Sate Padang Kesukaannya Orang Jakarta Nih, Lamak Bana!

-

Sate Padang, menjadi salah satu dari sekian banyak makanan khas Kota Padang yang lezatnya tak terbantahkan. Memang benar adanya, Kota Padang selalu menyajikan banyak cerita menarik untuk dibahas, salah satunya pada dunia kuliner.

Hidangan lezat, kaya akan rempah, cenderung pedas serta sangat familiar dengan penggunaan santan menjadi ciri khas dari makanan khas Kota Padang. Rendang misalnya, dilansir dari laman resepkoki.id, ada lebih dari 10 jenis rempah yang dipakai untuk memasak rendang, mulai dari jahe, lengkuas, asam kandis, pala, daun kunyit, cengkeh serta daun jeruk.

Baca juga: Bukan Hanya Sebagai Penyedap Masakan, Kenali Ragam Manfaat Kesehatan dari Rempah-Rempah Berikut ini

Begitupun sama halnya dengan Sate Padang, sate khas dari Tanah Minang ini juga kaya akan rempah-rempah. Tak ayal, membuat Sate Padang memiliki cita rasa yang sangat lezat nan menggugah selera.

Sate Padang umumnya menggunakan banyak bagian yang ada di tubuh sapi, mulai dari daging sapi, jeroan hingga lidah sapi. Tentunya ini berbeda dengan sate dari kota lainnya, yang hanya menggunakan dagingnya saja.    

Baca juga: Makanan Khas Indonesia yang Mendunia, Pastinya Buat Anda Ketagihan!

Satu yang menjadi ciri khas dari Sate Padang, yakni panci wadah bumbu atau kuah sate yang diletakan diatas bara api. Sehingga, akan terasa hangat saat pertama kali Sate Padang disajikan.

Selain rumah makan padang, Sate Padang juga menjadi salah satu kuliner khas Padang yang sangat mudah ditemui di Kota Jakarta. Hampir di setiap penjuru ibukota hadir penjaja Sate Padang, baik itu yang mangkal atau dijual secara keliling menggunakan gerobak.

Lantas, Sate Padang mana saja yang menjadi favoritnya orang Jakarta. Dikutip dari beberapa sumber, yuk kita bahas satu persatu!

Sate Padang Ajo Ramon

source : @kayanyaenak

Sate Padang pertama yang menjadi kesukaannya orang Jakarta ada di kawasan Pasar Santa. Sudah sejak lama kawasan Santa menjadi pusatnya kuliner di Jakarta Selatan. Beberapa diantaranya yang wajib Anda cicipi mulai dari Seafood 68, Kedai Kopi Tuku, Ketoprak Ciragil hingga Sate Padang Ajo Ramon.

Baca juga: 5 Kedai Seafood di Jakarta yang Wajib Anda Coba

Meski Sate Padang ini berkonsep kaki lima, namun jangan sekali-kali Anda meremehkan rasanya. Karena bisa dikatakan, kedai ini memiliki citarasa layaknya hotel bintang lima. Tidak heran, jika terjadi antrian yang kerap kali mengular di kedai ini.

Baca juga: Antrian Pelanggan Sering Mengular? Lakukan 5 Langkah ini Sebagai Solusinya!

Sate Ajo Ramon merupakan salah satu sate khas Padang Pariaman. Dimana, kuah bumbu berwarna coklat agak kemerahan dan melimpah merupakan ciri yang paling mencolok dari hidangan ini.

40 tahun lebih sudah, Sate Padang Ajo Ramon mulai memanjakan lidah para pecintanya. Akan tetapi, kualitas rasa yang dihasilkan tidak pernah berubah hingga saat ini, meski pendirinya yaitu Ajo Ramon telah meninggal dunia.

Alamat: Pasar Santa, Area Parkir, Jl. Cipaku I, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Jam buka: Setiap hari, pukul 16.00 - 00.00 WIB

Kisaran harga: Mulai dari Rp 28.000 per porsi

Sate Padang Ajo Manih

source : landwords

Bukan hanya Jakarta Selatan, kawasan Rawamangun, Jakarta Timur juga terdapat kedai Sate Padang yang sangat disayangkan untuk dilewatkan, yakni Sate Padang Ajo Manih. Lokasinya berada tepat di pinggir jalan Balai Pustaka yang ramai. Bahkan tak jarang terjadinya kemacetan akibat banyaknya kendaraan warga Jakarta yang berwisata kuliner di kawasan ini.

