Bisnis Bidang Musik yang Menarik Untuk Dicoba

-

Bisnis bisa dikategorikan dalam berbagai macam bidang, konsep, skala atau bahkan cara kerja. Seiring perkembangan zaman, banyak sekali bidang bisnis yang bisa dijalani seseorang, mulai dari berbisnis di bidang kebutuhan pokok, layanan komunikasi, bidang jasa pengiriman, kuliner hingga bidang musik.

Baca juga: Freelance Bidang Kuliner yang Bisa Digeluti

Menarik memang, selain bisa menjadi hiburan semua orang, bidang musik juga menyajikan berbagai macam bisnis yang mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah yang tidak sedikit. Namun, perlu diketahui juga, jika musik bukanlah kebutuhan primer bagi setiap orang.

Oleh karena itu, pentingnya melakukan berbagai macam strategi agar tercapainya tujuan dari sebuah bisnis. Terlebih di masa pandemi Covid-19 yang sedang mewabah, sudah barang tentu Anda tidak boleh sembarangan dalam menjalani bisnis pada bidang ini.

Contoh kasus ada pada bisnis konser musik. Bisnis yang biasa dijalankan bagi perusahaan event organizer ini seakan mati suri di masa pandemi Covid-19. Bagaimana tidak, pembatasan sosial yang harus menerapkan protokol kesehatan membuat konser musik sama sekali tidak diberikan izin oleh pemerintah. Sehingga, banyak pelaku bisnis ini memutar otak untuk mencari alternatif bisnis lainnya.

Baca juga: Ini Alasan Panggung Musik Mati Suri di Masa Pandemi

Lantas, jika melihat kondisi seperti saat ini, bisnis bidang musik apa saja yang menarik untuk dijalankan? Dilansir dari beberapa laman, berikut ulasannya.

Bisnis Toko Alat Musik Secara Online

source : dianisa

Bisnis bidang musik pertama yang menarik untuk dicoba saat ini adalah toko alat musik. Kita menyadari memang, jika alat musik bukan kebutuhan primer layaknya makanan pokok maupun pakaian. Namun, sebagai kebutuhan hobi dan juga profesi, alat musik tetaplah dibutuhkan.

Untuk itu, buatlah toko alat musik untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Kuncinya, buka toko secara online di berbagai marketplace, gencar lakukan promosi di berbagai platform media sosial, siapkan alat musik yang beragam serta buat harga yang kompetitif. Niscaya, konsumen akan berdatangan pada toko online Anda.

Baca juga: 7 Trik Memanfaatkan Media Sosial untuk Tingkatkan Penjualan

Bisnis Kursus Musik

source : canva

Anda memiliki kemampuan bermain alat musik yang mumpuni, lalu Anda juga fasih dalam berkomunikasi, kenapa tidak menjalani bisnis kursus alat musik saja! Dari pada skill Anda dipendam, yuk cari aktivitas yang lebih bermanfaat dengan menjadi tenaga pengajar pada bidang bermusik.

Ketertarikan masyarakat pada dunia musik, membuat kursus musik semakin dicari. Terlebih bagi kalangan pelajar, dimana usia tersebut masih mencari jati diri atau bakat yang terpendam pada dirinya. Tak ayal, target market bisnis kursus musik kebanyakan dari kalangan pelajar. Poin plusnya, kursus musik juga bisa dijalankan secara online tanpa tatap muka langsung lho, yuk coba!  

Rental Studio Musik

source : canva

Masih ingatkah kalian, menjamurnya rental studio musik di awal tahun 2000an? Yup, studio-studio musik terbilang sangat tenar di eranya. Di luar jam-jam sekolah sering kali anak-anak sekolah kumpul untuk bermain musik di studio musik.

Baca juga: Sulitnya Menemukan Studio Musik di Masa Sekarang

Bisa dikatakan, saat ini cukup sulit menemukan studio musik. Padahal, pasarnya masih tetap ada lho! Banyak anak muda pecinta musik yang tidak tahu harus kemana untuk menyalurkan hobinya ini.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tidak ada salahnya jika Anda coba untuk mendirikan sebuah studio musik. Caranya, siapkan ruangan yang cukup, lengkapi dengan peredam suara di seluruh dindingnya. Lalu, siapkan alat musik dan perangkat lainnya dengan lengkap.

Kalau sudah tersedia semua, gencar lakukan promosi di media sosial. Gencar berpromosi dan lakukan pendekatan kepada beberapa komunitas musik baik di lingkungan sekolah maupun kampus. Dengan begitu, studio musik Anda akan dikenal banyak orang.

Wedding Entertainment

source : 123weddingcards

Banyak orang yang ingin acara resepsi pernikahannya terlihat sempurna di segala aspek. Tentunya, hal ini memberi keuntungan pada sejumlah bidang usaha, mulai dari bisnis katering, vendor dekorasi, percetakan undangan, photographer hingga penyedia jasa wedding entertainment.

Baca juga: Tanpa Modal, Ikuti 7 Tips Memulai Bisnis Fotografi Berikut Ini

Dalam hal ini, wedding entertainment yang dimaksud berupa hiburan musik. Untuk itu, jika Anda berbakat dalam bermain musik, mulai lah membentuk sebuah wedding band. Minimal dengan 1 orang keyboardis dan 1 orang vokalis berpengalaman, Anda sudah bisa menghibur seluruh tamu undangan.

Bisnis Menjual Merchandise Band atau Penyanyi Terkenal

source : swagdrop

Sejak dahulu, bisnis menjual merchandise atau pernak-pernik dari band atau penyanyi terkenal memang tidak ada matinya. Meski silih berganti, namun pasarnya akan tetap ada.

Kita ambil contoh, jika di awal tahun 2000an demam boyband melanda Indonesia, berbeda dengan era ini. Dimana, banyak sekali masyarakat yang tergila-gila dengan K-pop atau Korean Pop.

Baca juga: Bagi Pecinta Drama Korea, Wajib Tau Makanan Khas Korea Selatan Selain Kimchi!

Bagi orang yang berjiwa bisnis, kondisi ini dimanfaatkannya untuk meraup keuntungan yang sebesar-besarnya, dengan cara menjual merchandise sang idola. Banyak sekali merchandise yang bisa dibuat, mulai dari poster, mug, topi, notebook, hingga sablon kaos bertemakan band atau penyanyi terkenal.

KawanKAWN, baru saja kita ulas 5 bisnis bidang musik yang bisa dicoba saat ini. Bagaimana, setelah membaca artikel apakah Anda tertarik menjalani salah satunya? Yuk kita diskusi di kolom komentar.