Strategi memiliki sinonim dengan rencana atau program. Dimana ketiga kata tersebut mengandung arti, agar suatu hal yang direncanakan dan yang dijalankan membuahkan hasil sesuai ekspektasi. Apalagi dalam hal berbisnis, strategi sangatlah diperlukan.
Baca juga: Masakan Rumahan Menjadi Tren Bisnis Kuliner 2021. Berminat?
Mengapa bisnis sangat memerlukan strategi? Jika tanpa strategi, apa yang akan terjadi pada suatu bisnis? Bagaimana cara membuat strategi yang baik dalam berbisnis?
Secara umum, pentingnya strategi dalam berbisnis mencakup tentang penentuan target pasar, kualitas produk, kreativitas & inovasi, jenis promosi, serta manajemen internal. Nah, manfaat dari strategi bisnis ini bisa diterapkan pada semua skala usaha loh, dari yang masih mikro, kecil, menengah maupun yang korporat.
Baca juga: Ide Menu Masakan Rumahan yang Bisa Dijual
Kali ini KAWN akan membahas salah satu jenis usaha yang berskala mikro, yaitu berjualan menu sarapan. Pemilihan topik ini berdasarkan semakin tingginya kesadaran masyarakat Indonesia khususnya ibu kota Ibu Kota Jakarta tentang manfaat sarapan sebelum beraktivitas. Nah, tingginya minat konsumen ini memunculkan peluang usaha jualan menu sarapan yang menjanjikan loh.
Meskipun terdengar sederhana dan bermodal kecil, berjualan menu sarapan tetap harus memiliki strategi loh. Banyaknya pesaing dan beragamnya menu sarapan, wajib Anda perhitungkan sebelum memulai usaha ini. Yuk bahas bareng KAWN tentang strategi jitu berjualan menu sarapan!
Baca juga: Bisnis Katering, Berikut Kiat Sukses Memulai Bisnis ini
Strategi Pertama, Jaga Kebersihan Makanan & Tempat!

Pandemi mengajarkan banyak hal terutama tentang pentingnya menjaga kebersihan. Syarat ini wajib hukumnya dan menjadi strategi utama bagi Anda sebelum berjualan produk apapun terutama makanan & minuman. Kebersihan harus meliputi pakaian dan tubuh penjual, tempat berjualan, produk f&b yang dijual hingga kemasan yang digunakan untuk mengemas makanan.
Temukan Lokasi yang Strategis!

Strategi berikutnya adalah pemilihan lokasi berjualan yang strategis. Strategis yang dimaksud adalah banyak dilihat dan dilalui orang-orang, berada di tempat orang berkumpul, atau lokasi tersebut harus mudah diakses oleh kendaraan apapun.
Pilihlah lokasi berjualan dengan bijak dan sesuai kemampuan finansial Anda ya. Jangan memaksakan untuk berjualan di tempat strategis namun dengan biaya sewa atau harga beli yang terlalu tinggi. Ingat, jangan sampai lebih besar daripada tiang ya.
Baca juga: 8 Tips Jitu Memilih Tempat Usaha Strategis
Pilih Media Jualan yang Tepat

Masuk pada strategi ketiga yaitu pemilihan media berjualan. Media yang dimaksud di sini adalah apakah Anda akan berjualan dengan gerobak? Atau meja dan kursi? Atau bahkan ruko?
Pemilihan media ini harus betul-betul di riset serta disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda. Pikirkan pula kelebihan dan kekurangan dari masing-masing media berjualan, baik dari sisi waktu, tenaga serta optimasi omset penjualan setiap harinya.
Sebagai contoh, jika Anda berniat untuk berjualan secara keliling, maka gerobak adalah pilihan terbaiknya. Namun, jika Anda ingin berjualan secara menetap, cukup sediakan stan semi permanen yang dilengkapi dengan meja, kursi, serta atap/payung agar terhindar dari panas dan hujan.
Baca juga: Kenapa dengan Gerobak Cocok untuk Memulai Bisnis Makanan dan Minuman
Sajikan Menu Sarapan Terbaik Versi Anda

Strategi keempat ini juga tidak kalah pentingnya. Setelah segala persiapan pendukung selesai, kini saatnya menyiapkan menu sarapan terbaik versi Anda. Meski dengan resep yang sederhana, pastikan rasanya nikmat dan otentik ya.
Jika Anda memiliki skill memasak lebih dari satu menu, itu juga jadi kelebihan loh. Dengan menawarkan menu sarapan pagi yang beragam, akan membuat konsumen merasa memiliki banyak pilihan setiap harinya. Selain itu, penuhi syarat angka kecukupan gizi ya agar konsumen tidak hanya kenyang namun juga sehat.
Baca juga: Menu Sarapan Sehat agar Tubuh Berenergi
Kolaborasi Menu Dengan Pengusaha Lain

Strategi yang terakhir ini bisa diterapkan bagi Anda yang ingin menjual aneka menu sarapan beragam namun ingin efisiensi tenaga dan waktu. Ajak saja pengusaha f&b lainnya untuk berkolaborasi. Misalnya, Anda menjual menu makanan, rekan Anda menjual menu minuman sehat seperti jus.
Pemilihan rekan kolaborasi yang tepat, akan meningkatkan penjualan harian Anda loh. Jadi, pilih menu pendamping yang sesuai dengan menu yang Anda jual ya. Agar konsumen tidak saja membeli menu makanan saja tapi juga dengan menu minumannya.
Baca juga: 7 Alasan Mengapa Kolaborasi Bisnis Sebaiknya Dilakukan
Lima poin di atas dapat Anda jadikan strategi untuk berjualan menu sarapan. Jika ada poin lainnya silahkan tambahkan di kolom komentar ya. Atau jika ingin ada yang ditanyakan, silahkan ajukan pertanyaan di kolom komentar.
Ikuti terus artikel inspirasi bisnis lainnya di website KAWN ya. Sampai jumpa dan sukses selalu! Aplikasi kasir KAWN, satu harga dengan berbagai fitur unggulan.