Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses Indonesia, Ada yang Tidak Lulus SMA Lho!

-

Kisah inspiratif atau cerita perjalanan hidup seseorang yang menginspirasi orang lainnya bisa didapat dari siapa saja. Dalam hal ini, banyak konteks yang bisa kita bahas, baik itu orang yang menginspirasi dalam aspek kesehatan, kehidupan atau bahkan kisah sukses seorang pengusaha.  

Khusus poin terakhir, memang tidak ada habisnya ulasan mengenai dunia usaha. Akan tetapi, satu hal yang menarik juga untuk dibahas, yakni kisah inspiratif dari sosok pengusaha sukses. Baik itu pengusaha sukses Indonesia maupun pengusaha sukses internasional.

Baca juga: Mark Zuckerberg, Cerita Sukses dan Sebuah Kesederhanaan

Begitu banyak kisah inspiratif pengusaha sukses Indonesia yang bisa kita petik hikmahnya, mulai dari perjalanan bisnisnya, latar belakangnya bahkan kisah jatuh bangun dalam berbisnis. Lantas, siapa saja pengusaha sukses asal Indonesia yang menarik untuk diulas? Dikutip dari beberapa sumber, yuk kita intip kisah inspiratifnya satu persatu.

Kisah Inspiratif Pendiri Sekaligus CEO Bukalapak, Achmad Zaky

source : daily social

Kisah inspiratif pertama hadir dari seorang pengusaha muda asal Kota Sragen, Achmad Zaky. Berbicara tentang sosoknya, tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda dengan salah satu marketplace terbesar di Indonesia dengan label Bukalapak.

Perlu Anda ketahui, kesuksesan Bukalapak hingga saat ini tidak lepas dari kerja keras dan tangan dingin sang pendirinya, Achmad Zaky. Lahir pada tanggal 24 Agustus 1986, Achmad Zaky merupakan sarjana teknik informatika dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Tidak lama setelah lulus kuliah, pria yang kerap disapa Zaky ini mendirikan perusahaan jasa konsultasi teknologi berlabel Suitmedia. Dimana, perusahaan tersebut berhasil membangun sistem IT di banyak perusahaan besar.

Tepatnya di tahun 2010, bermodalkan kemampuan tersebutlah, ia bersama 3 rekannya berhasil mendirikan Bukalapak. Selain itu, Ia juga bermimpi untuk memberi manfaat ke banyak orang, terutama dengan memajukan UMKM lewat media online.

Baca juga: Kesalahan Bisnis yang Mesti Dihindari, UMKM Wajib Tahu!

Pertama merintis Bukalapak, Zaky mengajak para penjual atau pelaku UMKM untuk bergabung dengan Bukalapak. Namun, hanya sedikit penjual yang tertarik dengan gagasannya.

Meski begitu, Zaky tidak putus asa begitu saja. Berkat kegigihannya, dia berhasil menjadikan Bukalapak sebagai salah satu marketplace besar di Indonesia. Meski tidak berada di urutan pertama saat ini, tidak sedikit pula investor yang menanamkan modalnya di Bukalapak. Beberapa di antaranya adalah 500 Startups, Batavia Incubator, IMJ Investment, Emtek Grup dan juga Microsoft, ungkap bigalpha.

Baca juga: Resmi Melantai di BEI, Bukalapak Toreh Sejarah sebagai Unicorn Pertama yang IPO

Tak Memiliki Ijazah SMA, Intip Kesuksesan Susi Pudjiastuti

source : pikiran rakyat

Sejak dahulu, sosok wanita yang satu ini selalu menarik untuk dibahas. Bukan hanya karena sebagai pebisnis sukses, dia juga dikenal sebagai sosok nyentrik yang ternyata tidak pernah merasakan kelulusan di tingkat SMA lho.

Menariknya, meski begitu, wanita kelahiran tahun 1965 ini dipercaya menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Namun, kita tidak membahas bagaimana rekam jejak dia sebagai menteri ya! Melainkan, bagaimana kisah inspiratif dia dalam dunia usaha.

Jiwa bisnis Susi Pudjiastuti sudah terlihat dari masa SMA, dimana saat itu dia sudah mencoba peruntungannya dengan berjualan pakaian dan sprei. Karena hal itulah, dia memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikannya di jenjang SMA.

Seiring berjalannya waktu, dia beralih kepada bisnis perikanan. Tentu saja hal ini didasari setelah melihat potensi wilayah tempat tinggalnya, Pangandaran, sebagai penghasil ikan yang cukup besar. Awalnya, dia mulai membeli ikan yang kemudian dipasarkan ke beberapa restoran.

Seperti halnya pengusaha lain, jatuh bangun pernah dia rasakan, dan pada akhirnya dia berhasil menjadi pengusaha ikan terbesar di Pangandaran. Hebatnya, bukan hanya skala nasional, dia mampu merambah pasar ekspor ikan dan lobster ke beberapa negara di dunia, kutip cermati.com.

Selain bisnis perikanan, dia juga berhasil mendirikan bisnis maskapai penerbangan dengan tajuk Susi Air. Ada cerita menarik yang melatarbelakangi berdirinya maskapai tersebut. Awalnya, pendistribusian ikan dilakukan via darat dan laut. Dinilai begitu lambat, akhirnya Susi membeli sebuah pesawat untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca juga: Ikan Hias, Satu Lagi Bisnis yang Sedang Meroket Di Masa Pandemi

Kisah Pemilik Brand-Brand Besar Indonesia, Sudono Salim

source : tribun

Siapapun di Indonesia ini pasti kenal dengan brand-brand ternama macam Indomie, Bank BCA serta Bogasari. Akan tetapi, apakah Anda tahu jika ketiga brand tersebut dimiliki satu orang yang sama?    

