Sate, Salah Satu Sajian yang Wajib Anda Coba Saat Mampir Ke Kota-Kota ini!

-

Sate menjadi salah satu dari sekian banyak makanan lezat yang ada di Indonesia saat ini. Meski sangat beragam, namun tetap saja sajian sate selalu memiliki tempat di hati para penggemarnya.  

Pada dasarnya, sate merupakan sajian makanan yang proses memasaknya dengan cara dibakar. Bahan makanan yang lazim digunakan adalah daging, baik itu daging ayam, daging kambing atau daging sapi. Akan tetapi, di beberapa daerah di Indonesia, ada yang menggunakan bahan-bahan lainnya, seperti ikan, lidah sapi, jeroan sapi atau bahkan udang.  

Baca juga: 5 Olahan Ayam dari Berbagai Daerah Di Indonesia, Buat Nafsu Makan Anda Memuncak!

Sebelum dibakar diatas bara api, terlebih dahulu daging dipotong kecil-kecil. Kemudian ditusuk menggunakan batang bambu yang sudah dibuat tajam, yang biasanya dikenal dengan tusukan sate.

Menariknya, Indonesia yang kaya akan keberagaman, baik itu suku, budaya dan bahasa membuat aspek kuliner juga semakin beragam. Bahkan, dari satu jenis makanan saja bisa menghasilkan output yang bermacam-macam pula, tak terkecuali dengan sate.

Oleh karena itu, sangat disayangkan jika Anda sedang berlibur atau mengunjungi beberapa kota di Indonesia ini, namun tidak mencicipi sajian satenya. Lantas, sajian sate di kota mana saja yang wajib Anda coba? Melansir dari beberapa sumber, berikut ulasannya.

Sate Tegal

source : reseppedia

Tegal, salah satu kota di Jalur Pantura Pulau Jawa ini bukan hanya terkenal dengan Warung Tegalnya, melainkan sajian sate yang begitu lezat dan menggugah selera. Sate Tegal sendiri berbahan dasar daging kambing muda, atau yang bisa dikenal dengan istilah balibul atau berusia dibawah lima bulan.

Baca juga: Di Tegal Wajib Nyate Kambing Muda yang Empuk Juicy di 5 Tempat Ini

Tidak mengherankan, jika Sate Tegal terasa begitu empuk saat Anda mengunyahnya. Sekedar info untuk bumbunya, campuran kecap manis dengan irisan cabai, bawang merah dan tomat, terdengar cukup sederhana memang. Meski sederhana, jangan sekali-kali Anda meremehkan lezatnya seporsi Sate Tegal! Karena dijamin, Anda akan ketagihan dibuatnya.

Saat di Tegal, Anda bisa mampir ke Sate Kambing Muda Indra Sari yang berada di Jl. Sultan Agung No. 12. Potongan daging kambing yang besar namun empuk saat dikunyah, membuat kedai ini tidak pernah sepi pembeli. Bahkan, banyak artis-artis Ibukota yang rela mampir ke kedai sate ini.

Sate Padang

source : kompas

Selalu ada saja cerita kuliner yang menarik untuk dibahas dari Kota Padang. Bagaimana tidak, kota yang berada di Pulau Sumatera ini telah melahirkan banyak makanan enak, mulai dari rendang, Soto Padang, dendeng batokok, ayam pop hingga gulai tunjang. Hebatnya lagi, rendang pernah dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia selama 8 tahun berturut-turut. Menarik bukan!

Baca juga: Rendang, 8 Tahun Menjadi Makanan Terenak di Dunia versi CNN Travel

Akan tetapi, selain yang sudah disebutkan diatas, ada satu lagi kuliner lezat khas Tanah Minangkabau, yakni Sate Padang. Meski banyak juga ditemui di Jakarta, pastinya ada sensasi tersendiri saat Anda menikmati sajian ini di kota asalnya.

Baca juga: Menu Khas yang Selalu Ada Di Rumah Makan Padang, Mana Favorit Anda?

Berbeda dengan Sate Tegal, Sate Padang menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Namun, daging bukanlah satu-satunya yang digunakan pada sajian ini, banyak bagian lainnya yang digunakan juga, seperti lidah, jeroan, paru atau bahkan hati sapi.    

