5 Minuman Khas Daerah yang Wajib Anda Coba!

-

Selain terkenal dengan makanan yang beraneka rasa dan aneka bentuk, Indonesia juga memiliki minuman yang cukup khas di berbagai daerah, minuman khas atau sering disebut juga minuman tradisional ini memiliki rasa yang unik dari rempah-rempah pilihan yang dapat menyehatkan tubuh.

Baca juga : 5 Minuman Sehat yang Mudah Dibuat

Walaupun saat ini sudah marak minuman kekinian ada dipasaran, tidak membuat minuman tradisional kehilangan penggemarnya. Dengan adanya wabah pandemi COVID-19 membuat sebagian besar orang cukup sadar akan pentingnya menjaga pola asupan mereka, salah satunya dengan mengonsumsi minuman khas daerah atau tradisional.

Baca juga : 5 Usaha Minuman Kekinian

Pada umumnya minuman khas terbuat dari rempah-rempah seperti jahe dan daun sereh, karena kedua bahan tersebut memiliki senyawa gingerol yang tinggi akan kalsium, magnesium dan fosfor. Kandungan yang tersebut dapat membantu menjaga imunitas tubuh dan cukup kuat untuk mengatasi penyakit.

Baca juga : 3 Usaha Bisnis yang Makin Eksis

Hampir setiap daerah Indonesia memiliki minuman khas dan banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan, dilansir dari Kompas Food berikut ini beberapa diantaranya yang perlu Anda coba.

Bajigur - Jawa Barat

Minuman khas daerah yang pertama ini berasal dari Jawa Barat. Mungkin, sebagian besar Anda sudah tidak asing lagi dengan bajigur. Minuman yang terbuat dari gula aren, kopi, santan dan serai ini tentunya sangat menyehatkan tubuh, biasanya bajigur dapat Anda temukan di gerobak kaki lima pinggir jalan.

Baca juga : Bikin Bajigur di Rumah Tidak Sulit, Ini Caranya

Selain bisa Anda temukan di pinggir jalan, bajigur saat ini sudah tersedia di beberapa marketplace atau e-commerce dengan kemasan bubuk atau sachet. Tapi, tenang saja, minuman daerah dengan rempah-rempah pilihan ini khasiatnya tidak akan hilang.

Apabila saat ini kondisi tubuh Anda kurang sehat, minuman khas dari tanah pasundan ini perlu Anda coba. Selain itu, agar lebih nikmat ketika diminum, hidangkan bajigur dalam kondisi yang panas ataupun hangat.

Bir Pletok - Betawi

Walaupun memiliki nama bir, minuman ini tidak menggunakan kandungan alkohol sama sekali. Minuman yang berasal dari Tanah Betawi terbuat dari berbagai macam rempah-rempah seperti kayu secang, jahe dan juga batang serai. Biasanya, untuk menetralisir aroma, bir pletok dipadupadankan dengan daun pandan.

Baca juga : Tak Bikin Mabuk, Ini Asal Usul Bir Pletok yang Kaya Manfaat

Memiliki campuran rempah-rempah pilihan membuat bir pletok sangat memiliki berbagai macam khasiat untuk kesehatan. Apabila Anda saat ini sedang mengalami kondisi tubuh yang kurang fit atau sehat, sangat direkomendasikan untuk mencoba minuman khas Betawi satu ini.

Sekoteng - Jawa tengah

Minuman khas daerah yang satu ini berasal dari Jawa Tengah, sekoteng menjadi minuman favorit bagi sebagian besar orang karena membuat tubuh menjadi lebih hangat. Ini cocok sekali diminum ketika musim hujan. Bahan dasar pembuatan sekoteng terdiri dari santan, pandan dan jahe.

Baca juga : Cara Membuat Sekoteng, Minuman Hangat Perpaduan Jahe

Selain itu, sekoteng juga terdapat pilihan topping untuk menambah selera rasa seperti, potongan roti tawar dan juga biasanya ditambahkan dengan kacang hijau. Perpaduan rasa tersebut menjadikan minuman khas daerah Jawa tengah ini memiliki rasa yang sangat nikmat.

Wedang Uwuh - Jawa Tengah

Wedang dalam bahasa Jawa artinya minuman, sedangkan uwuh artinya sampah. Tapi, bukan sampah yang seperti yang Anda lihat di pinggir jalan, sampah disini merupakan beberapa rempah yang dicampur jadi satu, direbus secara bersamaan dan menghasilkan sebuah minuman.

Baca juga : Wedang Uwuh, Begini Cara Membuat dan Khasiatnya

Wedang uwuh terdiri dari berbagai macam rempah-rempah pilihan, seperti jahe, cengkeh, daun pala, kayu manis dan kayu secang. Hal ini yang membuat wedang uwuh berwarna merah dan memiliki rasa sedikit pedas. Sekarang ini, wedang uwuh sudah bisa Anda dapatkan dalam bentuk instan.

Wedang Ronde -  Jawa Tengah

Minuman khas daerah terakhir yang wajib kamu coba, yaitu wedang ronde. Minuman ini berasal Yogyakarta, Jawa Tengah yang sekarang cukup terkenal di berbagai daerah lainnya. Wedang ronde sendiri merupakan minuman hangat yang terbuat dari jahe dan dapat membuat tubuh menjadi lebih hangat ketika meminumnya.

Baca juga : Cara Membuat Wedang Ronde di Rumah, Bulatan Kenyal

Selain jahe yang membuat rasa wedang ronde ini menjadi nikmati adalah campuran dari berbagai jenis bahan lainnya, seperti kacang tanah, sagu mutiara, roti tawar dan juga kolang kaling.

Kondisi seperti pandemi seperti sekarang ini dan cuaca tidak menentu, terkadang membuat tubuh menjadi rentan terkena penyakit. Maka dari itu penting sekali untuk Anda untuk mengonsumsi minuman yang dapat menyehatkan tubuh.

Mengkonsumsi minuman khas daerah bisa menjadi alternatif untuk Anda untuk meningkatkan daya tubuh, dari beberapa minuman khas daerah diatas mana yang paling sering Anda coba, tulis di kolom komentar dibawah ini ya!