Wisata Kuliner Malam Di Kebayoran Baru, Anak Selatan Wajib Coba Nih!

-

Wisata kuliner merupakan satu aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan siapa saja dan dimana saja. Terlebih di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Makassar atau Medan. Sudah barang tentu, kota-kota tersebut menyajikan berbagai macam spot wisata kuliner menarik yang bisa Anda sambangi.

Baca juga: Horas! Jangan Ngaku Cinta Medan Kalau Belum Coba 5 Jajanan ini

Spot wisata kuliner biasanya menghadirkan banyak kedai dengan berbagai macam hidangan yang menarik untuk dicoba. Jalan Suryakencana, Kota Bogor misalnya, kawasan ini menjadi surganya kuliner bagi para pelancong. Hidangannya pun beragam, selain menyajikan kuliner khas Kota Bogor, banyak juga chinese food yang bisa Anda coba, seperti lomie, ngohiang atau kue keranjang.

Baca juga: Main ke Pecinan Bogor? Wajib Coba 5 Chinese Food ini

Bukan hanya Bogor, Jakarta sebagai Ibukota Indonesia juga tidak mau ketinggalan menyajikan banyak lokasi untuk berwisata kuliner. Bahkan, jika berbicara pada aspek kuliner, mungkin saja Jakarta bisa mengungguli dari semua kota di belahan Indonesia lainnya.

Pasalnya, di Jakarta sendiri banyak sekali lokasi wisata kuliner yang tersebar di 5 penjuru Jakarta. Sebut saja, kawasan Glodok yang ada di Jakarta Barat, atau kawasan Kelapa Gading yang berada di Jakarta Utara.

Akan tetapi, selain yang disebutkan diatas, wisata kuliner juga asyik sekali dilakukan di Jakarta Selatan, salah satunya ada di kawasan Kebayoran Baru. Sudah sejak lama, kawasan Kebayoran Baru menjadi tujuan wisata kuliner serta hangout malam bagi anak muda Jakarta Selatan.

Lantas, apa saja daftar wisata kuliner malam di Kebayoran Baru yang menarik untuk di sambangi? Dikutip dari beberapa sumber, yuk kita bahas. Anak Jaksel, check this out!

Wisata Kuliner Malam Di Pelataran Blok M Square

Sejak dahulu kawasan Blok M memang dikenal sebagai pusatnya tempat hangout dan wisata kuliner bagi warga Jakarta Selatan. Pasalnya, kawasan ini menyajikan berbagai tempat menarik untuk dikunjungi, mulai dari restoran, kafe, pusat perbelanjaan, taman hingga pusat hiburan.

Sebagai salah satu mall tersohor di kawasan ini, bagian pelataran Blok M Square menyajikan berbagai macam kuliner malam yang bisa Anda cicipi. Menariknya, meski masih satu kawasan dengan mall, penjaja kuliner disini berkonsep kaki lima dengan settingan duduk secara lesehan.

Menunya pun sangat beragam, namun makanan yang dijual lebih kepada hidangan rumahan ala masakan ibu-ibu rumah tangga. Beberapa diantaranya, balado telur, oseng kikil, aneka bacem, ikan goreng, ayam goreng serta gudeg khas Jogjakarta.

Baca juga: Kuliner di Kota Yogyakarta yang Wajib Anda Kunjungi

Wisata kuliner disini hanya bisa dilakukan di malam hari. Disaat banyak kios-kios di pelataran Blok M Square sudah menutup lapaknya, barulah penjual makanan membuka lapaknya.

Alamat: Jl. Melawai, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan

Buka: Setiap hari, mulai pukul 18.00 - 00.00 WIB

Kisaran harga: Mulai Rp 20.000 per orang

Kuliner Malam Hits Di Kawasan Blok M: Gultik

Masih di sekitar Blok M, namun sedikit bergeser ke Jalan Mahakam Raya, di kawasan ini terdapat kuliner malam yang menarik sekali untuk dicicipi, yakni gultik. Gultik sendiri merupakan akronim dari gulai tikungan.

Mengapa demikian? Usut punya usut, ternyata penamaan tersebut berlandaskan dari lokasi penjaja kuliner ini yang berada di tikungan jalan.

Gultik merupakan olahan daging sapi dengan kuah gulai, yang disajikan bersama nasi putih dan taburan bawang goreng. Untuk rasanya, dijamin lezat dan pastinya Anda tidak cukup jika hanya mengonsumsi 1 porsi.

Kawasan ini sangat ramai jika malam saat akhir pekan. Dimana, banyak sekali muda-mudi yang menghabiskan weekend-nya dengan nongkrong di kawasan ini.

