasi dan berpendapat selama tidak melanggar norma-norma atau ketentuan perusahaan. Namun sayangnya masih ada perusahaan yang memperlakukan karyawannya seperti robot yang mewajibkan untuk mengikuti seluruh ketentuan dan peraturan perusahaan tanpa adanya kebebasan sama sekali.

Baca juga: Intip Cara Berbisnis Ala Steve Jobs

Untuk itu, stop memperlakukan karyawan seperti robot, dan lihat karyawan berkembang dari dalam dirinya. Anda sebagai pemilik usaha tidak akan pernah tahu, kreativitas mereka bisa menjadi sebuah ide baru yang bermanfaat bagi perusahaan. Selain itu, kebebasan ini akan membuat karyawan bekerja dengan lebih baik karena tidak merasa jenuh akan rutinitas dan peraturan yang monoton.

Kejelasan Jenjang Karir

source : google image

Hal berikutnya yang dapat perusahaan lakukan untuk meningkatkan loyalitas karyawan adalah dengan memberikan kejelasan tentang jenjang karir. Karena, salah satu pertimbangan karyawan dalam memilih perusahaan tempat ia bekerja adalah  kejelasan tentang prospek karirnya. Semakin jelas prospeknya, maka semakin loyal juga karyawan terhadap perusahaan.

Baca juga: Pentingnya Program Pengembangan Karir untuk Karyawan

Mengapa demikian? Coba Anda bayangkan, apakah Anda bersedia bekerja jika selamanya Anda tidak akan pernah naik jabatan? Atau dengan kata lain, karir Anda stuck atau tidak berkembang. Tentu saja jawabannya ‘tidak’.

Untuk itu, penting memberikan kejelasan tentang jenjang karir kepada karyawan. Dengan begitu, akan memberikan motivasi positif bagi karyawan untuk terus loyal pada perusahaan dan tidak mencoba mencari pekerjaan lain.

Baca juga: Mendadak Jadi Pengusaha? Ikuti Langkah Transisi Berikut Ini

Memberikan Apresiasi atas Pencapaian Karyawan

source : google image

Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang mau memberikan apresiasi kepada karyawannya yang sudah bekerja keras untuk membangun perusahaan. Karena itu berikanlah apresiasi sekecil apa pun itu kepada karyawan yang sudah bekerja luar biasa.

Baca juga: Tak Harus Uang, Ini 5 Bentuk Kreatif Apresiasi Karyawan Berprestasi

Memang, apresiasi yang paling dinanti oleh karyawan adalah bonus, tapi bila itu merasa memberatkan bagi perusahaan, Anda bisa menyiasatinya dengan memberikan libur tambahan di luar cuti kepada karyawan tersebut. Dengan demikian setiap karyawan akan termotivasi secara pribadi untuk menaikkan produktivitas kerja mereka. Selain itu, hal ini juga membuat karyawan betah dalam bekerja dan menjadi loyal kepada perusahaan.

Dunia Kerja dan Keluarga yang Seimbang

source : google image

Perusahaan memang perlu mendorong karyawannya untuk memiliki etos kerja tinggi, tapi jangan sampai hal itu membuat perusahaan lupa bahwa karyawannya masih punya kehidupan di luar kantor. Jadi, hargailah kehidupan pribadi karyawan dengan memberikan waktu yang seimbang antara pekerjaan dengan kehidupan keluarganya.

Itulah beberapa tips penting yang bisa dijalankan perusahaan agar loyalitas karyawan tetap terbangun. Akan tetapi, jika Anda seorang yang bekerja di bidang personalia dan memiliki tips jitu lainnya, boleh ya sharing di kolom komentar! Terima kasih!