Bisnis Fotografi, Side Job Menjanjikan Keuntungan Berlipat

-

Bisnis fotografi saat ini menjadi salah satu profesi atau bisnis yang mampu menghasilkan keuntungan yang berlipat. Bukan hanya soal mendokumentasikan suatu objek, kebutuhan akan fotografi juga semakin meningkat seiring berkembangnya penggunaan media sosial saat ini.

Baca juga: Era Digital, Kebutuhan terhadap Fotografi dan Videografi Meningkat

Sudah banyak orang yang berhasil menjalankan bisnis fotografi, tentunya dengan dedikasi penuh untuk terjun ke industri ini. Namun menariknya, bisnis fotografi bisa juga dijalani bagi seorang pekerja atau karyawan sebagai side job. Selain itu, bisnis fotografi juga banyak diminati oleh kalangan mahasiswa yang memiliki hobi atau passion di bidang fotografi.  

Ditengah-tengah kesibukan pekerjaan atau aktivitas utamanya, tidak ada salahnya jika seorang karyawan atau mahasiswa mencari tambahan penghasilan dengan berbisnis di bidang fotografi. Lantas, apa saja jenis bisnis fotografi yang bisa dijalankan sekaligus oleh seorang karyawan maupun mahasiswa? Dikutip dari beberapa sumber, yuk kenali jenisnya satu persatu!

Bisnis Fotografi Wedding & Prewedding

source : lifepall

Fotografi untuk wedding dan prewedding menjadi salah satu bisnis fotografi yang cukup evergreen. Alasannya cukup sederhana, semua orang pasti ingin momen sebelum dan sesaat pernikahan dapat dikenang sepanjang masa.

Oleh karena itu, fotografi akan selalu dibutuhkan pada momen-momen tersebut. Disinilah, fotografer dapat mengambil peluang untuk bisa menghasilkan keuntungan.

Sebelum memulai bisnis, alangkah baiknya jika Anda membentuk tim terlebih dahulu. Disaat sudah memiliki tim yang cukup mumpuni serta portofolio yang cukup, barulah Anda coba tawarkan kepada banyak klien. Tipsnya, cobalah tawarkan kepada kenalan Anda terlebih dahulu, seperti teman atau saudara.

Baca juga: 7 Trik Memanfaatkan Media Sosial untuk Tingkatkan Penjualan

Jual Foto Secara Daring

source : zyro

Baru-baru ini kita dihebohkan oleh pemuda bernama Sultan Gustaf Al Ghozali atau yang lebih dikenal dengan Ghozali Everyday. Bagaimana tidak, pemuda yang baru saja genap berusia 22 tahun mampu meraup keuntungan hingga miliaran rupiah berkat menjual foto selfie-nya pada media online. Ini menjadi salah satu cerita, cara menghasilkan cuan dari menjual foto pada media online.  

Baca juga: 7 Fakta Ghozali Everyday Cuan Rp 1,5 M dari Jual Foto Selfie NFT

Anda ingin memiliki passive income dari bisnis fotografi? Kenapa tidak coba menjual karya foto Anda pada media online! Ya, saat ini sudah banyak platform jual beli stok foto secara online, mulai dari Pexels, Shutterstock, Dreamstime, iStockphoto dan masih banyak lagi.

Sejatinya, saat ini banyak orang yang mencari foto dengan kualitas baik untuk digunakan kembali, seperti membuat blog atau membuat konten promosi. Terlalu effort jika mereka membuat sendiri foto tersebut. Oleh karena itulah, platform jual beli foto menjadi jalan ninjanya.

Buka Kelas Fotografi

source : NYC Photo safari

Anda seorang fotografer dengan skill mumpuni dan mampu berkomunikasi dengan baik? Daripada dipendam saja, kenapa tidak jadikan lumbung uang dengan membuka kelas fotografi. Peluang bisnis fotografi yang satu ini memang sangat cocok bagi Anda yang memiliki kriteria tersebut.

Mungkin banyak orang yang ahli di bidang fotografi, namun hanya sedikit yang mampu berkomunikasi dengan baik layaknya seorang mentor. Kelas fotografi selalu dibutuhkan bagi orang yang sedang mendalami ilmu fotografi.

Meskipun sudah banyak tutorial, bahkan tips dan trik yang tersaji di internet. Namun, banyak orang yang sulit untuk memahaminya. Biasanya orang seperti ini membutuhkan mentor lewat kelas fotografi.

Baca juga: Tips Membuat Foto Produk lebih Ciamik Hanya dengan Kamera HP

Food Photography

source : kumparan

Selanjutnya, food photography atau foto makanan menjadi bisnis bidang fotografi yang banyak dijalankan saat ini. Semakin banyaknya restoran atau rumah makan, membuat fotografi makanan semakin dibutuhkan.

Terdengar sederhana memang, hanya memotret makanan, kok bisa menghasilkan keuntungan? Bagaimana bisa? Seperti kita ketahui, orang bisa dengan mudah mengambil foto makanan, bahkan menggunakan kamera smartphone sekalipun.  

Akan tetapi, menghasilkan foto berkualitas yang nantinya akan ditampilkan pada website resmi, media sosial atau daftar menu makanan tidak semudah membalikan telapak tangan. Untuk itulah, dibutuhkan seorang fotografer berpengalaman untuk mendapatkan hasil yang berkualitas.

Baca juga: Mau Daftar Menu Anda Terlihat Menarik, Ikuti 7 Tips Berikut

Kuncinya, cari referensi fotografi makan dari berbagai macam sumber, perkaya konsep serta buat portfolio menarik. Dengan begitu, Anda bisa meyakinkan calon klien Anda.

Bisnis Fotografi Olahraga

source : merahputih

Mungkin ini menjadi salah bisnis fotografi yang sedang tren saat ini, yakni fotografi olahraga. Saat ini, semakin banyak orang yang ingin tampil eksis di media sosial, bahkan saat sedang berolahraga sekalipun. Ingin tampil layaknya seorang atlet profesional, para pegiat olahraga ini rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk mendapatkan hasil foto yang berkualitas.

Cara kerjanya sederhana, foto semua momen saat olahraga sedang berlangsung. Hasilnya bisa Anda bagikan kepada klien berupa link google drive. Sehingga, semua peserta yang terlibat bisa mengakses dan unduh semua foto yang diinginkan.

Jika Anda pemain baru pada bidang ini, sebaiknya lakukan pendekatan yang baik kepada banyak komunitas olahraga atau tim olahraga. Selanjutnya, buat penawaran harga yang bersaing dan tunjukan hasil foto Anda sendiri. Dengan begitu, bukan tidak mungkin Anda akan kebanjiran job fotografi.

KawanKAWN, diatas merupakan 5 jenis bisnis fotografi yang bisa Anda jalankan dan berpotensi menghasilkan keuntungan berlipat. Namun, jika Anda memiliki opini lainnya, yuk diskusikan di kolom komentar. Terima kasih!