Dialah Sudono Salim, seorang pengusaha sukses yang awalnya merupakan seorang imigran asal negeri Tiongkok. Karena terjadi konflik di negeri asalnya, pria bernama asli Liem Sioe Liong, pergi ke Indonesia, tepatnya ke Surabaya. Cukup miris memang, masa-masa awalnya di Indonesia terpaksa dihabiskannya menjadi gelandangan selama beberapa hari.

Usahanya dimulai dengan berjualan cengkeh untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Menariknya, usaha semakin berkembang, bahkan mampu terjual hingga pulau lainnya di Indonesia, seperti Sulawesi dan Sumatera.

Namun sayang, bisnisnya harus berhenti saat Indonesia dijajah Jepang. Kegigihan Sudono Salim tidak kandas begitu saja, bahkan kejadian tersebut semakin memacu dirinya untuk mendirikan beberapa usaha lainnya, perbankan salah satunya.

Dikutip cnnindonesia, meski saat ini Bank BCA telah sepenuhnya dimiliki Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono. Namun, Sudono Salim lah yang menjadi pendiri bank tersebut pada tanggal 21 Februari 1957.

Bukan hanya itu, Sudono Salim mengepakan sayapnya dengan mendirikan beberapa perusahaan besar lainnya, seperti Indofood, Indomobil, Bogasari dan lain-lain.

Baca juga: Bisnis yang Anda Rintis Khawatir Gagal! Atasi dengan Tips Berikut

Kisah Inspiratif Anne Avantie Sebagai Desainer Ternama Indonesia

source : lifepal

Selanjutnya, sosok wanita yang satu ini sangat menarik untuk dibahas. Bagaimana tidak, hanya bermodalkan pendidikan SMP dan tidak pernah mendalami pendidikan desain, namun Anne Avantie mampu menjadi desainer busana terkemuka di Indonesia

Lahir dari latar belakang keluarga yang pas-pasan, membuat kehidupan masa kecilnya cukup sulit. Bukan hanya itu, cerita miris lainnya ada pada tahun 1998, dimana saat itu tempat dia bekerja dibakar oleh massa pendemo.

Mungkin kata “menyerah” tidak ada dalam kamus dirinya. Meski tidak pernah belajar mendesain busana, namun Anne Avantie memiliki bakat menjahit yang cukup mumpuni. Sehingga, pakaian hasil jahitannya memiliki desain yang sangat menarik dan tentu saja dapat diterima oleh masyarakat.

Hingga saat ini, Anne Avantie dikenal sebagai desainer ternama Indonesia yang tak jarang karyanya dipakai para pesohor Indonesia, mulai dari artis, pengusaha maupun para politikus. Bagaimana, sangat menginspirasi bukan?

Kisah Inspiratif Pemilik Pusat Oleh-Oleh Khas Bali, I Gusti Ngurah Anom

source : netmedia

Dari keempat sosok diatas, mungkin Ngurah Anom lah yang cukup asing di telinga Anda. Pria bernama lengkap I Gusti Ngurah Anom ini merupakan pengusaha sukses yang menjadikan oleh-oleh khas Bali sebagai bisnis utamanya. Bagi Anda yang pernah berkunjung ke Bali mungkin cukup familiar dengan pusat oleh-oleh berlabel Krisna?

Namun, perjalanan hidupnya tidak mulus begitu saja. Sebelum berhasil membangun Krisna, dia bahkan pernah bekerja di tempat cuci mobil.

Baca juga: Cuci Steam Sukses Dengan Aplikasi Kasir KAWN. Intip Yuk!

Tak lama bekerja di tempat cuci mobil, kemudian mencoba peruntungan lainnya dengan bekerja pada sebuah perusahaan konveksi. Saat itulah, Ngurah Anom melihat adanya peluang bisnis yang bisa dirintis bersama istrinya. Tanpa pikir panjang, akhirnya dia meninggalkan pekerjaannya di konveksi dan membuka toko baju di Denpasar dengan label Cok Konveksi.

Tak disangka, Ngurah Anom sukses menjalankan bisnis konveksinya. Dan pada akhirnya, dia mulai melebarkan sayap bisnisnya dengan mendirikan tempat belanja oleh-oleh khas Bali, mulai dari makanan, minuman, pakaian hingga pernak-pernik.

Tepatnya, Mei 2007 Ngurah Anom berhasil mendirikan Krisna, pusat oleh-oleh khas Bali. Sontak, sejak saat itu tempat belanja ini pun langsung nge-hits di kalangan wisatawan. Berkat kerja kerasnya, saat ini Krisna sudah memiliki total 10 gerai yang mampu merambah kota lainnya, seperti Tuban, Jakarta dan Surabaya.

Baca juga: 7 Kuliner Wajib Saat Berkunjung Ke Surabaya

KawanKAWN, baru saja kita ulas beberapa kisah inspiratif dari pengusaha sukses yang ada di Indonesia. Bagaimana, tertarik mengikuti jejak mereka? Yuk diskusikan di kolom komentar!