Sulit Membedakan Antara Cafe Latte dengan Cappucino? Simak 10 Jenis Minuman Kopi ini yang "Newbie Coffee Lovers" Wajib Tahu!

-

Siapa sih yang tidak suka dengan kopi? Mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia pasti suka dengan minuman pekat berkafein yang satu ini, terlebih bagi para anak muda dan pekerja yang membutuhkan mood booster setiap harinya. Memang, banyak yang meyakini bahwa dengan minum secangkir kopi dapat meningkatkan semangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Baca juga : Serba-Serbi Biji Kopi

Di tengah beragamnya nama minuman kopi yang ada, pernahkah Anda  merasa bingung saat memesan minuman kopi di kafe yang Anda kunjungi? Atau Anda mengalami kesulitan membedakan antara cafe latte dan cappucino? Tentu saja nama-nama minuman kopi yang ada pada daftar menu tersebut terdengar asing. Sederhananya, minuman kopi yang ada pada daftar menu adalah kombinasi espresso dan susu. Hanya saja, yang membedakan adalah takaran dan cara penyajiannya.

Baca juga : Bisnis Kopi Bikin Untung Tiap Hari

Untuk itu, daripada Anda merasa penasaran, lebih baik langsung saja kita cari tahu perbedaan jenis-jenis minuman kopi. Seperti yang KAWN lansir dari elevencoffees.com, berikut adalah jenis-jenis minuman kopi yang perlu Anda tahu.

Espresso

Jenis minuman kopi yang satu ini hampir selalu ada di coffee shop. Karena, pada dasarnya espresso adalah minuman kopi murni yang disajikan tanpa memakai campuran apapun, seperti susu atau gula. Jadi, bisa dibilang, espresso adalah dasar dari hampir semua minuman kopi. Umumnya, jenis kopi ini sangat digemari oleh para penikmat kopi sejati yang menyukai kopi dengan citarasa kuat dan murni.

Baca juga : Apa itu Espresso, dan Apa yang Membuatnya Istimewa?

Yang menjadi ciri khasnya adalah espresso dikenal sangat pekat dan hitam serta memiliki buih putih pada bagian atas yang yang dihasilkan dari tekanan minyak yang ada dalam biji kopi. Jika Anda newbie coffee lovers, sepertinya wajib untuk mencoba espresso yang dikenal sebagai dasar dari segala minuman kopi.

Cappuccino

Bisa dibilang jenis minuman kopi yang satu ini adalah jenis yang paling populer di coffee shop. Bisa dipastikan juga kalau cappuccino selalu hadir di daftar menu coffee shop favorit Anda. Menariknya, jenis minuman kopi ini bisa dikonsumsi oleh siapa saja bahkan bagi mereka yang tidak terlalu menggemari kopi, mungkin hal inilah yang menjadikan cappuccino merupakan minuman kopi yang paling favorit.

Baca juga : 4 Hal yang Membuat Secangkir Cappucino Begitu Nikmat

Cappucino merupakan jenis minuman kopi yang berasa dari Negara Italia. Salah satu ciri khasnya adalah memiliki lapisan pada bagian atas berupa foam susu. Dalam penyajiannya, biasanya ditambahkan sedikit bubuk coklat untuk mempercantik tampilannya. Untuk pembuatannya sendiri, cappucino dibuat dari dua bahan utama yaitu espresso dan textured milk dengan rasio satu banding satu.

Ristretto

Jenis minuman kopi lain yang juga berasal dari Italia adalah ristretto. Sama seperti namanya, ristretto berasal kata restricted  yang berarti diekstraksi dalam waktu terbatas. Proses pembuatan minuman kopi yang satu ini hampir sama dengan espresso, hanya saja waktu ekstraksinya lebih pendek yaitu 15 detik dan takaran air yang lebih banyak dibanding espresso.

Americano

Jenis minuman kopi yang satu ini sekilas mirip dengan kopi hitam pada umumnya, namun, yang membedakannya adalah cara pembuatan maupun rasa. Konon, kata americano diambil dari cara orang Amerika menikmati kopi hitam, yaitu secangkir espresso yang ditambahkan air panas sehingga lebih banyak secara volume.

