Kuliner Khas Sukabumi yang Wajib Dicicipi, Cek Daftarnya!

-

Kuliner khas Sukabumi kerap menyajikan daftar yang menarik untuk diulas. Bukan hanya rasanya yang lezat nan menggugah selera, tentunya karena terdapat beberapa hidangan yang hanya ditemukan di kota ini.

Nasi uduk ungu misalnya. Tidak bisa dipungkiri, nasi uduk hampir bisa ditemukan di setiap kota di Indonesia, mulai dari Jakarta, Medan, Bandung hingga Manado. Akan tetapi, Sukabumi lah menjadi satu-satunya kota yang menyajikan hidangan nasi uduk berwarna ungu. Menarik bukan?

Baca juga: Berbahan Dasar Nasi, Berikut Hidangan yang Bisa Anda Buat Di Rumah

Belakangan, Sukabumi telah menjelma menjadi salah satu kota yang menarik perhatian wisatawan. Tentu saja karena lokasinya yang tidak begitu jauh dari Jakarta dan Bandung, dan menyajikan banyak wisata alam yang memesona, mulai dari Pantai Pelabuhan Ratu, Situ Gunung, Selabintana dan Pantai Ujung Genteng.

Baca juga: 6 Hal Menarik Seputar Pantai Ujung Genteng, Daya Pikat hingga Penginapan

Selain berwisata alam, lidah para traveler juga bisa dimanjakan dengan berbagai macam kuliner khas Sukabumi yang wajib untuk dicicipi. Apa sajakah itu! Dilansir dari laman indonesia.tripcanvas.co, berikut penjelasannya.

Kuliner Khas Sukabumi yang Kerap Dijadikan Oleh-Oleh: Mochi

source : bolu amor

Salah satu camilan yang masuk kategori kuliner khas Sukabumi adalah mochi. Mochi sendiri merupakan camilan berupa kue basah yang terbuat dari tepung ketan. Bentuknya bulat dan biasanya terdapat isian kacang tanah, keju atau kacang hijau.

Ditulis id.wikipedia.org, mochi merupakan penganan asli dari Negeri Matahari, Jepang. Di Jepang sendiri, kue ini kerap dijadikan makanan utama saat perayaan tradisional mochitsuki atau saat perayaan tahun baru Jepang.

Baca juga: Menu Makanan Khas Jepang yang Disajikan Untuk Atlet Olimpiade Tokyo 2020

Sebetulnya, di Indonesia sendiri masih simpang siur dari mana kue mochi berasal. Kendati demikian, tak jarang yang mengakui jika mochi merupakan penganan atau kuliner asli dari tanah Sukabumi.

Baca juga: Sejarah Mochi di Indonesia, Kini Populer sebagai Oleh-oleh

Cukup mudah ditemui penjual kue mochi di Kota Sukabumi. Akan tetapi, satu brand kue mochi yang wajib masuk dalam list belanja oleh-oleh Anda, yakni Mochi Kaswari Lampion. Bentuknya yang bulat besar, rasanya yang legit dengan ragam pilihan rasa, membuat Mochi Kaswari Lampion selalu diburu para pelancong.

Rasa dan Tampilannya yang Menarik untuk Dicoba: Nasi Uduk Ungu

source :tribun

Seperti disinggung sebelumnya, jika nasi uduk ungu menjadi salah satu kuliner khas Sukabumi yang tidak bisa Anda temukan di kota lainnya. Meski berwarna ungu, Anda tidak perlu ragu saat mencicipi hidangan ini. Pasalnya, kuliner khas Sukabumi yang satu ini menggunakan pewarna alami dari ubi ungu, bukan dari pewarna berbahan kimia ya!

Untuk rasanya, gurih seperti nasi uduk pada umumnya dan manis hasil campuran ubi ungu, membuat hidangan ini menarik untuk dicicipi. Nasi uduk ungu biasanya disajikan dengan berbagai macam lauk pauk, mulai dari telur dadar, telur balado, tempe orek, ayam goreng, mie goreng dan berbagai macam gorengan.

Anda penasaran? Saat berada di Sukabumi, Anda wajib mencicipi Nasi Uduk Mamih Ungu. Kedai yang berada di Kawasan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi ini kerap diserbu pengunjung, terlebih saat weekend tiba.  

Baca juga: Nasi Tumpeng Identik dengan Perayaan Penting? Yuk Kenali Faktanya!

Tekstur Lembut dengan Topping yang Melimpah: Bubur Ayam Sukabumi

source : garnesiasaj

Kota lainnya di Indonesia juga punya bubur ayam, sebut saja, Cirebon, Tasikmalaya, Bandung, Manado serta Cianjur. Lantas, apa bedanya dengan bubur ayam khas dari Kota Sukabumi?

Baca juga: 10 Jenis Bubur Nusantara yang Melegenda

Bahan utama yang digunakan dan cara membuat bubur relatif sama dengan bubur pada umumnya. Namun, ada perbedaan dari topping yang digunakan pada bubur ayam Sukabumi, seperti kerupuk pangsit, pepes ayam bahkan risol isi bihun.

Ada satu bubur ayam paling terkenal dan cukup melegenda di Kota Sukabumi, yakni Bubur Ayam Bunut. Bagaimana tidak, kedai bubur yang berdiri sejak tahun 1975 memiliki rasa yang bisa dibilang jempolan.

Bahkan banyak yang menjadikan Bubur Ayam Bunut sebagai alasan saat seseorang mampir ke kota ini. Tentu saja karena udara Sukabumi yang sejuk ditambah sajian Bubur Ayam Bunut yang lezat dan hangat, menjadikan suatu kesempurnaan yang sulit untuk ditolak.

Camilah Manis Khasnya Kota Sukabumi nih! Bandros

source : sajian sedap

Satu lagi camilan yang masuk dalam daftar kuliner khas Sukabumi, bandros namanya. Bandros merupakan camilan yang terbuat dari tepung beras, parutan kelapa serta santan.

“Murah tapi tidak murahan” seperti pantas disematkan pada camilan ini. Hanya bermodalkan Rp 5.000, Anda sudah bisa menikmati satu porsi bandros. Meski begitu, kelezatan yang ditawarkan begitu menggoda, yakin bisa menolak? Secara tampilan, bandros memang sangat mirip dengan kue pancong.

Bandros Ata, kedai bandros yang selalu menjadi buruan warga Sukabumi dan pendatang. Rasanya yang begitu lezat dan mampu melayani pelanggan setianya dari tahun 1950, membuat Bandros Ata yang paling melegenda di kotanya.

Kuliner Khas Sukabumi Berbahan Dasar Taoge: Geco

source : mister aladin

Kuliner khas Sukabumi terakhir yang wajib Anda cicipi selama berada di kota tersebut adalah geco. Geco merupakan akronim dari taoge tauco. Yang mana bahan-bahannya terdiri dari taoge, ketupat, tahu, mi kuning dan disiram dengan bumbu tauco.

Begitu banyak penjaja geco di Kota Sukabumi. Sarannya, kedai Geco Abah Dodo yang berada di Jalan Bhayangkara, Kota Sukabumi lah yang wajib Anda coba. Meski lokasinya berada di dalam gang sempit, akan tetapi penggemarnya tetap setia.

KawanKAWN, dari kelima kuliner khas Sukabumi yang ada di daftar, mana yang menjadi favorit Anda? Yuk diskusikan di kolom komentar!