Tips Sukses Bisnis Kue Kering Jelang Lebaran

-

Tips sukses kerap menjadi senjata utama bagi banyak bisnis, tidak terkecuali pada bisnis kuliner. Seperti kita ketahui, banyak sekali bisnis bidang kuliner yang bisa dijalankan saat ini. Hal ini tidak lepas dari tangan-tangan kreatif masyarakat Indonesia yang mampu menghasilkan kuliner unik, lezat dan beragam.

Baca juga: Bisnis Kuliner Berbahan Baku Kentang yang Menguntungkan

Tidak bisa dipungkiri, tips sukses juga sangat berlaku pada bisnis kue kering. Terlebih pada momen jelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, bukan hal aneh lagi jika pebisnis kue kering seringkali kebanjiran orderan.

Baca juga: Jual Kue Kering, Wanita Ini Kantongi Ratusan Juta Tiap Jelang Lebaran

Seperti dua hal yang tidak bisa dilepaskan, kue kering sudah menjadi tradisi saat momen lebaran. Bukan hanya sebagai kudapan saat menyambut tamu, kue kering juga berfungsi sebagai hantaran atau parsel saat momen Lebaran.

Baca juga: Bisnis Parsel yang Semakin Menarik Jelang Lebaran

Mau bisnis kue kering Anda laris manis saat momen jelang Lebaran? Yuk simak beberapa tips sukses berikut ini. Dikutip dari beberapa sumber, berikut penjelasannya.

Tips Sukses Pertama: Kualitas Rasa

source : cermati

Kualitas rasa sudah menjadi tips sukses yang mutlak dipenuhi saat Anda berbisnis kue kering. Tak jarang, seseorang akan merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan kue kering dengan rasa yang jempolan. Karena rasa yang enak pula, memungkinkannya seseorang akan melakukan repeat order terhadap kue kering yang Anda jual.

Sediakan Kue Kering dengan Berbagai Macam Jenis

source : kitalulus

Seperti kita ketahui, jika kue kering yang biasa disajikan saat momen lebaran begitu banyak jenisnya. Didominasi dengan kue yang bercita rasa manis, kue kering dengan rasa gurih atau asin juga menjadi buruan para konsumen.

Untuk itu, demi mengakomodir permintaan konsumen yang beragam, sediakan kue kering dengan jenis yang beragam juga. Namun kuncinya, Anda bisa menyediakan kue kering yang paling populer dalam jumlah banyak, seperti nastar, kastengel, lidah kucing, putri salju serta kue sagu keju.  

Baca juga: 10 Kue Kering Paling Populer saat Lebaran, Ada Kesukaanmu?

Buat Kemasan yang Unik dan Menarik

source : detikfood

Tips sukses berikutnya, kemas kue kering yang Anda jual semenarik mungkin. Biasanya, kemasan yang unik dan menarik bisa merepresentasikan isi didalamnya. Pasalnya, beberapa orang beranggapan, kue kering enak jika kemasannya pun menarik.

Seperti disinggung sebelumnya, jika kue kering seringkali dijadikan hantaran atau parsel lebaran. Fakta ini membuat kue kering dengan kemasan yang unik akan menarik minat konsumen untuk membelinya.

Baca juga: Pentingnya Kemasan Produk yang Menarik untuk Bisnis F&B Anda, UMKM Wajib Tahu nih!  

Lakukan Pemasaran yang Efektif

source : kumparan

Setelah Anda yakin dengan kualitas rasa dan kemasan kue kering yang Anda jual, tips sukses selanjutnya adalah pemasaran. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan pada tahap ini, akan tetapi 1 poin yang dinilai paling efektif, yakni pemasaran secara digital dengan memanfaatkan media sosial.

Baca juga: 7 Trik Memanfaatkan Media Sosial untuk Tingkatkan Penjualan

Kuncinya, buat konten menarik yang relate dengan momen jelang Lebaran. Jika perlu, jalin kerjasama dengan beberapa influencer. Dengan begitu, bisnis kue kering Anda bisa dikenal banyak orang secara instan dan tentunya hemat budget.

Selain itu, Anda bisa jalankan strategi word of mouth atau yang dikenal dengan pemasaran dari mulut ke mulut. Sudah sejak lama, strategi ini dinilai sangat ampuh untuk menarik minat konsumen. Ini bisa menjadi tips sukses lainnya yang bisa diterapkan pada bisnis kue kering.

Optimalkan Feedback atau Review baik dari Konsumen

source : smallbiztrends

Terakhir, ulasan atau review dari konsumen bisa menjadi tips sukses saat Anda menjalankan bisnis kue kering. Tanyakan secara random kepada beberapa konsumen, minta review jujur tentang kue kering yang telah dibeli sebelumnya.

Ketahuilah, review negatif bisa menjadi evaluasi terhadap produk dan layanan Anda. Selanjutnya, review positif sebaiknya Anda posting ke media sosial bisnis Anda. Bukan tidak mungkin, konsumen yang membaca ulasan tersebut akan terpancing untuk membeli produk Anda juga.

Baca juga: Ketahui Pentingnya Feedback Pelanggan Terhadap Perkembangan Bisnis Online Shop Anda

Nah, sudah tahu kan beberapa tips sukses yang bisa dijalankan pada bisnis kue kering jelang Lebaran. Apakah Anda punya opini lainnya? Yuk diskusikan di kolom komentar!