Sei Sapi Favorit Di Jakarta. Sudahkah Anda Kunjungi?

-

Sei sapi, menu makanan yang selama tiga tahun terakhir menjadi marak diperbincangkan di kalangan pecinta kuliner, terutama Jakarta. Mengapa demikian? Sei sapi hadir di tengah menjamurnya makanan dengan bahan dasar ayam maupun fast food lainnya. Sebelum kita mencari tahu sei sapi recommended di Jakarta, mari kita berkenalan dengan sei terlebih dulu.

Sei sendiri berasal dari daerah Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur. Daging sei disayat dalam ukuran kecil memanjang kemudian dimasak dengan asap panas dari pembakaran kayu pohon kesambi. Di daerah asalnya, sei menggunakan daging babi hutan liar maupun babi ternak yang dipercaya memiliki kenikmatan melebihi daging lainnya.

Melihat fakta ini, pendatang dan umat muslim di NTT menggantinya dengan sapi agar halal dan bisa dikonsumsi oleh banyak orang. Terobosan ini akhirnya mensukseskan pemasaran menu khas NTT ini secara nasional. Sehingga, jadilah sei sapi yang kini menjadi fenomenal tidak saja di daerah asalnya namun sampai ke ibu kota.

Baca juga: Makanan Khas Indonesia yang Mendunia, Pastinya Buat Anda Ketagihan!

Fakta menarik lainnya dari sei adalah cara memasaknya yang bukan dibakar melainkan dengan asap perapian sehingga tetap terjaga aroma dan cita rasanya. Selain itu, sei dihidangkan dengan sambal khas NTT, yaitu sambal luat yang terdiri dari irisan cabai, bawang merah dan bawang putih. Sayuran pendamping untuk makan sei biasanya adalah tumis daun kelor, bunga, daun dan buah pepaya muda, serta daun singkong.

Hhemm, semakin tergambar dengan jelas bukan sajian sei sapi ini? Bagaimana jika kita langsung saja mencari tahu di mana lokasi sei sapi recommended di sekitar Jakarta? KAWN sudah menyiapkan khusus untuk Anda, berikut rangkumannya.

Baca juga: Teknologi Pengasapan Pada Pengawetan Ikan

Sei Sapi Kana

Source: instagram.com/seisapikana.id

Berangkat dari maraknya menu olahan budaya barat, Sei Sapi Kana memiliki visi misi yang nyata untuk mempopulerkan cita rasa nusantara secara global. Mengusung konsep kemitraan, tidak berlebihan jika dikatakan sei sapi menjadi peluang bisnis baru di bidang f&b. Dapat dilihat dari banyaknya mitra (Sabang hingga Merauke) yang bergabung untuk melebarkan bisnis Sei Sapi Kana ini di Indonesia.

Sei Sapi Kana sendiri memiliki empat jenis pilihan menu, yaitu sei ayam, sei sapi, sei lidah dan special longboard. Anda pun bebas memilih sambal pendamping untuk keempat menu di atas. Untuk menjadi catatan, Anda dapat memesan sei lidah yang menjadi signature di Sei Sapi Kana dan tentunya tidak lupa dengan kuah sapi gurih sebagai pelengkapnya.

Baca juga: Lakukan 5 Tips Ini Biar Bisnis Daging Online Bisa Laku Keras

Seilera

Source: instagram.com/seisapikanajkt

Pemilihan nama brand untuk sei sapi di Jakarta terbilang unik. Para pencetusnya dipaksa untuk kreatif sehingga para pelanggan dengan mudah mengingat nama brand-nya. Salah satunya adalah Seilera.

Berlokasi di sekitar ibu kota, Seilera menghadirkan daging-daging asap berkualitas tinggi serta dilengkapi dengan sajian nasi jeruk yang sangat aromatik. Jangan lupa  pilihan sambalnya (sambal kecombrang, matah, hijau dan bawang) juga memperkaya rasa dari Seilera itu sendiri. Dengan pilihan paket duo, kini Anda bisa makan berdua bersama orang terkasih saat berkunjung ke outlet Seilera favorit Anda.

Baca juga: 5 Hal Penting yang Dilakukan Bisnis Kuliner saat New Normal

Koka Sikka Sei Sapi

Source: instagram.com/kokasikka

Selalu disajikan dengan irisan daging tebal sudah menjadi ciri khas dari sei sapi, namun jangan heran jika di Koka Sikka Sei Sapi Anda menemukan sebaliknya. Namun yang mengherankan, Anda tidak akan memprotesnya karena tertutup dengan bumbu rahasia yang hanya dimiliki oleh Koka Sikka.

Berlokasi di Pasar Santa Lantai 1 dan Jalan Layur Rawamangun, membuat Anda pecinta sei sapi dapat dengan mudah menjumpai Koka Sikka di ibu kota. Dengan range harga yang sangat terjangkau, Koka Sikka layak Anda masukkan ke daftar sei sapi yang wajib dicicipi. Sudahkah Anda menambahkannya?

Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Makan Enak di Kemang, Jakarta Selatan

Sei Sapi Narama

Source: instagram.com/seisapinarama

Yang berikutnya ini memiliki keunikkan dari karbohidrat yang ditawarkan. Bagi Anda yang bosan makan sei dengan nasi, di Narama Anda bisa memilih karbohidratnya dengan yamin. Ada menu mie yamin sei ayam dan mie yamin sei sapi. Pilihan lain hadir dari porsi, yaitu adanya jumbo sei.

Pilihan ini bisa Anda pilih, jika memang porsi makan Anda besar atau bisa juga untuk sharing dengan keluarga maupun sahabat saat makan di sana. Lokasinya masih di sekitar Jakarta Selatan yaitu yakni di Lebak Bulus, Moss Bakery Food Court. Tempat yang nyaman disertai makanan yang lezat.

Baca juga: 5 Kafe di Lebak Bulus yang Cocok untuk Santai Sore

Sei & Co.

Source: instagram.com/seiandco.id

Sei sapi satu ini sudah sangat terkenal dengan dagingnya yang lembut dan sangat mudah dikunyah (empuk). Bertempat di Tanjung Duren, Jakarta Barat, Anda bisa memilih platter sei ayam atau sei sapi. Tentunya jangan lupa untuk memesan sambal yang menjadi syarat melengkapi hidangan sei itu sendiri.

Keunikan lainnya hadir ketika Anda harus memilih jumlah gram dari daging sei yang hendak dipesan. Ada sei sapi 50 gram dan 80 gram. Keduanya sama-samanya lezat, tinggal menyesuaikan berapa banyak jumlah porsi makan Anda.

Baca juga: Pemakan Daging Vs Vegetarian, Siapa yang Lebih Panjang Umur?

Demikianlah rangkuman sei sapi khas Kupang, Nusa Tenggara Timur. Setiap brand memiliki keunikan tersendiri, namun tidak akan merusak kekhasan dari rasa sei itu sendiri. Apakah ada yang hendak akan Anda kunjungi? Atau ada diantaranya yang sudah menjadi favorit Anda? Silahkan tulis pendapat Anda di kolom komentar.

Nantikan terus artikel bisnis, inspirasi dan seputar f&b berikutnya di halaman blog KAWN. Pastikan Anda tidak saja menjadi pembaca serta pelanggan produk-produk lokal, namun juga terinspirasi untuk menjadi usahawan mandiri Indonesia. Bersama KAWN, semua bisa jadi usahawan. Satu aplikasi, berbagai fitur.