Strategi marketing atau strategi pemasaran merupakan serangkaian rancangan yang bertujuan untuk memasarkan produk kepada calon pembeli atau target konsumen. Sederhananya, strategi marketing adalah susunan rancangan dan strategi yang dibuat untuk mempromosikan barang atau jasa, sehingga dapat menarik calon konsumen dan menghasilkan keuntungan.
Strategi marketing dewasa ini sangatlah penting untuk dilakukan oleh segala jenis dan bentuk usaha, tak terkecuali pada UMKM. Sebab, perkembangan teknologi dan digital semakin maju dan merupakan suatu kesia-siaan jika suatu bisnis atau usaha tidak menggunakan strategi marketing digital.
Namun, apa saja strategi marketing yang efektif untuk UMKM? Berikut KAWN POS jabarkan beberapa strategi marketing yang efektif untuk meningkatkan bisnis terutama pada UMKM.
Baca Juga: Perkembangan Teknologi Digital yang Sangat Pesat di Zaman Ini
Strategi Marketing #1: Buatlah Produk yang Unik
Melihat jumlah UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia yang sudah sangat meningkat, tentu tingkat persaingannya juga semakin tinggi. Maka, para pemilik UMKM dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun strategi marketing yang efektif. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar produk yang dijual tidak itu-itu saja, dan juga demi perkembangan UMKM itu sendiri.
Sebelum melakukan promosi, KawanKAWN harus tahu terlebih dahulu produk apa yang ingin KawanKAWN tawarkan dan tonjolkan pada calon konsumen. KawanKAWN harus menciptakan produk yang unik dan memiliki nilai plus dibanding produk kompetitor dari bisnis KawanKAWN sendiri.
Mengapa demikian? Sebab, dengan menciptakan dan menjual produk yang lain daripada yang lain, akan membantu KawanKAWN dalam mengurangi persaingan pasar. Tidak hanya itu saja, produk yang unik juga dapat membuat iklan atau campaign yang mau KawanKAWN jalankan akan terlihat semakin menarik, lho!
Baca Juga: 6 Contoh Promosi Produk untuk Memikat Calon Pembeli
Tentukan STP Dalam Strategi Marketing
Setelah KawanKAWN berhasil menentukan produk yang unik dan berbeda dari produk kompetitor lainnya, sekarang saatnya KawanKAWN menentukan STP. Lantas, apa sih, STP itu?
STP merupakan singkatan dari segmenting, targeting, dan positioning. STP ini sangat berhubungan satu sama lain. Pertama-tama, KawanKAWN harus melakukan segmenting, yaitu mengidentifikasi dengan cara membagi pelanggan berdasarkan beberapa kelompok di pasar produk.
Setelah itu, tentukan targeting-nya. Dengan cara, observasi dan memutuskan siapa yang cocok menjadi target pasar utama dalam bisnis KawanKAWN. Langkah terakhir, lakukan positioning, dimana KawanKAWN harus bisa menentukan posisi dari produk yang KawanKAWN jual untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan dari setiap target pasar.
Manfaatkan E-Commerce untuk Berjualan
Ingat, bahwa zaman sekarang teknologi semakin maju dan canggih, maka KawanKAWN juga tidak boleh sampai tertinggal. Dengan memanfaatkan e-commerce dalam memasarkan bisnis, KawanKAWN bisa mendapatkan peluang yang besar untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi.
Memasarkan produk menggunakan e-commerce dapat memberikan manfaat, diantaranya, murah dan efisien, serta memiliki akses yang lebih luas dan tanpa batas, bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Selain itu, memasarkan produk dengan e-commerce dapat memperpendek jarak distribusi produk.
Baca Juga: Google Analytics, Sarana Kenali Pelanggan Anda
Gunakan Platform Social Media
Jika produk KawanKAWN telah dipasarkan menggunakan e-commerce, kini saatnya memasarkan produk atau jasa yang usaha KawanKAWN tawarkan pada platform social media, seperti Instagram, Facebook atau TikTok. Seperti yang diketahui, baru-baru ini berjualan dengan sistem live shopping sedang naik daun. Maka, akan menjadi peluang yang sangat bagus jika KawanKAWN bisa mengikuti arus dengan berjualan di TikTok Shop atau live shopping di Instagram.
Baca Juga: Menilik Tren Live Shopping untuk Bisnis UMKM
Buatlah Tujuan Iklan yang Jelas
Berjualan tidak hanya sebatas membuat produk yang unik lalu mempostingnya di platform media sosial milik KawanKAWN. Tetapi, akan menjadi efektif jika bisnis atau usaha KawanKAWN juga dipasarkan dengan membuat iklan di platform digital, seperti Instagram dan Facebook.
Sebelum itu, KawanKAWN harus tentukan dengan jelas tujuan dari iklan yang akan KawanKAWN jalankan. Hal ini dilakukan agar iklan yang KawanKAWN lakukan memiliki hasil yang sesuai dengan keinginan KawanKAWN.
Baca Juga: Perangkat Lunak Pendukung Bisnis, UMKM Wajib Pakai Nih!
Nah, jadi itulah beberapa tips mengenai strategi marketing yang KAWN POS bisa berikan untuk usaha KawanKAWN. Semoga dengan tips yang KAWN POS paparkan ini dapat membantu dan meningkatkan bisnis yang sedang KawanKAWN jalankan. Dan jangan lupa untuk menggunakan KAWN POS sebagai teman bisnis KawanKAWN, ya!
Sampai jumpa pada artikel berikutnya!