6 Hal yang Harus Anda Siapkan Sebelum Memulai Usaha Jus Buah

-

Minum jus buah sangat dianjurkan untuk dikonsumsi semua orang, pasalnya, kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di dalam buah sangatlah baik untuk tubuh manusia. Dengan berbagai manfaat yang terkandung di dalam jus buah, banyak orang memilih mengkonsumsinya setiap hari. Ada yang memilih bikin sendiri, banyak juga yang membelinya langsung ke pedagang jus buah.

Baca juga : 5 Usaha Minuman Kekinian

Mengingat banyaknya permintaan dan target pasar yang cukup luas, tentunya membuat minuman olahan berbahan dasar buah ini menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan. Berikut beberapa kelebihan jika Anda mencoba usaha jus buah :

a. Pangsa Pasar yang Cukup Luas

Tidak memandang umur dan status sosial, mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang tua suka minum jus buah. Jadi Anda jangan takut akan menderita kerugian, karena pasarnya yang luas dan permintaannya selalu ada.

b. Modalnya Kecil

Membuka usaha jus buah tidak seperti usaha kuliner lainnya yang butuh modal banyak, dengan modal minim pun Anda sudah bisa berjualan. Kenapa minim? Karena alat-alat yang dibutuhkan sedikit dan space untuk usahanya bisa dilakukan di mana saja.

Baca juga : 5 Bisnis F&B dengan Modal 10 Juta aja, Wajib dicoba!

c. Lokasi usaha jus buah tidak membutuhkan lapak yang luas

Lokasi usaha menjadi salah satu indikator utama dalam memulai bisnis. Kalau lapaknya sesuai tentu bisa mendatangkan banyak keuntungan untuk penjualnya. Kelebihannya adalah Anda tidak perlu mempersiapkan lapak yang mewah dan luas. Cukup bermodalkan gerobak atau kios di pinggir jalan sepertinya sudah cukup untuk memulai usaha  jus buah.

d. Mudah Dijalankan

Jus buah merupakan salah satu minuman olahan buah yang proses pembuatannya sangat mudah. Bahkan semua orang bisa saja untuk membuatnya. Caranya sangat mudah, Anda cukup siapkan buahnya, lalu diblender bersama es batu lalu campurkan gula dan susu.

Baca juga : 5 Bisnis yang Cocok untuk Pemula

Jadi, setelah Anda melihat analisa keunggulan usaha jus buah yang sudah KAWN rangkum, apakah Anda tertarik untuk membuka usaha jus buah ini? jika Anda tertarik untuk mencobanya, kali ini KAWN akan mengulas tentang apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memulai usaha jus buah.

Siapkan Pemasok Bahan Baku  

Hal pertama yang harus Anda persiapkan dalam menjalankan usaha jus buah adalah mencari pemasok bahan baku utamanya, dalam hal ini adalah buah-buahan. Dalam mencari pemasok bahan baku pun terbilang susah-susah gampang, bukan hanya mencari buah dengan kualitas baik, namun juga perlu diperhatikan dari segi harganya, karena hal ini juga yang akan menentukan keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Baca juga : 4 Cara Memulai Bisnis F&B

Buat Brand Usaha Jus Buah Anda

Setelah Anda sudah mendapatkan pemasok bahan baku  yang cukup baik, hal yang tidak kalah penting adalah menentukan nama brand pada usaha Anda. Brand bukan sekedar merek dagang, namun juga bagaimana konsep dari usaha Anda.

Baca juga : Strategi ampuh membangun merek di bisnis kuliner

Awalnya tentukan target pasar dan konsep usaha Anda, dengan melakukan ini, Anda sudah bisa melanjutkan dengan menentukan logo usaha, packaging, warna dan lain sebagainya. Hal ini bisa juga menjadi identitas usaha Anda.

