Peluang Nasi Liwet Menjadi Bisnis yang Menjanjikan

-

Peluang. Membaca istilahnya saja, KawanKAWN pasti sudah bisa membayangkan apa yang akan kita bahas dalam artikel kali ini. Ya, betul sekali KAWN akan membahas tentang peluang usaha lagi.

Tidak bosan-bosannya KAWN memberikan banyak informasi mengenai peluang usaha bagi KawanKAWN, karena kami berkomitmen untuk menjadi portal berita serta pendamping bisnis Anda.

Baca juga: 5 Tantangan di Dunia Usaha yang Wajib Anda Tahu

Peluang usaha yang kali ini akan kami bahas yaitu maraknya tren peluang usaha yang berkaitan dengan nasi. Mengapa nasi? Pasti itu pertanyaan Anda bukan.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Licorice: Southeast Asian Market Insights, sebesar 88,4 persen masyarakat Indonesia lebih menyukai nasi dibanding makanan lainnya. Sedangkan hanya 6,8 persen masyarakat Indonesia yang menyukai mie dan 4,8 persen makanan lainnya.

Baca juga: Bisnis Frozen Food, Nikmati Cuan Melimpah Saat Pandemi Covid-19

Dengan banyaknya suku, budaya, agama yang ada di Indonesia, nasi pun memiliki banyak jenis penyajian di Indonesia. Sebut saja nasi goreng, nasi kuning, nasi uduk, nasi liwet dan banyak lagi jenis lainnya.

Nah, lebih spesifiknya, kali ini KAWN akan membahas peluang usaha nasi liwet. Salah satu makanan yang berasal dari tanah Jawa (Tengah & Barat). Mengikuti perkembangan masa, nasi liwet kini dapat disantap oleh seluruh lapisan masyarakat bahkan dari Sabang hingga Merauke.

Tingginya minat konsumsi nasi liwet ini, membuka peluang usaha bagi Anda yang hobi dalam dunia kuliner. Bagaimana besar atau kecilnya peluang usaha nasi liwet? Mari kita simak bersama-sama uraiannya.

Baca juga: Kiat Bisnis Makanan Dengan Resep Keluarga Turun Temurun

Peluang Usaha Nasi Liwet? Cari Tahu Dulu Yuk Info Tentang Nasi Liwet!

Source: Canva

Nasi liwet memang menjadi khas Provinsi Jawa Tengah & Jawa Barat (Sunda). Peluang bisnis terbuka lebar bagi Anda yang suka memasak dan memiliki relasi yang cukup banyak. Karena pembuatan nasi liwet yang cukup mudah dengan bahan-bahan yang banyak Anda temukan di pasar tradisional maupun modern.

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membuka usaha nasi liwet adalah, momen-momen seperti apa yang seharusnya menjadi peluang bagi nasi liwet untuk dijajakan. Setelah itu, jika Anda memutuskan untuk membuka outlet, perhatikan lokasi outlet yang strategis seperti di pasar modern ya.

Peralatan memasak yang banyak juga tidak boleh luput dari perhatian Anda. kemudian. Yang terakhir adalah lauk pauk serta sayur mayur pelengkap untuk nasi liwet yang Anda jual juga harus beragam agar konsumen memiliki banyak pilihan sebelum membeli ya.

Baca juga: Melirik Usaha Nasi Goreng, Segini Perhitungan Modal dan Keuntungan yang Didapatkan

Peluang Menggaet Konsumen Nasi Liwet

Source: Canva

Peluang bisnis nasi liwet mempunyai target pasar yang sangat luas. Sebabnya adalah nasi liwet memiliki rasa khas gurih, nikmat dan bisa dikonsumsi oleh segala usia. Harga yang ditawarkan pun terjangkau, sehingga banyak kalangan yang bisa menikmati nasi liwet ini.

Nasi liwet kini tidak saja untuk konsumsi harian seperti sarapan, makan siang maupun makan malam saja. Namun, nasi liwet beserta lauk pauknya bisa dinikmati saat momen apapun. Sebut saja untuk momen gathering perkantoran, acara keluarga, komunitas dan lain sebagainya.

Baca juga: Tips Mendapatkan Pelanggan Setia Untuk Bisnis Anda

Peluang Memasarkan Nasi Liwet

Source: Canva

Poin terakhir ini, bisa Anda pelajari sesuai dengan target pasar nasi liwet Anda. Misal, target pasar Anda adalah konsumen retail, maka Anda perkuat metode pemasaran word of mouth atau berdasarkan testimoni antar pelanggan. Ruang lingkupnya bisa berawal dari keluarga, tetangga, kerabat dan kawan-kawan.

Kemudian, jika ingin memperluas target pasar, Anda bisa memanfaatkan media sosial loh. Sebut saja, Instagram dan Facebook. Calon pelanggan dapat dengan mudah melihat varian nasi liwet yang Anda jual beserta testimoni dari para pelanggan. Anda semakin berminat membuka usaha nasi liwet?

Baca juga: Strategi Memperluas Pangsa Pasar

Demikianlah pembahasan tentang peluang usaha nasi liwet. Terima kasih karena KawanKAWN selalu membaca artikel seputar inspirasi bisnis di halaman kawn.co.id. Pastikan Anda menjadikan aplikasi kasir KAWN sebagai pendamping bisnis Anda ya.

Sampai jumpa dan salam sukses. Usahawan? Ya Pakai KAWN!