Bisnis Laundry Koin Sedang Tren Saat Ini, Yuk Kenali Faktanya!

-

Bisnis laundry kian berkembang dari masa ke masa. Seperti yang kita ketahui, jika dahulu konsep bisnis mencuci pakaian ini hanya dilakukan berdasarkan jumlah potongan pakaian saja. Namun seiring berjalannya waktu, muncul lah bisnis laundry kiloan yang menghitung jumlah pakaian berdasarkan perhitungan beratnya.

Bahkan, makin kesini bisnis laundry semakin canggih dengan bantuan peran teknologi, yakni laundry koin. Dikutip D.Laundry, laundry koin memiliki konsep self service. Dimana, proses mencuci pakaian dilakukan sepenuhnya oleh konsumen dengan bantuan mesin cuci secara otomatis. Prosesnya, diawali saat konsumen memasukan koin agar mesin cuci dapat beroperasi secara sempurna.  

Di Indonesia sendiri, belum banyak pelaku bisnis laundry menggunakan koin. Akan tetapi, Anda bisa menemukan bisnis ini di banyak kota besar, macam Bandung, Surabaya, Medan dan tentu saja Jakarta. Mengapa demikian, pasalnya bisnis ini menyasar konsumen super sibuk yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengurusi keperluan pribadinya, yakni mencuci pakaian.  

Baca juga: 5 Kafe Tematik yang Ada Di Jakarta

Lantas, Jika Anda ingin membuka bisnis ini namun belum familiar, yuk kita ulas beberapa faktanya. Dikutip dari beberapa sumber, berikut ulasannya.

Bisnis Laundry Koin Tidak Membutuhkan Banyak Karyawan

source : CLA Insurance

Bisnis laundry koin tidak seperti bisnis lainnya yang memerlukan banyak karyawan. Pasalnya, laundry koin mengusung konsep self service, dimana proses mencuci pakaian dari awal hingga akhir dilakukan oleh konsumen.

Oleh karena itulah, Anda tidak membutuhkan banyak pekerja untuk menjalankan bisnis ini. Bahkan dengan 1 orang pun bisa, Atau Anda sendiri saja sebagai pemilik terjun langsung mengelola dan menjaga kios laundry koin ini.

Pasalnya, seorang karyawan bisa bertugas untuk membantu pelanggan, memantau proses laundry yang dilakukan pelanggan, serta menjadi kasir. Akan tetapi, Anda juga perlu menempelkan pemberitahuan atau informasi tentang cara penggunaan mesin cuci dengan tepat.

Mudah Dikelola

source : KAWN

Tidak memikirkan stok produk, tidak membutuhkan banyak inventaris dan tidak membutuhkan banyak karyawan membuat bisnis laundry koin mudah dikelola. Anda hanya perlu memikirkan bagaimana menarik konsumen dan membuatnya menjadi loyal.

Baca juga: Kepuasan Pelanggan, Terapkan Cara ini untuk Mengukurnya

Tantangan selanjutnya ada pada pencatatan transaksi dan laporan keuangan. Akan tetapi, jika Anda ingin kepraktisan dalam hal tersebut, Anda bisa memanfaatkan KAWN POS lho!

Dimana, KAWN POS merupakan aplikasi kasir online yang dirancang khusus untuk mendampingi berbagai macam bisnis, laundry koin salah satunya. Hadir dengan berbagai macam fitur, KAWN POS mampu menjadi pendamping handal yang memudahkan bisnis Anda. Mulai dari melakukan analisa keuangan lengkap, laporan transaksi lengkap, cetak resi pembayaran hingga me-manage banyak cabang. Tertarik memanfaatkan free trial KAWN selama 15 hari, yuk klik disini!

Investasi Awal yang Lumayan Besar

source : unisbank

Meskipun peralatan yang dibutuhkan sedikit, serta karyawan dan lokasi usaha yang minim, tidak membuat bisnis ini memiliki modal yang sedikit. Pasalnya, 1 unit mesin cuci koin otomatis ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Dikutip harga.top, mesin cuci koin otomatis dengan kapasitas 10 kg dibanderol antara 12 hingga 45 juta rupiah per unitnya. Selain itu, dibutuhkan sejumlah modal lainnya untuk keperluan sewa lokasi usaha dan juga membuat saluran air.

Jadi, jika Anda ingin membangun bisnis laundry koin, setidaknya dibutuhkan modal berkisar Rp 100 jutaan. Namun, itu tergantung pada seberapa besar kecilnya usaha yang akan dibangun.

Baca juga: Waralaba yang Cepat Balik Modal

Konsumen Lebih Merasa Aman

source : canva

Ini bisa menjadi poin plus yang dirasakan konsumen saat menggunakan jasa laundry koin, yakni rasa aman. Rasa aman yang dimaksud, tidak terjadinya masalah-masalah seperti pakaian yang hilang maupun tertukar. Bisa jadi, kondisi inilah yang membuat banyak konsumen beralih dan tetap loyal kepada laundry koin ketimbang menggunakan jasa laundry kiloan.

Baca juga: 3 Usaha Rumahan yang Tidak di Lekang Jaman

Pebisnis Bisa Membuka Bisnis Lainnya

source : nolisoli

Coba, posisikan diri Anda sebagai konsumen. Apa yang Anda lakukan disaat menunggu proses mencuci sedang berlangsung? Cukup bosan rasanya jika tidak dibarengi dengan beberapa aktivitas lainnya.

Untuk itu, jika Anda pemilik bisnis laundry koin, coba sediakan layanan lainnya yang sifatnya berbayar, seperti menjual kopi, snack ringan atau minuman ringan. Menarik bukan? Ini bisa menjadi strategi cross selling yang bisa Anda terapkan pada bisnis laundry koin.

Baca juga: Cross Selling Adalah Strategi Pemasaran yang Ampuh, Ini Caranya!

KawanKAWN, baru saja kita ulas beberapa fakta mengenai bisnis laundry koin. Bagaimana, tertarik menjalankan bisnis ini juga? Yuk diskusikan di kolom komentar!