5 Makanan Khas Mexico yang Mendunia

-

Mungkin bagi Anda yang terlahir di tahun 90-an pasti sudah tidak asing lagi dengan serial telenovela asal Negara Mexico, seperti Marimar, Amigos x siempre, Carita de Angel dan Betty La Fea, memang serial tersebut pernah menghiasi layar kaca Indonesia dan menjadi primadona kala itu. Tentu saja, karena deretan judul telenovela tersebut membuat Negara Mexico makin dikenal oleh masyarakat dunia.

Baca juga : 5 Hidangan Populer Khas Arab yang Menggugah Selera

Selain dikenal berkat serial telenovela dan keunikan budayanya, negara yang berada di kawasan Amerika Utara ini juga memiliki segudang makanan lezat yang menggugah selera loh! bahkan beberapa diantaranya telah populer dan dikenal di berbagai penjuru dunia. Rasa yang pedas, menggunakan roti tortilla dan toping yang berwarna-warni merupakan salah satu ciri khas dari makanan khas Mexico.

Baca juga : Keunikan Budaya yang Membuat Wisatawan Jatuh Cinta dengan Meksiko

Lantas, apakah Anda penasaran dengan makanan khas Mexico yang telah mendunia? Melansir pergikuliner.com, kali ini KAWN akan bahas tentang makanan khas Mexico yang telah dikenal di seluruh dunia, berikut daftarnya!

Taco

Sepertinya taco adalah makanan tradisional Mexico yang paling cocok dengan lidah orang Indonesia, tak ayal banyak restoran-restoran di Indonesia yang menyajikan menu taco tersebut. Makanan khas Mexico memang sangat beragam dan memiliki cita rasa yang khas, yaitu pedas ditambah dengan sayur-sayuran segar di dalamnya, mungkin karena hal inilah makanan khas Mexico makin dikenal masyarakat dunia.

Baca juga : 5 Fakta Menarik Seputar Taco, Makanan Khas Meksiko yang Unik

Taco merupakan makanan yang disajikan dengan tortilla yang diisi dengan berbagai bahan-bahan seperti daging sapi atau daging ayam, dan tidak lupa juga tomat, bawang bombay, selada, serta aneka seafood pun masuk ke dalam isian taco. Semua bahan tersebut kemudian dicampur dengan saus keju atau guacamole. Guacamole adalah sejenis salad yang terdiri dari alpukat yang diberi garam dan beberapa bumbu lain, seperti tomat, bawang merah, bawang putih, perasan lemon, merica, basil, dan jalapeno.

Baca juga : Jalapeno, cabai super pedas dan berkhasiat dari Meksiko

Burrito

Karena memiliki bentuk yang mirip dengan kebab ala Turki, pantas saja jika burrito disebut-sebut sebagai kebabnya orang Mexico. Namun, yang membedakan adalah pada isiannya, jika kebab Turki memiliki isian yang lumayan beragam, tetapi tidak dengan burrito. Justru burrito memiliki isian yang cukup sederhana, yaitu hanya berisikan daging sapi dan pasta kacang.

Enchilada  

Makanan khas Mexico yang mendunia berikutnya adalah enchilada.  Tampak sekilas makanan ini hampir sama dengan burrito, karena terbuat dari tortilla yang digulung untuk menutupi isiannya, namun, yang membedakan ada pada isi dan penyajiannya.

Baca juga : Yummy! Gurih Empuk Enchilada untuk Santap Malam

Pada dasarnya enchilada disiram dengan menggunakan saus cabai, namun, seiring berjalannya waktu muncul beberapa varian lain, seperti saus keju, saus kacang, dan bahkan saus salsa. Sedangkan isi dari enchilada itu sendiri terdiri dari daging, kacang, kentang, sayuran dan bahkan seafood. Karena penyajiannya yang dilumuri berbagai macam saus, membuat enchilada terlihat begitu menggugah selera dibanding burrito.  

Taquito

Hampir semua makanan khas Mexico menggunakan beberapa bahan-bahan yang sama, salah satu bahan makanan yang paling sering digunakan adalah tortilla, dan taquito jugalah salah satu makanan khas Mexico yang menggunakan tortilla tersebut.

Baca juga : Jajanan Khas Meksiko yang Menggunakan Roti Tortila

Jika diperhatikan, makanan khas Mexico yang satu ini sekilas mirip dengan lumpia dari kota Semarang. Namun, jika dicicipi, taquito memiliki citarasa yang berbeda dengan lumpia. Taquito terdiri dari roti tortilla dengan isian kentang, daging sapi atau daging ayam dan keju yang kemudian digulung dan digoreng hingga renyah dan berwarna kecoklatan. Taquito akan terasa lebih lezat jika dinikmati dengan saus salsa, krim keju, saus asam atau bahkan guacamole.

Baca juga : Guacamole, Saus Alpukat Mexico

Nacho

Terakhir ada nacho sebagai makanan khas Mexico yang telah mendunia. Teknik pembuatan nacho sendiri hampir sama dengan taco, yaitu menggunakan tortilla jagung, namun untuk nacho, tortilla yang dipakai berbentuk keripik.

Baca juga : 9 Tempat Makan Nachos Khas Meksiko Paling Delicioso di Jakarta

Nacho sendiri adalah makanan khas Mexico yang terbuat dari keripik tortilla yang disiram dengan saus keju atau saus salsa yang ditambah dengan taburan daging cincang, sayuran dan kacang. Nacho bisa dimakan sebagai cemilan atau juga bisa sebagai makanan utama, tergantung porsi dan banyaknya bahan yang ditambahkan.


Nah, diatas adalah daftar makanan khas Mexico yang rasanya sangat menggugah selera dan telah mendunia. Walaupun Anda belum pernah bertandang ke negeri telenovela tersebut, ada baiknya Anda mencoba dulu beberapa makanan khasnya. Dari 5 makanan tersebut diatas, kira-kira mana yang akan Anda coba, silahkan tulis di kolom komentar ya!