Baca juga : Pentingnya Logo Dalam Pemasaran Produk

Tentunya tujuan dengan membangun brand usaha Anda adalah agar orang-orang dapat mengenal dan mengingat usaha Anda. Brand tidak boleh dipilih asal-asalan dan harus tepat sasaran, sebaiknya lakukan riset sebelum Anda menentukan brand untuk usaha Anda.

Tentukan Lokasi dan Siapkan Tempat Usaha

Penentuan lokasi dalam sebuah usaha sangatlah penting. Sebab ini akan mempengaruhi penjualan usaha jus buah anda. Untuk itu pilihlah lokasi yang strategis seperti di pinggir jalan yang ramai dan mudah dijangkau. Selain itu bisa juga di tempat-tempat yang banyak orang berkumpul seperti sekolah, kampus, taman kota, tempat rekreasi, dekat perkantoran, perumahan padat penduduk dan lainnya. Dengan begitu usaha jus buah anda akan lebih mudah dijangkau setiap orang dan berpotensi mendatangkan banyak pembeli.

Setelah Anda sudah menentukan lokasi, kemudian hal berikutnya adalah siapkan tempat usaha jus buah Anda. Siapkan tempat usaha yang sesuai dengan budget dan konsep dari usaha Anda, seperti booth kaki lima atau kios permanen.

Inovasi Rasa

Usaha dibidang kuliner seperti usaha jus buah memang sebagai usaha yang tak akan pernah mati. Meski begitu, Anda pun harus tetap melakukan inovasi baru agar tidak ditinggalkan oleh pelanggan setia Anda. Terlebih lagi dalam menyasar calon pembeli baru. Untuk hal ini Anda bisa melakukan berbagai inovasi jus buah yang menarik dan berbeda dari kompetitor.

Misalnya jus untuk kesehatan, jus untuk konsumen yang menjalani diet dan sebagainya. Kemudian selain Anda berinovasi dengan rasa, jangan lupakan dari segi tampilannya, tampilan ini bisa dengan kemasan yang unik dan menarik.

Siapkan Peralatan dan Perlengkapan Serta Sistem penunjang Usaha Jus Buah

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan peralatan dan perlengkapan untuk menunjang usaha jus buah anda, seperti blender, gelas kemasan, sedotan, plastik, serta peralatan yang dibutuhkan lainnya. Ada baiknya, jika gelas kemasan diberi logo brand usaha jus buah Anda, karena hal ini merupakan salah satu media untuk mempromosikan usaha jus buah Anda.

Selain itu, hal yang tidak kalah pentingnya adalah dengan memanfaatkan peran teknologi untuk menunjang kelancaran usaha Anda. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan aplikasi KAWN yang dapat memudahkan pencatatan penjualan, pencatatan stok bahan baku, dan lain-lain. Aplikasi kasir online KAWN hadir dengan fitur yang sangat cocok untuk menunjang usaha jus Anda, untuk menikmati free trial 30 hari, cukup klik disini ya!

Baca juga : 5 Alasan Bisnis F&B Kamu Perlu Menggunakan Kasir Online

Melakukan Pemasaran

Langkah terakhir dalam mempersiapkan usaha jus buah Anda adalah melakukan pemasaran. Karena melakukan pemasaran sangatlah penting untuk memperkenalkan usaha jus buah Anda kepada konsumen.

Anda bisa melakukan berbagai hal untuk mempromosikan usaha Anda, misalnya Anda bisa menggunakan media sosial untuk melakukan promosi, mencetak brosur atau banner, bahkan bisa dari mulut ke mulut. Semakin gencar Anda memasarkan maka semakin besar pula kemungkinan konsumen akan datang.

Baca juga : 5 Cara Melakukan Promosi Online untuk Bisnis F&B

Itulah beberapa langkah-langkah yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai usaha jus buah. Menjalankan usaha jus buah memang cenderung tidak begitu sulit, namun perlu ketekunan dalam menjalankannya.

Artikel ini sifatnya feel free to discuss ya! jadi, jika Anda ada pertanyaan seputar usaha jus buah atau seputar aplikasi kasir online KAWN, silahkan tulis di kolom komentar ya!