Berencana Travelling ke Jepang? Yuk, Mari Bekali Pengetahuan Kuliner Khas Jepang

-

Mungkin Anda dapat menjawab dengan mudah, jika diberi challenge menyebutkan hal apa saja yang menjadi ciri khas tentang Negara Jepang? Selain anime dan bunga sakura, Jepang sangat kental dengan kebudayaannya, seperti baju kimono, budaya minum teh dan yang tidak kalah unik adalah seni melipat kertas atau yang biasa disebut origami. Namun dari itu semua, Anda jangan mengesampingkan ragam kuliner khas Jepang, karena negara asal kartun Doraemon ini sangat terkenal dengan kuliner khasnya yaitu sushi.

Baca Juga : Bagi Pecinta Drama Korea, Wajib Tau Makanan Khas Korea Selatan Selain Kimchi!

Jika Anda berencana untuk travelling ke Jepang, ada baiknya Anda bekali dengan pengetahuan kuliner khas negara tersebut. Karena sangat banyak kuliner khasnya yang perlu Anda ketahui agar Anda tidak perlu pusing lagi untuk memilih kuliner yang cocok dengan selera Anda. Secara umum, kuliner khas Jepang merupakan makanan yang menyehatkan karena mengandung protein tinggi, rendah kalori, dan mengandung zat-zat gizi yang penting untuk tubuh. Pada prinsipnya masakan Jepang dibuat dengan tidak terlalu banyak bumbu dan tidak memakan banyak waktu saat memasaknya, hal ini sangat bertolak belakang dengan makanan khas India yang kaya akan bumbu rempah-rempah.

Baca juga : 5 Hidangan Terenak Khas Negeri Bollywood

Lantas, kuliner khas apa saja sih yang perlu Anda ketahui jika berencana travelling ke Negeri Sakura tersebut? Melansir dari Japancentre.com, berikut kuliner khas Jepang yang wajib Anda ketahui.

Sushi

Sushi merupakan kuliner khas Jepang paling unik, terkenal dan memiliki cita rasa paling enak. Kuliner yang satu ini terdiri dari sayuran dan ikan yang cenderung mentah dan dibalut dengan gulungan nasi putih. Sushi memiliki rasa yang masam dengan tekstur yang lembut. Hal ini dikarenakan sushi dibumbui oleh campuran cuka, gula dan garam. Selain memiliki cita rasa yang lezat, sushi mengandung gizi yang sangat tinggi. Tak heran jika makanan ini menjadi salah satu makanan terenak di dunia.

Baca juga : 5 Fakta Paling Menarik Tentang Sushi yang Harus Anda Ketahui

Okonomiyaki

Okonomiyaki juga termasuk kuliner khas Jepang yang sudah populer dengan rasa yang sangat lezat. Untuk membuat sajian kuliner khas Jepang yang satu ini sebenarnya sangat sederhana, Anda hanya perlu membuat telur omelette lalu tambahkan irisan daging sapi, ayam, sayuran, dan seafood.

Baca juga : Seperti Apa Okonomiyaki Ala Osaka dan Hiroshima di Jakarta?

Selain lezat, okonomiyaki juga mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi, karena terdapat banyak sayuran di dalamnya, seperti kubis, wortel, daun bawang bahkan tomat. Jika Anda sedang travelling di Jepang, biasanya kuliner ini disajikan bersama sake.

Katsu

Katsu adalah daging yang dicampur dengan bumbu-bumbu yang dilapisi tepung panir atau tepung tempura yang cara memasaknya digoreng hingga keemasan. Bagian luarnya yang renyah terasa kontras dengan bagian dalam yang juicy dan sangat gurih.

Baca juga : Selain Chicken Katsu, Ada Beragam Katsu yang Renyah

Katsu asli Jepang sebenarnya dibuat dari daging babi. Namun seiring berkembangnya wisata negara Jepang, bahan utama katsu semakin beragam karena semakin banyak macam orang datang ke Jepang dengan selera yang berbeda. Jadi, saat ini katsu bisa menggunakan daging ayam, ikan, ataupun daging sapi.

Takoyaki

Kuliner khas Negeri Sakura ini merupakan makanan ringan yang cukup populer di Indonesia. Bahkan  untuk bisa mencoba takoyaki ini Anda tidak perlu harus berkunjung ke restoran Jepang yang ada di Indonesia, karena sudah banyak kedai kaki lima yang menjajakan takoyaki ini.

Baca juga : Icip-icip Takoyaki Khas Jepang di Gindaco Alam Sutera

Takoyaki adalah makanan ringan berbentuk bola yang terbuat dari tepung terigu yang dipanggang diatas cetakan. Beragam isian dari takoyaki yang biasa digunakan, mulai dari gurita, udang, ikan tuna hingga lelehan keju.

