Repeat Order Penting dalam Berbisnis? Yuk Kenali Cara Meningkatkannya!

-

Repeat order menjadi salah satu komponen penting saat menjalankan bisnis, baik itu bisnis offline maupun online. Ada dua kondisi yang kerap dirasakan bagi banyak pebisnis. Pertama, jika bisnis Anda kebanjiran pesanan, artinya tingkat repeat order bisnis Anda cukup tinggi.

Baca juga: 7 Trik Memanfaatkan Media Sosial untuk Tingkatkan Penjualan

Namun sayangnya, banyak pula pebisnis yang ditinggalkan konsumen pada saat pembelian pertamanya. Itu artinya, tingkat repeat order pada bisnisnya masih sangatlah rendah.

Disadari atau tidak, repeat order memegang peranan penting dalam meningkatkan profit penjualan. Lantas, apa itu repeat order? Mengapa repeat order sangat penting dalam berbisnis? Dan bagaimana cara meningkatkannya?

Untuk menjawab pertanyaan itu semua, yuk kita ulas satu persatu. Disadur dari berbagai sumber, berikut pemaparannya;

Apa sih Repeat Order?

Sebelum kita ulas lebih jauh, ada baiknya jika tahu dahulu apa itu repeat order. Secara definitif, repeat order adalah pembelian berulang atas suatu produk. Jika dijabarkan, repeat order merupakan suatu kondisi dimana seorang konsumen melakukan pembelian ulang atau melakukan transaksi pada suatu produk yang sama pada toko yang sama pula.

Seberapa Pentingnya Repeat Order Dalam Berbisnis?

Bukan hanya mampu meningkatkan profit di masa mendatang. Repeat order juga menjadi salah satu komponen atau tolak ukur kepuasan pelanggan terhadap suatu produk.

Baca juga: Kepuasan Pelanggan dan Cara Tepat Untuk Meningkatkannya

Selain itu, adanya repeat order juga menandakan jika bisnis telah memiliki seorang pelanggan yang loyal. Sehingga, Anda memiliki kesempatan untuk membangun hubungan jangka panjang yang baik dengan pelanggan Anda.

Manfaat yang tidak kalah pentingnya adalah dapat memangkas biaya pemasaran. Pasalnya, alih-alih mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan pemasaran dengan target konsumen-konsumen baru. Anda bisa memangkas budget pemasaran saat Anda sudah mendapat konsumen yang secara konsisten melakukan repeat order.

Tips Untuk Meningkatkan Repeat Order

Kita semua menyadari begitu pentingnya repeat order terhadap sebuah bisnis. Karena hal itulah, banyak pebisnis yang menjalankan berbagai strategi untuk meningkatkan terus repeat order dari pelanggan-pelanggannya. Dan berikut tips yang bisa Anda jalankan.

  1. Selalu Berikan Produk dan Layanan yang Berkualitas

Perlu Anda ketahui, jika berbisnis atau menjual sesuatu tidak melulu soal mengejar untung lho! Namun juga bagaimana caranya membuat konsumen merasa puas.

Pasalnya, konsumen yang puas tidak akan segan-segan kembali untuk membeli produk Anda kok! Dan tentunya konsumen akan enggan berpindah kepada kompetitor Anda.  Jadi, pastikan Anda selalu memberikan yang terbaik kepada konsumen Anda, baik itu dari segi produknya maupun pelayanannya.

Baca juga: Pentingnya Pelayanan Terbaik untuk Kepuasan Pelanggan

2. Buat Loyalty Program

Cara efektif lainnya dalam mendorong konsumen untuk melakukan repeat order adalah dengan menjalankan loyalty program.  Penting untuk dicatat loyalty program merupakan program membership atau program keanggotaan pelanggan yang bertujuan untuk menawarkan berbagai reward yang menguntungkan bagi pelanggan. Tujuannya jelas, yakni untuk menjaga loyalitas pelanggan dan meningkatkan volume penjualan dengan melakukan repeat order.

Baca juga: Cara Efektif Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

3. Berikan Penawaran Menarik

Repeat order memang tidak terjadi begitu saja. Selain faktor kebutuhan dari sang konsumen, Anda perlu memberikan semacam trigger untuk membangkitkan minat belanjanya. Salah satunya dengan memberikan penawaran yang menarik.

Pada poin ini, ada beberapa cara yang bisa Anda coba, mulai dari memberikan diskon kepada loyal customer, promo buy 1 get 1 hingga memberikan layanan gratis ongkir bagi online shop. Nah, kira-kira mana yang ingin Anda coba?

Baca juga: Terapkan 5 Jenis Diskon ini, Dijamin Konsumen Bakal Happy

4. Tampung Feedback dari Konsumen untuk Bahan Evaluasi

Cara lainnya untuk meningkatkan repeat order adalah dengan menampung segala feedback dari konsumen. Pasalnya, feedback yang diberikan konsumen, bisa menjadi bahan evaluasi untuk membuat perubahan-perubahan yang tentunya dibutuhkan konsumen. Dan pastinya, repeat order pasti saja bisa terjadi!

Baca juga: Ketahui Pentingnya Feedback Pelanggan Terhadap Perkembangan Bisnis Online Shop Anda

5. Terapkan Customer Relationship Management

Last but not least, Anda wajib menjaga hubungan baik konsumen dengan menerapkan strategi customer relationship management (CRM). Perlu Anda ketahui, CRM dapat membantu bisnis dalam menjaga dan meningkatkan hubungan baik yang cukup lama dengan konsumen akan mendorong pertumbuhan bisnis yang berujung melakukan repeat order di kemudian hari.

Baca juga: CRM dan Manfaatnya Terhadap Bisnis F&B

KawanKAWN, bagaimana? Sekarang jadi paham kan tentang repeat order. Oh iya, jika ada pertanyaan seputar repeat order maupun aplikasi kasir online KAWN, silahkan tulis di kolom komentar ya. Dan, bagi KawanKAWN yang memiliki usaha dan ingin mencoba free trial aplikasi kasir online KAWN selama 15 hari, silahkan klik disini!

Sampai jumpa, silahkan ditunggu artikel selanjutnya!