Kuliner Khas Thailand yang Banyak Disukai Orang Indonesia

-

Kuliner khas Thailand akan menjadi artikel pilihan KAWN kali ini. Ada alasan apa ya dibalik pemilihan kuliner khas Thailand? Jika Anda seorang foodies, kuliner khas Thailand tidak boleh Anda lewatkan.

Baca juga: Makanan Legendaris di Pasar Mayestik

Kuliner khas Thailand sendiri terdiri dari banyak cita rasa, bentuk, serta daerah asalnya masing-masing. Namun, sebelum kita mengulik aneka kuliner khas Thailand, ada baiknya kita berkenalan lebih dekat dulu dengan Negeri Gajah Putih ini.

Thailand sendiri kita kenal sebagai sebuah negara di kawasan Asia Tenggara yang memiliki sejarah sebagai salah satu negara pendiri ASEAN (Associate of South East Asia Nation). Kuliner khas Thailand pun memiliki lima rasa dasar yaitu manis, pedas, asam, pahit dan asin.

Baca juga: Makanan Khas Wilayah Timur Indonesia

Hhemm, jika dilihat dari unsur rasa, kuliner khas Thailand sebenarnya mirip dengan kuliner khas Indonesia. Kira-kira unsur apa ya yang membuat keduanya mirip? Nah, tahukah Anda bahwa unsur rasa pedas pada kuliner khas Thailand dihasilkan oleh cabai segar, minyak cabai dan cabai bubuk sama seperti kuliner Indonesia, bukan.

Berikut kita akan bahas, lima kuliner khas Thailand yang juga menjadi favorit orang Indonesia. Salah satunya pasti Anda pernah mencicipinya atau bahkan menjadi menu favorit Anda. Share cerita Anda tentang kuliner khas Thailand di kolom komentar ya.

Baca juga: Makanan Khas Indonesia yang Mendunia, Pastinya Buat Anda Ketagihan!

Kuliner Pedas Khas Thailand - Tom Yum

Source: Canva

Kuliner satu berhasil menjadi kuliner identik khas Thailand. Siapa yang tidak mengenal tom yum? Membaca atau mendengar namanya saja, orang-orang pasti akan menyebutnya kuliner khas Thailand.

Tom yum memiliki cita rasa pedas dan asam. Mempunyai dua varian yang cukup terkenal yaitu Tom Yum Goong yaitu berisikan udang, ada juga Tom Yum Pla yang berisikan ikan, serta Tom Yum Taek yang berisikan aneka seafood.

Baca juga: 8 Resep tom yam berbagai bahan, enak, segar, dan mudah dibuat

Kuliner Berbahan Dasar Mie - Pad Thai

Source: Canva

Kuliner khas Thailand satu ini juga sangat terkenal. Rasanya yang nikmat juga sudah sangat melegenda sejak jaman kerajaan di Thailand. Pad Thai juga dipercaya berasal dari Vietnam atau China.

Berbahan dasar mie dan terbuat dari beras. Mie tersebut digoreng dan dikombinasikan dengan telur, tahu, asam, bawang putih, kecap ikan, cabai, kacang kedelai, dan gula. Eits, jangan lupa tambahkan toge, sayuran hijau dan udang ya agar semakin lezat.

Baca juga: Resep Pad Thai (Mie Goreng Thailand)

Kuliner Berbahan Dasar Nasi - Khao Pad

Source: Canva

Kalau Indonesia punya menu nasi goreng, eits tunggu dulu, Thailand juga punya lho. Namanya adalah Khao Pad. Jika dilihat sekilas pun, benar-benar mirip nasi goreng Indonesia.

Khao Pad terbuat dari nasi yang digoreng dengan telur, bawang putih, saus tiram, garam, gula serta kecap. Proteinnya sendiri biasanya terdapat suwiran daging ayam, sapi, babi ataupun seafood. Sebagai pelengkap, setelah matang diberi irisan timun, selada, dan tomat ya.

Baca juga: Resep Khao Pad, Nasi Gorengnya Khas Thailand yang Lezat

Kuliner Berkuah - Massaman Curry

Source: Canva

Kuliner satu ini juga cukup familiar, jika kita translate ke bahasa Indonesia, berarti kari massaman. Nah, istilah massaman ini mungkin membuat Thailand memiliki rasa kari yang berbeda dengan negara lain termasuk Indonesia.

Kari massaman sendiri terbuat dari bawang bombay, bawang putih, jahe, kulit jeruk lemon parut, cabai merah, ketumbar, jintan, kunyit, kayu manis, cengkeh, kapulaga hijau, asam jawa dan santan. Semua bumbu dihaluskan, kemudian dimasak hingga mengental. Tambahkan daging sapi, ayam atau bebek untuk melengkapi kenikmatan kari massaman ya.

Baca juga: Chicken Massaman Curry, kari ayam nan lezat yang dari negri Thailand ^^

Kuliner Penutup - Mango Sticky Rice

Source: Canva

Nah, sebagai penutup, kuliner satu ini cocok dinikmati di saat musim panas. Kuliner satu ini terdiri dari ketan, potongan buah mangga, serta kuah untuk mengguyur ketan. Bagaimana rasanya?

Cita rasa manis dan gurih membuat Mango Sticky Rice sempat viral beberapa tahun terakhir. Cara membuatnya yang mudah, juga menjadi hidangan favorit keluarga lho.

Baca juga: Resep Mango Sticky Rice Asli Thailand yang Gurih Manis

Sampai jumpa di artikel berikutnya. Salam sukses dan sehat selalu!