Tak Kalah dengan Kopi Kemasan, Berikut 5 Minuman Jamu Tradisional yang Bisa Dijual Kemasan

-

Sepertinya kita semua sepakat kalau kopi kemasan merupakan minuman yang sedang hits saat ini. Terlebih setelah Presiden RI Bapak Joko Widodo menyambangi Kedai Kopi Tuku yang ada di seputaran Cipete, Jakarta Selatan. Kejadian tersebut sontak saja membuat pamor kopi kemasan semakin meningkat. Kepopuleran kopi kemasan membuat bisnis ini semakin menjamur, bahkan hadir di setiap sudut kota.

Baca juga : Minum 3 Ramuan Jamu Tradisional ini untuk Sambut Era Normal Baru

Akan tetapi, tak kalah dengan bisnis kopi kemasan, saat ini minuman jamu tradisional juga pun dapat menjadi primadona baru di kalangan masyarakat, terlebih pada saat pandemi Covid-19 di Indonesia. Mungkin saat ini sudah cukup sulit menemukan ‘mbok’ jamu tradisional yang menjajakan jamunya keliling kampung atau perumahan. Namun, Anda tidak perlu sedih, karena minuman yang mulai beranjak naik kelas ini sudah dijual kemasan di beberapa kedai jamu tradisional, sebut saja Kedai Suwe Ora Jamu yang ada di Jakarta.

Baca juga : Dapatkan Keuntungan dengan 5 Usaha Minuman Tradisional ini

Begitu banyak macam jamu tradisional yang ada di Indonesia. Lantas apa saja jamu tradisional yang potensial untuk dijual dalam kemasan, baik itu di kedai-kedai jamu atau di marketplace? Jika Anda penasaran? Berikut daftarnya.

Kunyit Asam

Bagi Anda terutama kaum hawa yang sedang mengalami nyeri saat haid, jamu kunyit asam bisa dijadikan sebagai pereda sakit alami loh. Selain sebagai pereda nyeri perut, kunyit asam juga dipercaya bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh, mencerahkan kulit, meredakan panas dalam, dan juga untuk menurunkan berat badan. Sesuai namanya, jamu ini dibuat dari kunyit dan asam jawa yang kemudian ditambahkan sedikit gula merah.  

Baca juga : 5 Minuman Sehat yang Mudah Dibuat

Cara pembuatannya pun bisa dikatakan sangat mudah, cukup dengan merebus perasan air kunyit yang ditambah asam jawa dan gula merah, setelah air rebusan dingin kemudian disaring. Melihat cara pembuatan yang cukup mudah dan pamornya yang sangat terkenal, tak ayal banyak orang memulai usaha minuman jamu tradisional ini dengan kemasan yang beragam.

Beras Kencur

Jenis jamu yang satu ini sudah tak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia. Biasanya, banyak orang tua memberikan jamu beras kencur ini kepada anak-anaknya untuk menambah nafsu makan. Selain itu, beras kencur juga dapat membuat tubuh Anda terasa lebih bugar dan meredakan pegal-pegal.

Baca juga : Dikonsumsi Sejak Dulu Kala, Ini 7 Manfaat Jamu Beras Kencur

Jamu beras kencur bisa saja dijadikan ladang usaha baru Anda, karena dengan bermodalkan bahan-bahan yang cukup mudah ditemukan, seperti beras putih, kencur, asam jawa, daun pandan dan cara pembuatannya pun juga terbilang mudah. Setelah jamu sudah siap Anda produksi, langkah berikutnya adalah coba Anda buat kemasan yang menarik. Karena tampilan atau kemasan yang menarik tentu saja dapat menarik hati konsumen untuk mencoba produk Anda.

Baca juga : 5 Manfaat Kemasan Produk yang Harus Anda Ketahui

Jamu Empon-empon

Empon-empon adalah tanaman rimpang yang sering digunakan untuk ramuan jamu tradisional. Jenis empon-empon ini, seperti kunyit, temulawak dan jahe. Jika berbicara tentang empon-empon, jenis tanaman ini belakangan sangat populer karena memiliki khasiat tinggi, terlebih di tengah pandemi Covid-19 yang sedang terjadi di Indonesia. Karena, empon-empon sudah lama dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imunitas.

Baca juga : Cegah Corona, Jokowi Suguhi Tamu Minuman Empon-empon

Karena saking populernya jamu ini, segera timbulkan jiwa entrepreneur Anda, buat jamu empon-empon ini sebagai ladang bisnis baru di masa pandemi. Namun jangan lupakan dari sisi tampilannya, buat kemasan semenarik mungkin, bukan tidak mungkin pundi-pundi rupiah akan masuk ke kantong Anda.

Temulawak

Bahan dasar pembuatan jamu temulawak ini tentu saja temulawak yang ditambahkan dengan beberapa rempah, seperti asam jawa, gula aren, daun pandan serta jinten. Jamu temulawak sangat baik untuk anak-anak maupun orang tua karena bisa menyembuhkan  berbagai penyakit, seperti pusing, mual, dan menghilangkan gejala masuk angin.

Baca juga : Khasiat Temulawak bagi Kesehatan yang Sayang Dilewatkan

Jamu ini sudah sangat familiar di hati masyarakat Indonesia, sehingga jamu ini sangat cocok jika dijadikan ladang usaha baru Anda. Terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Namun jangan lupa, kemas jamu temulawak Anda semenarik mungkin. Bukan tidak mungkin, banyak konsumen yang akan tertarik dengan produk Anda.  

Jamu Sinom

Hampir sama dengan kunyit asam, namun jamu sinom dibuat dari asam jawa yang ditambahkan dengan kunyit, gula merah, temulawak dan rempah lainnya. Jamu sinom dapat dipercaya bisa meremajakan kulit, mencerahkan kulit, dan meredakan nyeri haid karena berbagai kandungan senyawa antioksidan dan anti inflamasi yang ada pada jamu tersebut.

Baca juga : Sinom, Minuman Khas Surabaya Kaya Manfaat

Karena jamu ini cukup populer di Kota Surabaya, bukan tidak mungkin jamu tradisional ini bisa menjadi peluang bisnis baru di kota Anda bermukim, seperti Kota Jakarta.

Itulah beberapa jamu yang saat ini banyak dijual dalam bentuk kemasan botol atau rempah kering yang bisa Anda coba untuk dijual. Dari beberapa jamu diatas, kira kira mana yang menjadi favorit Anda, silahkan komen di kolom komentar ya!