Teknologi Vending Machine Marak Digunakan Saat Ini, Yuk Kita Ulas!

-

Teknologi, dikutip kbbi.web.id merupakan keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Akan tetapi, seiring perkembangannya, teknologi bukan hanya berbentuk suatu barang atau benda saja, melainkan bisa berupa sistem tidak berwujud yang mampu memudahkan kehidupan manusia, seperti jaringan internet.

Bisa dibilang, saat ini kehidupan manusia tidak bisa lepas dari peran teknologi. Manfaatnya pun kian terasa dari berbagai aspek kehidupan manusia, mulai dari aspek ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial, pertanian hingga dunia bisnis.

Dalam dunia bisnis misalnya, jika dahulu sistem kasir hanya bisa dilakukan secara manual. Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, saat ini sistem kasir bisa dilakukan secara online yang dilengkapi dengan berbagai macam fitur.

KAWN POS salah satunya, aplikasi kasir online berbasis cloud ini dirancang khusus untuk mendampingi berbagai macam bisnis, seperti bisnis F&B, laundry, cuci mobil, ritel hingga salon kecantikan. Hadir dengan berbagai macam fitur, KAWN POS mampu menjadi pendamping handal yang memudahkan bisnis Anda. Tertarik memanfaatkan free trial KAWN selama 15 hari, yuk klik disini!  

Baca juga: KAWN Aplikasi Kasir Online Pendamping Bisnis F&B, Hadir untuk Anda!

Kembali pada teknologi, saat ini sudah banyak macam teknologi yang dihasilkan oleh tangan dan pemikiran manusia, vending machine salah satunya. Dikutip id.wikipedia.org, vending machine merupakan mesin penjual otomatis yang mampu mengeluarkan berbagai macam barang, mulai dari minuman kemasan, makanan ringan, rokok hingga berbagai macam jenis tiket.

Seperti kita ketahui, saat ini makin mudah kita temui vending machine di ruang public. Di Jakarta misalnya, vending machine kerap hadir di berbagai station MRT berupa mesin penjual tiket secara otomatis. Akan tetapi, teknologi vending machine bukan hanya digunakan sebagai pada moda transportasi saja lho!

Mau tahu fakta lainnya tentang teknologi vending machine? Yuk kita ulas, biar tidak gagal paham!

Teknologi Vending Machine: Yuk Kenali Sejarahnya!

source : canva

Ditulis id.wikipedia.org, awalnya teknologi vending machine diciptakan di Kota London, Inggris pada awal tahun 1880 oleh seorang insinyur matematika bernama Heron. Vending machine tersebut berupa mesin penjual kartu pos otomatis.

Generasi selanjutnya pada tahun 1988, Gum Thomas Adams yang merupakan perusahaan asal Amerika Serikat menciptakan vending machine dengan menjual permen karet di Kota New York. Lantas, tahun berapa vending machine mampu melayani para konsumen Indonesia?

Dikutip bobo.grid.id, meski dunia internasional sudah mengenal vending machine sejak lama, namun mesin penjual ini baru masuk Indonesia pada tahun 1996. Sayangnya, tidak ada informasi secara rinci mengenai siapa pelopor vending machine di Indonesia dan produk apa yang dijualnya.

Cara Kerja Vending Machine

source : iStock

Mungkin Anda bertanya-tanya dalam hati. Bagaimana sebuah mesin berbentuk kotak bisa mengeluarkan produk yang konsumen kehendaki? Bagaimana cara kerja mesin tersebut?

Dikutip monstermac.id, saat ini vending machine bisa dioperasikan dengan sebuah koin, uang kertas maupun e-money. Khusus uang koin dan kertas, semua dimulai saat user memasukkan uang mereka.

Kemudian, dengan perangkat khusus vending machine mulai mengidentifikasi, tentang kelayakan dan nilai dari uang tersebut. Jika berhasil, konsumen diarahkan untuk memilih produk yang diinginkan, kemudian mengambil produk tersebut pada kotak yang disediakan. Akan tetapi, jika koin maupun uang kertas ditolak, uang tersebut akan keluar dan kembali ke pelanggan.

Lain halnya saat konsumen menggunakan e-money. Konsep ini terbilang lebih sederhana, karena vending machine sudah terkoneksi dengan internet. Sehingga, akan memudahkan transaksi digital dengan e-money.

