Public Relation, Kenali Pentingnya Terhadap Perusahaan

-

Public relation atau hubungan masyarakat dianggap memiliki peran yang begitu penting dalam sebuah perusahaan. Hal ini membuat banyak perusahaan mencari seorang public relation yang berpengalaman dan memiliki kapabilitas cukup tinggi.

Baca juga: Loyalitas Karyawan, Bagaimana Cara Meningkatkannya?

Bukan tanpa alasan, pada beberapa kasus, peran seorang public relation sangat erat hubungan dengan citra positif perusahaan. Memang, menjaga reputasi perusahaan merupakan tanggung jawab bersama setiap divisi. Namun, public relation lah yang merupakan garda terdepan dalam menjaga dan meningkatkan reputasi perusahaan di mata publik. Untuk itu, kali ini KAWN mencoba mengulas secara gamblang tentang public relation, mulai dari pengertian, peran, tugas serta fungsi dari public relation itu sendiri.

Apa itu Public Relation?

source : google image

Sebelum mengenal lebih dalam tentang public relation, ada baiknya jika kita cari tahu dulu definisinya. Melansir kelaskomunikasi.com, public relation merupakan proses interaksi antara perusahaan dengan publik dalam menciptakan sebuah opini, menanamkan pengertian, memberikan persepsi, menumbuhkan motivasi dan menciptakan partisipasi publik.

Baca juga: 6 Pengaruh Opini Publik terhadap Citra Perusahaan

Selain itu, Coulson–Thomas sang penulis buku ‘Public Relations : pedoman praktis untuk PR’ memberikan pendapat, bahwa public relation sebagai sebuah proses atau aktivitas terencana yang memiliki tujuan untuk menjalin komunikasi antara perusahaan dan pihak luar.

Peran Public Relation

source : google image

Cukup banyak alasan mengapa peran dari public relation sangatlah penting bagi sebuah perusahaan. Hal ini sejurus dengan yang KAWN lansir dari pakarkomunikasi.com, berikut ulasannya:

a. Membangun hubungan dengan eksternal perusahaan

Seorang public relation harus mampu membuat publik atau pihak luar memberikan gambaran yang positif terhadap perusahaan. Pihak luar ini bisa masyarakat umum atau pihak lain yang bekerjasama dengan perusahaan seperti klien dan investor. Kondisi ini lah yang menjadi tanggung jawab seorang public relation.

b. Membangun hubungan dalam internal perusahaan

Secara fungsi hampir sama dengan poin sebelumnya, namun kali ini seorang public relation dituntut mampu membina hubungan antar internal perusahaan. Dalam hal ini, seorang public relation wajib memiliki kemampuan untuk melakukan identifikasi terhadap berbagai hal yang dapat menimbulkan dampak negatif dalam perusahaan.

c. Public relation sebagai tenaga ahli perusahaan

Dalam hal ini, seorang public relation yang telah berpengalaman dan memiliki kemampuan yang tinggi, diharapkan dapat memberikan solusi atas masalah reputasi perusahaan yang sedang terjadi, baik di hadapan eksternal maupun internal.

d. Public relation sebagai fasilitator komunikasi

Public relation juga berperan penting sebagai komunikator yang baik antara perusahaan dengan publik. Artinya, public relation diharapkan mampu untuk menjelaskan berbagai hal yang berkaitan dengan keinginan atau harapan dari pihak luar kepada perusahaan. Dari komunikasi yang berjalan dua arah tersebut diharapkan bisa membangun dan menciptakan hubungan yang baik antara kedua belah pihak.

Baca juga: Cara Efektif Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

Tugas dan Fungsi Public Relation

source : google image

Tugas dan fungsi dari seorang public relation terbilang cukup kompleks. Hal ini dikarenakan mereka bertanggung jawab pada beberapa hal vital yang menyangkut citra perusahaan. Berikut ulasannya:

a. Counseling

Pertama, yang menjadi tugas atau fungsi bagi seorang public relation, yakni harus mampu memberikan konseling, rekomendasi, saran serta mengarahkan pihak perusahaan mengenai berbagai problem yang akan atau sedang dihadapi.

b. Research

Research sangat penting dilakukan oleh seorang public relation, hal ini berguna untuk mencari tahu berbagai hal yang berkaitan dengan keinginan atau harapan publik terhadap perusahaan. Tujuannya, tentu saja untuk membangun kepercayaan publik atau perusahaan.

c. Media Relations

Tidak bisa dipungkiri, saat ini media sangat dibutuhkan perusahaan sebagai sarana untuk menyampaikan pesan serta pendapat dari perusahaan kepada publik. Oleh karena itu, kehadiran public relation sebagai penghubung antara perusahaan dan media yang melakukan kerjasama.

Selain itu, public relation juga wajib memiliki keterampilan menulis yang baik. Hal ini guna untuk membuat press release yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada publik melalui media massa, baik offline maupun online.

Baca juga: Serba-serbi Press Release yang Perlu Kamu Tahu

d. Public Affair

Bukan hanya menjalin hubungan baik dengan banyak media massa. Public relation juga bertugas membangun hubungan baik antara perusahaan dengan pemerintah dari berbagai sektor. Salah satunya adalah dengan menjalankan fungsi lobbying terhadap pemerintah.

Baca juga: Pengertian Lobbying Itu Apa? Simak Penjelasannya!

e. Issues Management

Selain itu, public relation juga berfungsi untuk mengelola isu yang sedang berkembang di masyarakat yang berhubungan dengan perusahaan. Dalam hal ini, public relation harus mengidentifikasi serta mengevaluasi berbagai isu yang memiliki dampak terhadap perusahaan.

f. Marketing Communication

Terakhir, public relation juga wajib memiliki fungsi dalam marketing communication, yakni memadukan aktivitas pemasaran perusahaan dengan mengadakan event-event khusus dengan tujuan membangun brand awareness.

Baca juga: Ingin Diingat Terus Oleh Konsumen? Buat Logo Bisnis Anda Lebih Menarik dengan Tips ini!

Dari ulasan diatas, maka dapat diambil kesimpulan, bahwa peran public relation dalam perusahaan memanglah sangat penting. Terlebih, dalam dalam hal membangun citra positif perusahaan terhadap khalayak umum ada ditangannya. Untuk itu, carilah seorang public relation yang berpengalaman dan memiliki kapabilitas cukup tinggi.

KawanKAWN, artikel ini sifatnya open to discuss ya! Jadi, jika Anda punya pertanyaan seputar public relation, silahkan tuliskan di kolom komentar ya! Terima kasih!