Sate Padang Ajo Manih buka setiap hari mulai pukul 5 sore hingga pukul 1 dini hari. Kedai sate ini juga menawarkan berbagai macam pilihan sate, mulai dari daging sapi, lidah hingga jeroan sapi. Satu yang menjadi unggulan kedai Sate Padang disini adalah potongan daging yang begitu besar serta tekstur empuk saat pertama kali di gigit.

Alamat: Jl. Balai Pustaka Timur, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur

Jam buka: Setiap hari, mulai pukul 17.00 - 01.00 WIB

Kisaran harga: Mulai dari Rp 30.000

Sate Padang Mak Syukur

source : traveloka

Masih di sekitaran Rawamangun, namun sedikit bergeser ke Jalan Pegambiran. Dijalan ini terdapat satu rumah makan sate padang yang tersohor sejak 1941, Sate Padang Mak Syukur namanya. Sangat melegenda bukan?

Baca juga: Makanan Legendaris di Pasar Mayestik

Meski sudah sejak lama berdiri, rasa dari Sate Padang Mak Syukur bisa dibilang jempolan. Sama seperti Sate Padang pada umumnya, berbahan dasar daging, jeroan serta lidah sapi, kemudian dihidangkan dengan potongan ketupat dan taburan bawang goreng.

Meski berkonsep rumah makan, Anda tidak perlu khawatir sola harga. Di rumah makan ini, seporsi Sate Padang dihargai mulai Rp 20.000 saja untuk porsi kecil, serta Rp 28.000 untuk porsi besarnya. So, tertarik mampir ke Sate Padang Mak Syukur?

Alamat: Jl. Pegambiran No.37, Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur

Jam buka: Setiap hari, mulai pukul 11.30 – 21.30 WIB

Kisaran harga: Mulai dari Rp 20.000

Sate Padang Buyung Kuriak

source : @dad_dish

Anda pecinta sate yang sedang melintas di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat? Sepertinya Anda wajib mampir untuk mencicipi seporsi Sate Padang di ke kedai Sate Padang Buyung Kuriak.

Kuah atau bumbu di kedai Sate Padang ini cukup pedas dibanding dengan ketiga Sate Padang sebelumnya. Akan tetapi, faktor tersebut sama sekali tidak mengurangi tingkat kelezatan serta kenikmatan saat Anda mengonsumsinya.

Harga yang dibanderol pun cukup ramah dikantong. Hanya bermodalkan Rp 30.000, Anda sudah bisa menikmati sepuluh tusuk Sate Padang yang bisa Anda sesuaikan dengan selera Anda. Misalkan, jika Anda tidak suka jeroan sapi, Anda bisa memesan daging sapi semuanya, begitupun sebaliknya.

Baca juga: Macam-Macam Modifier dan Bagaimana Menyikapinya

Alamat: Jl. Panjang Kampung Baru, Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat

Jam buka: Setiap hari, mulai pukul 16.00 - 00.00 WIB

Kisaran harga: Mulai Rp 30.000 per porsi

Sate Padang Mak Adjat

source : @dad_dish

Terakhir, ada Sate Padang Mak Adjat yang menjadi favoritnya Sate Padang bagi Warga Jakarta Pusat. Kuah kuning dengan rasa yang gurih nan lezat, serta tekstur daging sate yang empuk menjadi alasan utama mengapa kedai sate ini selalu dipenuhi banyak pengunjung.

Mungkin bagi warga Kemayoran dan sekitarnya sudah tidak asing dengan Sate Padang Mak Adjat. Akan tetapi, bagi Anda yang tinggal jauh dari kawasan ini, tidak ada salahnya jika mengeluarkan sedikit usaha untuk jauh-jauh mampir ke kedai sate ini. Dijamin, usaha dan pengorbanan Anda tidak akan sia-sia saat pertama kali mencicipinya.

Alamat: Jl. Gn. Sahari No.50, Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat

Jam buka: Setiap hari, mulai pukul 18.30 – 00.00 WIB

Kisaran harga: Mulai dari Rp 43.000 per porsi

KawanKAWN, baru saja kami bahas mengenai Sate Padang yang masuk kategori “lamak bana” versinya orang Jakarta. Akan tetapi, jika Anda memiliki daftar Sate Padang lainnya. Jangan sungkan-sungkan untuk tulis di kolom komentar ya! Terima kasih!