Baca juga: Kenali 5 Manfaat Transaksi Non Tunai

Vending Machine di Indonesia

source : kompas

Di Indonesia sendiri, banyak masyarakat yang belum familiar dengan penggunaan vending machine. Pasalnya, bisa dibilang hanya public area di kota-kota besar lah yang terdapat mesin penjual otomatis ini.

Namun, walaupun terbilang masih jarang, jenis vending machine di Indonesia sudah cukup beragam lho! Bukan hanya menjual makanan dan minuman saja. Dikutip liputan6.com, setidaknya ada 6 barang unik yang sudah diperjualbelikan via vending machine, mulai dari produk makeup, sandal, masker, painted spray, emas dan yang paling unik yakni mystery box.

Tak sampai disitu, salah satu vending machine berlabel 3DigiBox, menawarkan berbagai macam produk digital, mulai dari isi ulang pulsa, paket data, saldo e-wallet, voucher games, token PLN dan produk digital lainnya. Tentu saja, kehadiran mesin ini mampu memudahkan pola hidup manusia.

Baca juga: Perbedaan E-Money dan E-Wallet yang harus Anda tahu

Macam-Macam Vending Machine dengan Produk Unik Di Dunia

source : healthyvending

Ada yang kurang rasanya jika tidak membahas vending machine unik yang ada di negara lainnya di dunia ini.  Seperti yg kita ketahui, kalau vending machine mampu menjual segala macam barang.

Namun, ada saja negara-negara di dunia ini yang memiliki vending machine dengan produk unik didalamnya. Dikutip dari beberapa sumber, berikut daftarnya:

  1. Di Prancis, terdapat vending machine khusus pencetak cerita pendek untuk penumpang dan vending machine khusus untuk memandikan anjing peliharaan.
  2. Di Rusia, Anda bisa membeli jasa “like” berbagai media sosial dengan menggunakan vending machine.
  3. Di Jepang, terdapat vending machine yang menjual khusus sayuran selada dan ikan hidup.
  4. Di China, terdapat vending machine yang menawarkan kepiting hidup.
  5. Di Amerika Serikat, terdapat vending machine yang menyediakan berbagai macam produk apple.

Baca juga: Intip Cara Berbisnis Ala Steve Jobs

Vending Machine Sangat Populer dan Begitu Banyak Di Jepang

source : canva

Jepang menjadi satu-satunya negara yang memiliki vending machine terbanyak di dunia ini. Tidak tanggung-tanggung, lebih dari 5 juta vending machine yang tersebar di setiap penjuru Negara Jepang, kutip travel.wego.com.

Selain jumlahnya yang banyak, jenisnya pun sangat beragam. Anda bisa mendapatkan begitu banyak barang yang dibutuhkan pada sebuah vending machine, mulai dari ikan hidup, selada, karangan bunga, jimat keberuntungan, payung, sarung tangan dan lain sebagainya.

Baca juga: Bisnis Florist, Nikmati Harumnya Cuan dari Bisnis ini

Mau tahu alasannya, mengapa Jepang sangat familiar dengan vending machine? Pertama, rata-rata penduduk di Jepang berusia 46 tahun. Ini dikarenakan tingkat kelahiran yang rendah serta kurangnya arus migrasi ke negara tersebut. Kondisi ini membuat gaji untuk seorang tenaga kerja begitu mahal. Oleh karena itulah, vending machine menjadi salah satu solusi untuk mengurangi kebutuhan tenaga penjaga toko dan juga kasir.

Kedua, faktor mahalnya harga properti di Jepang. Kondisi ini berakibat pada terbatasnya ruang untuk gudang penyimpanan barang-barang. Oleh karena itu, banyak perusahaan di Jepang yang lebih memilih untuk menempatkan vending machine di pinggir jalan daripada membuka toko retail.

Baca juga: Kalau Ke Jepang, Jangan Lupa Coba 4 Jenis Vending Machine Ini, Nih!

KawanKAWN, berikut sekilas tentang teknologi mesin penjual otomatis atau yang lebih familiar dengan sebutan vending machine. Seperti yang kita ketahui, di Indonesia sudah banyak terdapat vending machine saat ini. Namun, apakah Anda pernah menggunakan sebelumnya? Atau jangan-jangan Anda kerap bertransaksi melalui vending machine?

Yuk ceritakan pengalaman Anda di kolom komentar. Kami tunggu ya!