Ramen

Jika Anda pernah menonton animasi naruto pasti tidak asing dengan menu satu ini. Ramen merupakan kuliner khas Jepang berupa masakan mie yang disiram kuah gurih dengan tambahan daging dan sayuran. Penduduk lokal Jepang sendiri menyebut ramen sebagai chuka soba atau shina soba karena soba dalam bahasa Jepang memiliki arti ‘mie’. Sepertinya, kuliner ini wajib ada dalam list saat Anda traveling menjelajah Negeri Sakura.

Sashimi

Kuliner Jepang ini menjadi salah satu kuliner yang mencerminkan budaya orang Jepang yang suka mengkonsumsi makanan mentah dan segar, karena sashimi adalah kuliner khas Jepang yang disajikan tanpa dimasak. Kuliner ini biasa berupa potongan ikan segar, seperti ikan salmon dan tuna yang dinikmati dengan dengan saus kedelai, wasabi, dan irisan jahe. Pada saat Anda travelling di Jepang Anda dapat menikmati sashimi di banyak tempat dengan tingkat kesegaran ikan yang berbeda-beda.

Baca juga : 4 Alasan Orang Jepang Suka Mengonsumsi Daging Mentah

Gyoza

Apakah Anda merasa tidak asing dengan Gyoza? Gyoza merupakan jenis kuliner Jepang yang isinya terdiri dari udang, daging sapi atau daging babi dengan tambahan sayuran yang dibungkus lembaran tepung terigu. Makanan ini bisa dibilang mirip pangsitnya orang Indonesia, namun bedanya kulit gyoza lebih tebal dari pangsit biasa. Adonan gyoza biasanya dimasak dengan dibumbui garam dan direbus dalam wadah khusus.

Onigiri

Sederhananya, kuliner ini adalah nasi kepal versi Negara Jepang. Karena cara memakan kuliner ini dirasa cukup praktis dan bisa langsung dimakan, pantas saja kalau onigiri merupakan salah satu makanan yang sering dijadikan bekal saat bepergian.

Baca juga : 5 Fakta Seputar Onigiri, Nasi Kepal yang Cocok untuk Bekal Praktis

Seperti namanya nasi kepal, onigiri memang dibuat dengan cara dikepal dengan isian sesuai selera. Anda bisa membuat onigiri dengan isian seperti salmon, ayam, telur ikan, tuna. Setelah di kepal onigiri ini dibungkus dengan nori atau rumput laut kering.

Dorayaki

Jangan menganggap diri Anda penggemar serial kartun doraemon, jika Anda tidak tahu dengan kuliner ini, karena kuliner ini sering sekali muncul dalam serial anime tersebut. Umumnya, dorayaki berbentuk bulat yang adonannya mirip seperti pancake. Keunikan dari kue ini terletak pada isiannya yang khas, yakni berisi kacang merah. Namun di Indonesia sendiri, beragam isian yang diaplikasikan pada kuliner ini, seperti keju, coklat dan susu.

Baca juga : Dorayaki Kue Khas Jepang yang Sejarahnya Ternyata Mengharukan, Penasaran?

Yakiniku

Kuliner khas Jepang ini biasa disajikan dengan cara dipanggang, karena seperti yang kita tahu kalau yakiniku merupakan jenis hidangan barbeque ala Jepang. Yakiniku memiliki isian bervariasi, mulai dari daging sapi, seafood atau bahkan daging babi. Jika Anda sedang travelling di Jepang, ada beberapa rekomendasi restoran untuk berpesta yakiniku, salah satunya adalah Osaka Kobe Beef Steak Gyuichi.

Baca juga : Jangan Sampai Keliru, Ini Dia 5 Perbedaan Antara Yakiniku dan Teriyaki

Sebelum proses pemanggangan, seluruh bahan harus dicelupkan ke dalam saus unik bernama niku tare. Saus ini dibuat dari campuran sake, kecap asin, wijen, gula dan bawang putih. Sedangkan untuk daging biasanya dibentuk menjadi segi empat dan ditusuk seperti sate dengan tusukan dari logam.


Sebenarnya masih banyak sekali kuliner khas negeri matahari terbit yang unik dan selalu bikin penasaran untuk dicoba. Kuliner khas Jepang memang sudah banyak sekali dan dapat dengan mudah kita temui di Indonesia ini, namun tidak ada salahnya jika Anda menikmati kuliner tersebut langsung di negeri asalnya. Nah, dari 10 makanan tersebut mana yang menjadi favorit Anda? Silahkan tulis di kolom komentar ya!