Alamat: Jl. Mahakam Raya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Buka: Setiap hari, mulai pukul 18.00 - 03.00 WIB

Kisaran harga: Mulai Rp 15.000 per orang

Sajian Seafood Lezat Tak Terbantahkan Di Seafood 68 Pasar Santa

Satu lagi kuliner malamnya orang Kebayoran Baru yang tidak boleh dilewatkan, yakni Seafood 68 yang berada di Pasar Santa. Pasar Santa yang dulunya dikenal sebagai pasar tradisional saja. Kini pandangan itu sudah sedikit bergeser, karena tata kelola pasar yang menjadikannya sebagai hangout area-nya anak jaksel.  

Baca juga: Rekomendasi Tempat Makan di Pasar Santa yang Terjangkau

Dilansir kawn.co.id, Seafood 68 merupakan salah satu kedai seafood di Jakarta yang wajib untuk dikunjungi. Karena rasanya yang lezat dan pilihan menu yang begitu melimpah, membuat kedai seafood yang mulai buka pukul 17.00 WIB ini selalu ramai dipenuhi pengunjung. Bahkan, tak jarang artis-artis ibukota menyempatkan mampir ke kedai satu ini.  

Beberapa menu andalannya, mulai dari kepiting saus padang, aneka ikan bakar, cumi goreng tepung, udang goreng mentega, hingga cah kangkung. Selain itu, otak-otak bakar menjadi salah satu side dish yang tidak boleh terlewatkan.

Alamat: Pasar Santa, Jl. Wolter Monginsidi No. 58, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Buka: Setiap hari, mulai pukul 17.00 - 00.00 WIB

Kisaran harga: Mulai Rp 25.000 per orang

Santap Malam dengan Seporsi Bubur Ayam Barito

Anak jaksel boleh saja berbangga hati. Pasalnya, di tempat mereka tinggal terdapat banyak sekali kawasan wisata kuliner yang menarik dan tentunya sangat menggugah selera.

Salah satunya kawasan Barito yang ada di Kebayoran Baru. di kawasan Barito, tepatnya di Jalan Gandaria Tengah III terdapat kedai bubur ayam yang sudah melayani hasrat lapar para penggemarnya sejak tahun 1992.

Di lokasi ini bukan hanya terdapat kedai bubur ayam saja. Layaknya sebuah pujasera, lokasi ini juga menyajikan berbagai macam penjual makanan yang menarik juga untuk dicoba. Akan tetapi, Bubur Ayam Barito menjadi primadona di antara yang lainnya.

Berbeda dengan bubur ayam pada umumnya. Bubur Ayam Barito menawarkan sajian bubur dengan topping yang lengkap dengan porsi yang melimpah ruah, mulai dari tongcai, bawang goreng, daun seledri, cakwe, taburan ayam hingga stik keju. Mungkin karena inilah, Bubur Ayam Barito selalu menjadi buruan warga Jakarta Selatan dan sekitarnya.

Menariknya, bubur ayam disini bisa disajikan juga dengan kuning telur ayam kampung. Namun, jika Anda ingin menikmati bubur ayam komplit dengan tambahan kuning telur ayam kampung, Anda perlu merogoh kocek hingga Rp 25.000.

Alamat: Jl. Gandaria Tengah III, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Buka: Setiap hari, mulai pukul 15.00 - 23.00

Kisaran harga: Mulai Rp 15.000 per orang

Surganya Bagi Pecinta Sate: Sate Ayam dan Kambing RSPP

Anda pecinta sate yang tinggal di Jakarta Selatan? Sudah pasti Anda wajib mampir di kedai sate yang satu ini, Sate Ayam dan Kambing RSPP namanya. Lokasinya persis berada di seberang Rumah Sakit Umum Pertamina (RSPP). Oleh karenanya, kedai ini dinamakan Sate Ayam dan Kambing RSPP.

Potongan daging yang tebal, serta bumbu pekat melimpah menjadi alasan kedai sate ini selalu dipenuhi pengunjung. Selain bisa menjadi objek wisata kuliner malam hari, kedai sate ini juga bisa Anda sambangi saat hari terang. Oleh karenanya, antrian pengunjung saat jam makan siang sudah menjadi pemandangan lumrah pada kedai sate ini.

Alamat: Jl. Kyai Maja No.21, Kebayoran baru, Kota Jakarta Selatan

Buka: Setiap hari, mulai pukul 09.00 - 21.00 WIB

Kisaran harga: Mulai Rp 30.000 per orang

KawanKAWN, baru saja kami ulas mengenai beberapa kuliner malam yang ada di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Akan tetapi, jika Anda memiliki daftar lainnya yang tidak kalah menarik dan menggugah selera, silahkan tuliskan di kolom komentar ya! Terima kasih!