Sate Padang menggunakan bumbu yang terbuat dari larutan tepung beras, kaldu sapi dan bumbu rempah khas Padang. Disajikan dengan potongan ketupat dan taburan bawang goreng, membuat hidangan ini begitu menggugah selera Anda. Dikutip dari laman pegipegi, setidaknya ada 4 kedai Sate Padang yang wajib Anda cicipi, yakni Sate Mak Syukur, Sate Ajo Laweh, Sate Ajo Abas serta Sate Danguang-Danguang.

Sate Maranggi

source : iNews

KawanKAWN, rasanya ada yang kurang ya, jika tidak memasukan sate maranggi yang kedalam daftar. Pasalnya, kelezatan sate yang berasal dari Kota Purwakarta, Jawa Barat ini memang pantas disejajarkan dengan sate dari kota lainnya.

Hampir mirip dengan sate dari Kota Padang, sate maranggi juga menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Satu yang menjadi unggulan dari sate ini, dimana daging yang sudah di iris-iris akan dimarinasi terlebih dahulu ke dalam larutan bumbu. Sehingga tidak memerlukan saus pendamping karena bumbu sudah meresap ke dalam potongan dagingnya

Untuk itu, jika Anda mampir ke Purwakarta, jangan hanya menikmati keindahan alamnya saja ya! Namun, Anda juga wajib menikmati sajian satenya. Salah satu yang patut Anda sambangi adalah Sate Maranggi Haji Yetty yang berada di Jalan Raya Cibungur.

Sate Klathak

source : satepakjade

Yogjakarta, siapa sih yang tidak mau melancong ke kota ini? Rasanya, tidak ada ya! Hampir semua orang Indonesia, terutama masyarakat Jakarta pasti tertarik untuk berlibur ke Yogjakarta.

Bukan hanya menyajikan keindahan alam dan pusat budaya, Yogyakarta juga melahirkan beberapa kuliner yang menarik untuk di coba, salah satunya sate klathak. Meski tidak sepopuler gudeg, namun sate klathak juga wajib Anda cicipi.

Berbeda dengan sate pada umumnya, sate klathak menggunakan besi sebagai tusukannya. Lantas, mengapa disebut sate klathak? Nama klathak diambil dari proses pembakaran sate tersebut yang mengeluarkan bunyi 'klathak'.

Sate klathak terbuat dari irisan daging kambing yang diberi bumbu minimalis berupa larutan garam dan bawang putih. Biasanya disajikan bersama dengan kuah gulai kambing serta nasi atau lontong.

Baca juga: Kuliner di Kota Yogyakarta yang Wajib Anda Kunjungi

Jika Anda sedang berlibur di Yogyakarta, jangan lupa mampir ke Sate Klathak Pak Pong ya! Kedai sate ini berada di Jl. Sultan Agung No.18 Bantul, Yogyakarta. Namun Anda jangan heran jika mendapatkan antrian yang mengular saat mampir kesini, pasalnya bukan wisatawan dari luar kota saja, penduduk asli Yogyakarta pun banyak yang suka dengan Sate Klathak Pak Pong.

Sate Madura

source : sajiansedap

Sajian sate ini memang sangat mudah ditemukan di Kota Jakarta dan kota-kota lainnya di Indonesia. Pasalnya, banyak sekali ditemukannya penjaja sate ini, baik itu dengan konsep gerobak keliling, kaki lima atau bahkan restoran. Namun, pernahkah Anda menikmati seporsi Sate Madura di kota asalnya?

Sate madura menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya. Biasanya, Sate Madura disajikan dengan dua macam pilihan bumbu, yakni bumbu kacang dan bumbu kecap. Baik itu disajikan bersama dengan nasi atau lontong, sama enak dan tentu saja tidak akan mengurangi kenikmatan dari seporsi Sate Madura.

Depot Sate 35 Bluto, salah satu rekomendasi kedai sate yang wajib Anda cicipi saat menyambangi Pulau Madura. Bukan hanya wisatawan atau penduduk lokal saja, sekelas Gubernur hingga Presiden pun pernah mencicipi lezatnya seporsi sate di kedai ini.

Baru saja kita bahas sajian sate dari beberapa kota yang ada di Indonesia. Tidak bisa dipungkiri, kalau deretan sate yang disebutkan diatas bisa kita temukan juga di Kota Jakarta. Namun, tidak ada salahnya kalau menikmati sate-sate tersebut di kota kelahirannya.

KawanKAWN, jika Anda memiliki daftar sate lainnya yang menurut Anda layak untuk dibahas, silahkan komen di kolom komentar ya! Terima kasih!