Book Cafe: Ide Bisnis Kedai Kopi sekaligus Ruang untuk Membaca

-

Book cafe adalah kedai kopi dengan konsep library. Konsep ini dinilai sebagai sebuah ide inovatif yang memadukan antara konsep membaca dengan tempat makan serta minuman. Biasanya, book cafe dimanfaatkan selain untuk berbincang atau duduk-duduk sambil baca buku, book cafe juga digunakan untuk event-event yang berhubungan dengan buku, seperti book sign, atau kumpul komunitas buku tertentu.

Book cafe sendiri memiliki desain layaknya ruang perpustakaan yang dilengkapi dengan berbagai jenis buku bacaan yang diletakkan di dalam rak-rak khusus. Ide atau konsep ini dibuat dengan harapan dan tujuan agar dapat meningkatkan minat baca di masyarakat.

Jika biasanya perpustakaan dinilai terkesan monoton dan membosankan bagi sebagian pelajar saat ini, dan mereka lebih tertarik pergi ke tempat yang up to date dan sedang tren, maka kini konsep book cafe dibuat dengan memadukan tren masa kini namun dengan ditambah ruang untuk membaca. Lantas, ada apa saja book cafe di Indonesia? Berikut ulasannya.

Baca Juga: In Picture: Minat Baca Warga Indonesi Terendah di Dunia

Book Cafe Recommendation #1: Nimna Bookcafe

Source: instagram.com/nimnabookcafe

Kafe mungil dan minimalis dengan konsep Jepang ini merupakan book cafe yang terletak di kota Bandung, Jawa Barat. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang ingin datang untuk mengerjakan tugas sekolah, pekerjaan kantor, atau hanya sekadar duduk minum kopi sambil menyelesaikan buku bacaan.

Kafe ini memiliki cukup banyak buku bacaan yang dapat dibaca oleh para pengunjung. Mulai dari komik, novel, hingga buku biografi. Konsep unik ini tak hanya diterapkan pada ruang depan saja, namun hingga interior toilet. Konsep toilet pada kafe ini aesthetic dan unik, dimana di dalamnya terdapat beberapa majalah yang dapat dibaca juga, lho!

Harga menu di sini cukup affordable, serta pilihan menu yang sangat beragam.

Alamat: Jl. Sukahaji No.126, Sukarasa, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40152

Jam operasional: Buka mulai pukul 09.00—21.00 WIB (Selasa libur)

Harga: Mulai dari Rp18 ribu—Rp64 ribu

Baca Juga: 6 TIPS AGAR KITA KECANDUAN BACA BUKU

Paper & Sip

Source: instagram.com/papernsip

Paper & Sip merupakan hidden gem yang terletak pada salah satu komplek perumahan kota Cirebon, Jawa Barat. Book cafe satu ini memiliki konsep dan desain yang unik, di mana terdapat perpaduan antara bohemian dengan vintage yang memenuhi seluruh bagian dalam kafe, sehingga memberi kesan nyaman untuk para pengunjungnya.

Menu yang ditawarkan pun cukup beragam, mulai dari berbagai jenis minuman olahan kopi dan non-kopi sampai dengan makanan camilan seperti croissant, croffle, dan juga klappertaart, tentu dengan rasa yang enak dan juga harga yang affordable. Di kafe ini juga tersedia beberapa koleksi buku bacaan seperti novel dan komik-komik jadul yang bisa bikin kamu rindu masa kecil.

Alamat: Jl. Aria Jipang No.22, Pekiringan, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45131

Jam Operasional: Buka setiap hari, mulai pukul 08.00—22.00 WIB

Harga: Mulai dari Rp 15 ribu—Rp 32 ribu

Baca Juga: Strategi Marketing yang Efektif Untuk Meningkatkan Bisnis UMKM

Kirakira Kopi

Source: instagram.com/bungafreesia

Book cafe satu ini terinspirasi dari Japanese hospitality yang terletak di Ruko Griya Loka BSD, Kota Tangerang Selatan yang wajib untuk dikunjungi, nih! Terletak tidak jauh dari Pasar Modern BSD ini memiliki area yang cukup luas dan nyaman.

Seperti pada book cafe sebelumnya, kafe ini juga memiliki koleksi buku yang dapat dibaca oleh para pengunjungnya. Namun sayangnya, koleksi buku-buku di sini tidak terlalu banyak. Untuk menu yang ditawarkan sangat bermacam-macam, mulai dari berbagai aneka minuman kopi maupun non kopi, camilan, hingga makanan berat pun tersedia.

Alamat: Ruko Griya Loka, Jl. Cemara Blok RC2 No.7 Sektor 1.1, Jl. Griya Loka Raya, Rw. Buntu, Bumi Serpong Damai, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310

Jam Operasional: Buka mulai pukul 08.00—20.00 WIB (Senin-Kamis) dan pukul 08.00—21.00 WIB (Jumat—Minggu)

Harga: Mulai dari Rp 10 ribu— Rp 50 ribu

Baca Juga: Bisnis Penjualan Produk dengan Sistem Konsinyasi, Yuk Kita Ulas!

Maraca Books and Cafe

Source: instagram.com/maracacoffee

Kalau KawanKAWN sering main-main ke Bogor, coba mampir ke bookcafe satu ini, deh. Lokasi Maraca Books and Coffee ini banyak direkomendasikan oleh mahasiswa, lho!

Lokasinya memang agak tersembunyi, Maraca Books and Coffee ini ternyata satu lokasi dengan D'Palma Guest House. Jadi, jangan bingung ketika mencarinya, ya!

Kafe satu ini memiliki dua pilihan tempat duduk, yaitu indoor dan outdoor dengan kanopi. Seperti book cafe pada umumnya, di sini juga tersedia buku-buku yang bisa kalian jadikan teman sambil ngopi. Harga makanan dan minuman yang disediakan juga bersahabat.

Alamat: Jl. Jalak Harupat No.9a, RT.05/RW.04, Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122

Jam Operasional: Buka mulai pukul 08.00-22.00 (Senin-Minggu)

Harga: Mulai dari Rp 20.000- Rp 50.000

Makan di Tebet

Source: instagram.com/bacaditebet

Siapa yang sudah pernah ke perpustakaan Baca di Tebet? Nah, KawanKAWN tahu, nggak, kalau di bagian bawah perpustakaan yang baru buka beberapa waktu lalu ini terdapat kafe yang nyaman untuk para pecinta buku, lho!

Berbagai koleksi buku dari bermacam-macam penulis tersedia di kafe ini. Tempatnya yang super nyaman dan menu makanan yang beragam, bikin betah untuk berlama-lama di sini.

Alamat: Jl. Tebet Barat Dalam Raya No.29, Tebet Barat, Kec. Tebet Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Jam Operasional: Buka mulai pukul 11.00-21.00 (Senin-Minggu)

Harga: Mulai dari Rp 50.000-Rp 100.000

Nah, jadi itulah beberapa ulasan mengenai book cafe di Indonesia yang bisa KawanKAWN kunjungi. Dengan adanya konsep book cafe ini diharapkan dapat menjadi ide bisnis yang menguntungkan dan juga sebagai ruang belajar bagi masyarakat.

Jika artikel ini bermanfaat, silakan bagikan pada kerabat dan teman-teman, ya! Sampai jumpa di artikel berikutnya!