4 Platform Pelatihan UMKM Online, Wajib Anda Coba!

-

Menjalankan sebuah bisnis tidak serta merta hanya menjual produk saja, Anda perlu memiliki wawasan agar bisnis yang akan atau sedang dijalankan dapat berjalan dengan baik dan dapat diterima oleh konsumen. Saat ini wawasan seputar bisnis dapat dengan mudah diakses secara gratis dengan internet melalui berbagai platform.

Baca juga : 4 Cara Memulai Bisnis F&B

Dengan memanfaatkan teknologi internet, hal tersebut disambut baik oleh beberapa perusahaan swasta, negeri dan bahkan kementerian. Mereka menyediakan secara pelatihan online yang berkonsep one stop service melalui website ataupun aplikasi untuk membantu para UMKM mendapatkan pelatihan yang dapat mudah diakses melalui smartphone.

Banyaknya pelatihan online yang tersebar di internet ini menjadikan sebuah angin segar bagi para pelaku bisnis UMKM di Indonesia, karena bisnis ini menjadi salah satu tulang punggung perekonomian. Terlebih disaat pandemi seperti sekarang ini, para pelaku UMKM sangat memerlukan pelatihan untuk menunjang saat bisnisnya kembali beroperasi.

Baca juga : 5 Peluang Bisnis Saat Pandemi COVID-19

Tentunya dengan adanya pelatihan online ini sangat membantu para UMKM, selain difasilitasi modul pembelajaran mereka juga diberikan mentoring secara gratis selama beberapa bulan kedepan. Berikut ini 4 platform yang sangat direkomendasikan para pelaku wirausaha untuk mendapatkan pelatihan secara online.

Skill Academy

Platform pelatihan UMKM pertama yang perlu Anda coba yaitu Skill Academy, platform ini dikembangkan oleh perusahaan swasta yang dikhususkan para profesional untuk belajar keterampilan baru melalui aplikasi. Pelatihan yang disediakan di aplikasi ini cukup menarik karena menggunakan video, para pengajarnya sangat kredibel dan juga setelah di akhir sesi peserta mendapatkan e-sertifikat.

Baca juga : 5 Bidang Bisnis Startup yang Berkembang saat Pandemi

Skill Academy sendiri merupakan salah satu mitra dari program kartu pra kerja yang digagas oleh pemerintah. Apabila Anda termasuk salah satu peserta yang lolos seleksi, Anda dapat memanfaatkan biaya pelatihan tersebut untuk menggunakan platform ini sebagai media belajar seputar UMKM. Di platform ini juga Anda juga dapat mempelajari keterampilan lain untuk mendukung bisnis Anda.

Tentunya akses yang diberikan oleh Skill Academy dapat digunakan selama 24 jam selama terhubung dengan jaringan internet. Selain kemudahan aksesnya dan murah biayanya, Skill Academy juga menyediakan service lainnya setelah mengikuti pelatihan, diantaranya seperti mentoring online dan konsultasi online secara gratis.

Rumah Kreatif BUMN Pertamina

Selain pihak swasta yang menyediakan platform online, kali ini salah satu BUMN, yaitu Pertamina pada akhir bulan Mei 2020 resmi meluncurkan pelatihan online untuk UMKM. Menurut VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, kegiatan pelatihan online ini diharapkan pelaku UMKM di Indonesia mampu bertahan dan mengembangkan bisnisnya saat pandemi COVID-19.

Baca juga : 3 Tips Memulai Usaha F&B dengan Modal Kecil

Pelatihan yang di-provide oleh Pertamina memiliki fokus untuk mengembangkan digital marketing, disini Anda akan mempelajari bagaimana memanfaatkan platform seperti Instagram atau Facebook dalam memasarkan produk.

Menariknya pelatihan yang diberikan untuk setiap daerah berbeda-beda, hal ini bergantung pada kondisi dan kebutuhan para peserta. Jadi, pelatihan online yang diberikan bisa diterapkan dengan tepat guna. Sejauh ini, pelatihan online yang diselenggarakan oleh RKB (Rumah Kreatif BUMN) Pertamina masih melalui website resminya.

Kementerian Koperasi

Disaat berbagai pihak swasta dan negeri meluncurkan platform pelatihan online, Kementerian Koperasi dan UKM ikut serta dalam memajukan media belajar online untuk UMKM. Sama seperti Pertamina, melalui website resmi edukukm.id kementerian UKM ini menyediakan pelatihan secara online.

Baca juga : 5 Usaha Minuman Kekinian

Digagasnya platform online ini menurut menteri Teten Masduki merupakan peralihan pelatihan yang sebelumnya melalui seminar (offline) sekarang pelatihan tersebut dapat diakses melalui online. Hal ini dimaksudkan untuk program pelatihan usaha di masa COVID-19. Selain itu, menurutnya pelatihan ini sebagai upaya menjaga protokol kesehatan.

Platform yang diinisiasi oleh kementerian ini memiliki tujuan agar para wirausaha dapat menangkap peluang baru melalui pelatihan yang diberikan. Seperti bagaimana membuat produk herbal dan juga bagaimana strategi marketing melalui digitalisasi.

BRILIAN

Salah satu BUMN yang bergerak di bidang keuangan, yaitu BANK BRI saat ini sudah meluncurkan sebuah produk aplikasi bernama BRILIAN. Aplikasi tersebut merupakan platform digital e-learning untuk para wirausaha atau UMKM. Bank BRI membuat aplikasi ini dengan tujuan untuk menyediakan berbagai informasi terpadu dalam meningkatkan kapasitas maupun pengembangan usaha.

Baca juga : Membuka Toko Kelontong Gak Bikin Kantong Bolong

Saat diluncurkan bulan lalu, menurut Corporate Secretary Bank BRI, Amam Sukriyanto, sudah tercatat 38.800 peserta UMKM yang memanfaatkan platform digital ini. Menurutnya pengguna aplikasi BRILIAN akan semakin bertambah karena adanya pandemi COVID-19 dan selain itu para wirausahawan akan terbantu dengan fitur-fitur yang tersedia.

Sampai saat ini platform BRILIAN masih dalam bentuk teks bacaan yang terdiri dari, profil bisnis, pelatihan kewirausahaan, dan juga informasi mengenai harga komoditas. Namun, hal yang menarik dari aplikasi ini, yaitu memiliki fitur konsultasi dan juga komunitas. Disini Anda dapat berinteraksi dengan para pelaku UMKM lainnya berdasarkan kesamaan usaha.

Baca juga : 10 Ide Usaha Kecil Menengah Terbaik dan Cara Mudah

Adanya berbagai macam pelatihan online membuat para pelaku UMKM dapat menambah wawasan secara gratis. Cukup bermodalkan internet dan smartphone pelatihan dari platform tersebut dapat diakses dimana saja dan kapan saja.  

Nah berikut tadi merupakan beberapa platform pelatihan UMKM online yang perlu Anda coba, untuk memudahkan urusan penjualan Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi kasir online KAWN yang bisa Anda unduh melalui Google Play Store,  klik disini untuk coba gratis selama 30 hari!