Tagline, Apa Pentingnya Terhadap Sebuah Bisnis

-

Tagline bisa menjadi sebuah marketing tool yang dapat mendukung langkah promosi, hal ini tentu saja bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dari produk bisnis Anda. Namun sayangnya, banyak yang mengira kalau tagline hanyalah sebuah kalimat hiasan belaka dan tanpa ada arti penting didalamnya.

Baca juga: Ingin Diingat Terus Oleh Konsumen? Buat Logo Bisnis Anda Lebih Menarik dengan Tips ini!

Lantas, apa yang yang dimaksud dengan tagline? Mengutip dari seorang penulis sekaligus ahli brand communication, Eric Swartz mengatakan bahwa, tagline merupakan susunan kata yang diringkas dengan sedemikian rupa hingga mengandung pesan yang kuat dari sebuah brand. Biasanya, penggunaan tagline dirancang secara singkat dan padat untuk memudahkan pelanggan dalam mengingat brand Anda.

Kata-kata yang dipilih pun biasanya menggunakan kata yang jelas dan mudah dimengerti oleh masyarakat. Bisa dikatakan, tagline yang sukses akan membuat masyarakat otomatis hafal terhadap sebuah brand hanya dengan mendengar tagline-nya saja. Contohnya, apa yang terlintas dipikiran Anda setelah mendengar tagline “cintailah produk-produk Indonesia”, pasti Anda sudah dapat menebaknya ya! Kalimat tersebut merupakan tagline dari salah satu produk elektronik dari Indonesia, yaitu Maspion.

Bagaimana, sudah ada sedikit gambaran, tentang pentingnya tagline terhadap sebuah brand atau bisnis? Namun, selain itu, perlu diketahui juga beberapa manfaat dari penggunaan tagline, seperti yang KAWN lansir dari niagahoster.co.id, berikut ulasannya.

Tagline dapat Memperkuat Identitas Sebuah Brand Bisnis

source : google image

Brand yang memiliki identitas tentunya akan lebih mudah diingat oleh masyarakat luas, untuk itu, membuat tagline tidak hanya menarik, tetapi juga harus tepat dan jujur dalam mewakili produk tersebut. Untuk bisa jujur dalam membuat tagline, sebaiknya diperhatikan beberapa aspek yang ada pada produk Anda, contohnya dari segi rasa atau keunggulan produk.

Baca juga: Pentingnya Kemasan Produk yang Menarik untuk Bisnis F&B Anda, UMKM Wajib Tahu nih!

Selain itu, tagline dibuat juga untuk kebutuhan jangka panjang, untuk itu, jika tidak cermat saat membuatnya bisa berakibat fatal bagi produk tersebut dikemudian hari. Contoh tagline yang mengandung aspek-aspek dari sebuah produk adalah tagline pada merek Teh Pucuk Harum, “rasa teh terbaik ada dipucuknya”. Tagline tersebut memberikan fakta, bahwa dalam pemilihan material atau bahan baku teh, perusahaan akan memilih bagian terbaik pada pohon teh, yakni pada pucuknya.

Perhatikan juga untuk tidak membuat tagline yang umum dan memberikan kesan berlebihan, karena hal itu bisa membuat masyarakat hilang kepercayaan terhadap brand Anda. Contohnya adalah, “kami adalah yang terbaik” atau “kami adalah produk No. 1 di Indonesia”. Kedua contoh ini sangat umum dan tidak ada aspek yang membuat produk atau usahamu terlihat berbeda dengan yang lain.

Representasi Visi dan Misi dari Sebuah Brand

source : google image

Selain sebagai sebuah identitas bisnis, tagline pada sebuah brand juga dapat digunakan sebagai cara untuk memberitahukan visi dan misi dari sebuah brand. Penggunaan tagline yang begitu ringkas dan jelas akan memudahkan konsumen untuk tetap ingat terhadap visi dan misi yang dianut oleh brand tersebut.

Baca juga: Pentingnya Visi Misi Perusahaan dan Contohnya

Mari ambil contoh tagline yang digunakan oleh Teh Botol Sosro, yakni “apapun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro”. Secara gamblang, Teh Botol Sosro ingin menjelaskan bahwa visi dan misi mereka adalah ingin menjadikan Teh Botol Sosro sebagai minuman pendamping dari segala jenis makanan. Sederhananya, apapun jenis makanannya, Teh Botol Sosro cocok dijadikan sebagai minumannya.

Sebagai Pembeda dari Kompetitor

source : google image

Semakin ketatnya persaingan bisnis di masa sekarang ini, membuat Anda harus lebih pintar dari kompetitor bisnis Anda. salah satu tool untuk menunjukan keunggulan brand Anda adalah dengan melalui tagline.

Baca juga: 5 Cara Menarik Perhatian Customer dari Kompetitor

Contohnya adalah tagline yang digunakan oleh Le Minerale yakni, “kayak ada manis-manisnya”. Jelas sekali kalau Le Minerale ingin menegaskan sebagai air mineral yang berbeda dari lainnya.

Begitu pentingnya peran tagline untuk membangun citra positif sebuah brand. Oleh karena itu, sudah sepatutnya perlu perhatian khusus saat Anda membuat tagline untuk brand bisnis Anda.

Diatas adalah beberapa poin penting dan manfaat tagline terhadap sebuah brand. Akan tetapi, jika Anda memiliki pandangan lainnya tentang sebuah tagline, boleh ceritakan pendapat Anda di kolom komentar ya. Terima kasih!