Baca juga : Inilah Sejarah Kopi Americano yang Layak Kamu Tahu!

Dalam membuatnya, cukup dengan menyiapkan espresso yang ditambahkan air panas, namun perbandingannya harus tepat, yaitu 2 bagian espresso dengan 3 bagian air. Hal ini tentu saja menyebabkan espresso yang tadinya pekat menjadi lebih encer. Jadi, jika Anda ingin mencicipi espresso yang tidak begitu pekat, cobalah americano.

Cafe Latte

Banyak yang berpikir jika cafe latte itu sama dengan cappuccino. Namun, bisa dipastikan jika kedua jenis minuman kopi ini memiliki racikan yang berbeda. Untuk cafe Latte, komposisi yang digunakan adalah espresso dan susu dengan perbandingan 2:1, lain halnya dengan cappuccino yang berbanding 1:1.

Baca juga : 4 Cara Membuat Latte Art Tanpa Mesin Espresso di Rumah

Sedangkan, dalam urusan rasa, bisa dibilang cafe latte memiliki rasa yang sangat lezat apabila dibandingkan dengan jenis minuman kopi lainnya karena rasanya yang enak dan ringan. Dalam penyajiannya pun, biasanya secangkir cafe latte dihiasi dengan motif menarik yang akrab disebut dengan latte art.

Macchiato

Macchiato merupakan jenis kopi yang disajikan dengan dua jenis yang berbeda, yaitu long macchiato dan short macchiato. Macchiato jenis long dibuat menggunakan double espresso, sedangkan short macchiato dibuat dengan single shot espresso.

Minuman kopi jenis ini memang cukup populer di kalangan anak muda. Hampir sama dengan cappuccino, macchiato juga dibuat dengan campuran espresso dan susu, namun perbandingannya susu dan espresso adalah 4:1.

Mochaccino

Jika Anda pecinta coklat, mungkin mochaccino adalah pilihan yang tepat untuk Anda coba. Mochaccino terbuat dari campuran yang sama dengan cappucino, yaitu perpaduan espresso, susu steamed, dan coklat.

Baca juga : Tips Membuat Mochaccino

Minuman jenis ini juga sering disebut dengan moka, mocha atau cafe mocha. Nama mocha sendiri diambil dari salah satu nama kota bersejarah di Yaman sekaligus pelabuhan tempat kopi pertama kali jadi komoditas dunia, yaitu Mocha.

Affogato

Jenis minuman kopi tidak melulu dengan kopi panas, kopi yang disajikan dingin pun tidak kalah nikmatnya, salah satunya adalah affogato. Dalam bahasa Italia, affogato berarti tenggelam, hal ini karena dalam penyajiannya ditambahkan satu sendok es krim rasa vanila yang tenggelam dalam pekatnya espresso. Rasanya yang manis bercampur espresso yang pekat membuat affogato menjadi makanan penutup favorit banyak orang.

Cold Brew

Kalau dilihat dari namanya, pasti sudah bisa ditebak kalau jenis minuman kopi yang satu ini tidak diseduh menggunakan air panas, melainkan disajikan memakai air dingin dengan suhu ruangan dalam waktu beberapa jam. Karena hal ini, akan menghasilkan aroma kopi dan rasa yang khas, yakni tidak terlalu pahit dan tidak terlalu asam.

Frappe

Minuman kopi berikutnya adalah frappe, kata frappe sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu es kopi. Minuman kopi jenis ini memang lebih banyak disajikan dengan es. Hal menarik yang menjadi ciri khas frappe adalah lapisan busa yang cukup tebal hasil dari campuran kopi, air, gula dan es batu yang dikocok atau di-mix dengan menggunakan blender hingga berbusa.


Itulah beberapa jenis minuman kopi yang perlu Anda ketahui, terlebih jika Anda seorang newbie coffee lovers. Untuk itu, ketahui jenis-jenis minuman kopi sebelum Anda mengunjungi kafe favorit Anda. jika Anda punya pengalaman mencoba salah satu jenis minuman kopi diatas, silahkan share di kolom komentar ya!