Buah Lokal Khas Indonesia Menjadi Komoditi Ekspor. Anda Sudah Tahu?

-

Buah lokal memang seringkali kita dengar. Bahkan, banyak orang yang mengira buah lokal itu sama saja dengan buah pada umumnya. Tapi, apakah Anda tahu maksud dari buah lokal itu apa?

Baca juga: 5 Minuman Sehat yang Mudah Dibuat

Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang buah lokal khas Indonesia, tahukah Anda pada tanggal 1 Juli diperingati sebagai Hari Buah Sedunia? Mungkin terdengar aneh, namun hari buah diperingati setiap tahunnya dengan tujuan untuk menyeimbangkan nutrisi serta pola hidup Anda agar sehat. Seperti motto hari buah sedunia tahun ini yaitu “create change together” yang berarti “buat perubahan bersama” dengan semangka sebagai maskotnya.

Baca juga: Sayuran Hijau: Kenali Jenis, Nutrisi Serta Manfaatnya Bagi Tubuh

Di momen pandemi saat ini, banyak orang yang merubah gaya hidup dan memperbaiki asupan makanan. Salah satunya dengan rutin mengonsumsi buah. Karena buah memiliki banyak kandungan gizi serta vitamin yang dapat menyehatkan tubuh.

Ngomong-ngomong, jenis buah apa yang Anda beli? Buah lokal atau buah impor? Keduanya memang sama-sama menyehatkan. Tapi, tahukah Anda faktanya buah lokal khas Indonesia menjadi komoditi ekspor di beberapa negara tetangga. Anda enggak percaya? Kita simak penjelasan berikut yuk.

Baca juga: Jus Buah, Temukan Ragam Manfaat Kesehatan Didalamnya

Buah Lokal, Durian

Source: canva

Dijuluki king of fruit, dari segi ukuran yang besar hingga aroma yang khas. Durian sendiri pertama kali ditemukan di Sumatera dan Kalimantan. Dengan penikmat durian yang sudah tersebar di nusantara.

Meski aromanya yang menyengat, buah lokal khas Indonesia ini sudah diekspor ke negara tetangga seperti Hongkong, China, Malaysia, Thailand, Vietnam hingga Timur Tengah. Infonya di Thailand sendiri, durian berhasil dikembangbiakkan menjadi 300 varietas durian.

Baca juga: Kebijakan Ekspor Menjadikan Neraca Perdagangan Durian Surplus

Manggis

Source: canva

Buah lokal berikutnya memiliki rasa manis, berkulit ungu dan berwarna putih daging buahnya. Tahukah Anda, jika durian dijuluki king of fruit maka manggis dijuluki queen of fruit? Tidak mengherankan karena infonya Ratu Victoria Inggris pun sangat menyukai buah satu ini.

Memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, buah lokal khas Indonesia ini dijual ke Jepang, Tiongkok, Hongkong, dan negara tetangga lainnya. Di Indonesia sendiri, daerah penghasil manggis diantaranya Tasikmalaya, Subang, Sawahlunto, dan Purwakarta.

Baca juga: Amazing! Ini 12 manfaat buah manggis untuk kesehatan tubuh

Salak

Source: canva

Buah lokal satu ini memiliki kulit bersisik sehingga di luar negeri sering disebut snake fruit. Dengan rasa yang manis dan terkadang asam, salak biasanya dapat Anda temukan di daerah Jawa dan Sumatera.

Salak sendiri memiliki kandungan fosfor, kalsium, vitamin A, kalium dan banyak lagi lainnya. Meski di Indonesia salak tidak menjadi buah favorit, namun di negara Malaysia dan Thailand, salak justru dikembangbiakkan dengan sangat baik loh.

Baca juga: Meramu Buah Salak Jadi Bisnis Beromzet Puluhan Juta per Bulan

Belimbing

Source: canva

Buah lokal ini sering disebut buah bintang atau starfruit. Memiliki kandungan air yang cukup banyak, sehingga belimbing sangat bisa untuk dikonsumsi secara langsung.

Belimbing Indonesia sendiri sudah sangat familiar di beberapa negara, diantaranya Brasil, Ghana, Peru, dan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Apakah Anda tahu, manisan buah belimbing ternyata sangat nikmat? Pokoknya harus coba ya.

Baca juga: Peluang Usaha Sirup Belimbing dan Analisa Usahanya

Duku

Source: canva

Buah lokal berikutnya ini biasanya kita temukan di pinggir jalan selama musimnya tiba, dengan label “Duku Asli Palembang”. Benar gak nih KawanKAWN?

Duku sendiri memang berasal dari Asia Tenggara bagian barat, dan khususnya di Indonesia tumbuh subur di provinsi Sumatera Selatan. Duku memiliki manfaat untuk mencegah sembelit, obat anti malaria, antibakteri dan lain sebagainya.

Baca juga: D U K U

Cempedak

Source: canva

Berwujud seperti Nangka, berbau lebih menyengat, berukuran lebih kecil, siapa sangka buah cempedak adalah buah asli Indonesia. Banyak masyarakat beranggapan bahwa cempedak gabungan antara nangka dan durian. Setujukah Anda?

Cempedak tumbuh di sepanjang pulau Sumatera hingga Papua. Beragam khasiat dimiliki buah ini, diantaranya menyehatkan sistem pencernaan, mengobati otot kram & kaku, serta menyehatkan tulang & gigi.

Baca juga: Mandai, Kuliner Unik Kalimantan dari Kulit Cempedak

Nah, itulah tadi beberapa buah lokal khas Indonesia yang manfaatnya tidak kalah dengan buah impor kan. Dan yang paling mengesankan lagi, buah-buah lokal kita ternyata memiliki nilai jual di beberapa negara tetangga. Hitung-hitung kita ikut menyejahterakan petani buah lokal kan?

Ikuti terus artikel menarik di website KAWN seputar bisnis, inspirasi dan teknologi lainnya. Aplikasi kasir KAWN, satu harga untuk berbagai fitur bisnis Anda. Semangat UMKM!