Rental Mobil Jelang Lebaran Laris Manis? Berikut Tipsnya!

-

Rental mobil atau bisnis penyewaan kendaraan roda 4 menjadi salah satu bisnis bidang otomotif yang banyak dijalani hingga saat ini. Permintaannya yang tak pernah surut, membuat bisnis ini selalu saja kehadiran pemain baru.

Setiap daerah di Indonesia ini pasti ada saja pemain bisnis rental mobil. Terlebih jika daerah Anda kental akan sektor pariwisatanya, tentu saja membuat bisnis ini memiliki potensi keuntungan yang tidak sedikit.

Perlu Anda catat, menjalankan bisnis rental mobil tidak wajib memiliki mobil dalam jumlah banyak. Artinya, Anda bisa menjalankannya hanya dengan bermodalkan 1 unit mobil saja. Bahkan, menggunakan mobil pribadi Anda sekalipun.

Baca juga: 4 Bisnis yang Perlu Anda Coba Menjelang Lebaran

Poin plus lainnya, bisnis rental mobil juga memiliki periode keemasan. Banyak momen-momen tertentu yang membuat bisnis ini kebanjiran orderan, seperti momen tahun baru, Natal, liburan sekolah hingga momen Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Tidak bisa dipungkiri, banyak masyarakat yang memanfaatkan momen Lebaran dengan mengunjungi orang tua atau sanak saudara di kampung halaman.  

Baca juga: Mudik Lebaran 2022, Pemudik Diprediksi Mencapai 74,9 Juta Orang

Namun, agar momen jelang Lebaran bisa menghasilkan cuan pada bisnis rental mobil, Anda perlu menerapkan beberapa tips atau strategi jitu. Seperti yang dikutip dari beberapa sumber, berikut penjelasannya.

Rental Mobil Jelang Lebaran Wajib Menerapkan Beberapa Syarat

source : axxor

Tips pertama saat membangun bisnis rental mobil jelang Lebaran adalah memberlakukan beberapa persyaratan kepada calon pemakai atau penyewa. syarat ini diberlakukan untuk mencegah tindak kriminal, seperti penggelapan mobil.

Selain menyiapkan sejumlah uang, syarat menyewa mobil jelang Lebaran juga cukup ketat. Terlebih jika calon penyewa merupakan orang asing atau tidak Anda kenal.

Dikutip dari laman otosia, persyaratan rental mobil terbagi 2 kategori, yakni rental lepas kunci dan rental menggunakan sopir. Untuk yang menggunakan sopir, beberapa syarat diantaranya, mulai dari fotokopi KTP suami istri, KTP orang tua, kartu keluarga. Perlu diingat, alamatnya harus sesuai dengan tempat tinggal saat ini ya!

Sedangkan, persyaratan untuk lepas kunci sedikit lebih ketat. Pasalnya calon penyewa harus menyertakan fotokopi PBB dan juga bersedia untuk disurvei kerumah terlebih dahulu.  

Baca juga: Fotokopi, Kenali Tips Sukses untuk Memulai Bisnis Ini

Pilih Mobil yang Cocok untuk Momen Lebaran

source : buy a car

Hal ini bisa menjadi kunci untuk menarik atensi calon penyewa mobil, yakni jenis mobil. Seperti kita ketahui, Lebaran merupakan momennya kumpul keluarga. Oleh karena itu, jenis mobil yang cocok digunakan saat momen lebaran adalah jenis mobil keluarga atau multi purpose vehicle (MPV).

Jenis mobil ini biasanya mampu menampung hingga 7 atau 8 orang penumpang. Selain itu, mobil ini juga terdapat bagasi yang cukup luas untuk menampung barang-barang.

Selain itu, siapkan mobil yang banyak diminati calon penyewa. Biasanya, penyewa bukan hanya memperhatikan faktor kapasitas saja, melainkan dari sisi irit bahan bakar dan mudah dikemudikan. Beberapa merek mobil biasanya diminati banyak penyewa adalah Xenia, Avanza maupun Innova.  

Baca juga: Elon Musk, Sosok Pengusaha Sukses di Usia Muda, Mari Intip Rekam Jejaknya

Tentukan Harga dan Masa Sewa yang Sesuai

source : kr-asia

Selanjutnya, tentukan harga dan masa sewa yang sesuai. Karena biasanya, pelaku bisnis rental mobil memberlakukan harga dan masa sewa yang berbeda dari hari biasanya, seperti paket sewa 5 hari, 7 hari hingga 10 hari.

Seperti contoh, dikutip angelitarentcar, salah satu penyedia jasa rental mobil di Jakarta memberlakukan paket 7 dan 10 hari sewa. Dimana, untuk sewa mobil jenis Avanza tanpa driver selama 7 hari dikenakan biaya Rp 3.500.000, sedangkan untuk 10 hari dikenakan Rp 4.500.000.

Ini bisa menjadi acuan Anda saat menentukan harga dan masa sewa saat momen lebaran. Catatannya, buat harga yang bersaing dengan kompetitor Anda. Harga yang terlalu murah bisa membuat Anda menderita kerugian, sedangkan harga yang terlalu mahal membuat Anda ditinggalkan calon penyewa.

Baca juga: Analisis Kompetitor Penting untuk Dilakukan, Berikut Caranya!

Lakukan Perawatan Terhadap Mobil

source : izmir auto car

Pastikan kondisi mobil yang Anda sewakan dalam keadaan prima. Jika perlu, lakukan perawatan mobil secara berkala di bengkel-bengkel terpercaya.

Baca juga: Bengkel Motor, Bisnis yang Tak Lekang Oleh Waktu

Pasalnya, banyak yang melakukan perjalanan jarak jauh saat momen Lebaran. Belum lagi kondisi jalan yang macet, sudah pasti dibutuhkan kondisi mobil yang sehat.

Dengan kondisi mobil yang sehat, tentunya membuat perjalanan jauh menjadi aman dan juga nyaman. Dikutip garasi, setidaknya ada 7 poin penting yang wajib mendapatkan perawatan sebelum momen lebaran, mulai dari oli mesin, air radiator, filter dan selang bensin, ban, kopling, suspensi dan juga bagian pengereman.

Lakukan Pemasaran

source : uprint

Perlu Anda ketahui, Anda bukan satu-satunya pemain pada bisnis ini. Untuk mengenalkan bisnis Anda kepada banyak konsumen dan mampu bersaing sesama kompetitor, dibutuhkan strategi pemasaran yang cukup jitu.

Anda bisa memanfaatkan peran internet dengan membuat akun media sosial dan website untuk promosi. Selain itu, strategi word of mouth atau dari mulut ke mulut masih menjadi cara ampuh untuk mengenalkan bisnis rental mobil kepada orang lain, baik yang Anda kenal maupun tidak.

Baca juga: Media Sosial x Bisnis

KawanKAWN, Lebaran menjadi momen yang ditunggu-tunggu umat muslim di seluruh belahan Indonesia. Beragam aktivitas dilakukan saat momen tersebut, mudik atau berkunjung ke rumah orang tua salah satunya.

Aktivitas ini membuat bisnis rental mobil kerap kebanjiran pesanan. Bahkan, pesanan ini datang dari jauh-jauh hari sebelumnya.

Untuk itu, mau rental mobil Anda banyak peminat jelang Lebaran? Yuk terapkan beberapa tips diatas! Namun, jika Anda punya tips jitu lainnya, silahkan berbagi di kolom komentar ya! Terima kasih!