Pet Shop Bisnis Anak Bulu Yang Patut Diburu

-


Pet shop merupakan salah satu bisnis menarik yang bisa diburu saat ini. Pasalnya, bisnis yang menyediakan kebutuhan, perlengkapan serta perawatan hewan peliharaan ini memiliki prospek yang begitu cerah. Tentu saja, karena semakin banyaknya masyarakat yang memiliki hobi memelihara hewan, mulai dari kucing, anjing, unggas hingga hewan melata.  

Baca juga: Hobi Merawat Hewan Peliharaan Jadi Tren Selama Pandemi, Ini Alasannya

Terlebih jika Anda juga pecinta hewan peliharaan. Sudah barang tentu, menjalani bisnis yang disukai akan jauh lebih menyenangkan. Karena tentunya Anda sudah memiliki keahlian dan  pengetahuan tentang hewan peliharaan itu sendiri, mulai dari jenis pakan, aksesoris hingga cara merawat. Berbekal knowledge tersebutlah, Anda akan lebih mudah untuk menjalankan bisnis pet shop.

Jika ditelisik lebih jauh, tidak banyak pelaku usaha pada bidang ini. Hal ini terlihat jelas, dari minimnya pet shop yang ditemukan, terutama di daerah yang bukan masuk kategori kota besar.

Tak bisa dipungkiri kalau pet shop merupakan bisnis yang pasarnya cukup sempit. Target market-nya hanya pada orang-orang yang memiliki hobi memelihara hewan dan berstatus ekonomi menengah keatas. Faktor inilah menjadi penyebab, masih banyaknya orang yang ragu atau tidak berani untuk memulai bisnis pet shop.

Padahal, jika dijalani dengan tips atau strategi yang benar, bukan tidak mungkin Anda akan mendulang keuntungan yang berlipat pada bisnis pet shop. Bagaimana, tertarik untuk memulai bisnis ini? Dikutip dari beberapa sumber, yuk ikuti beberapa tips dibawah ini!

Pet Shop Membutuhkan Lokasi Usaha yang Strategis

source : lifewire

Seperti disinggung sebelumnya, pet shop merupakan salah satu bisnis dengan target pasar yang cukup sempit. Karena hal itulah, Anda perlu menyiasatinya dengan mencari lokasi strategis, dimana terdapat banyak target market dari bisnis ini.

Tidak bisa dipungkiri, masyarakat perkotaan merupakan target potensial dari bisnis pet shop. Oleh karena itu, cari lokasi terbaik, seperti jalan-jalan perkotaan, perumahan elit atau apartemen bisa menjadi pilihan.

Namun, Anda juga perlu perhatikan faktor-faktor lainnya saat memilih lokasi, seperti aman dari banjir, mudah terlihat dari jalan, parkir yang luas serta besarnya harga sewa. Karena tentu saja, besarnya harga sewa akan mempengaruhi modal awal yang nantinya Anda keluarkan.

Tentukan Jenis Layanan dan Sediakan Produk Jual Secara Lengkap

source : canva

Berikutnya, tentukan jenis layanan yang akan Anda sediakan pada pet shop tersebut. Pasalnya, ada beberapa jenis layanan yang disediakan sebuah pet shop, mulai dari penitipan hewan, vaksinasi, pet spa hingga grooming atau perawatan.

Baca juga: Salon Kecantikan, Intip Langkah Praktis Memulainya

Grooming sendiri masih terbagi beberapa layanan, seperti mandi, cukur atau penataan bulu, pembersihan telinga, potong kuku serta perawatan parasit. Semua layanan ini tentu saja akan sulit dilakukan oleh pemilik hewan peliharaan secara mandiri. Oleh karena itu, biasanya sang pemilik hewan akan meminta bantuan jasa pet shop untuk melakukan semua perawatan tersebut.

Karena begitu banyaknya jenis layanan yang bisa diterapkan sebuah pet shop. Anda perlu tetapkan, layanan apa saja yang akan Anda sediakan pada bisnis Anda.

Selain layanan, Anda juga wajib menyediakan produk kebutuhan dan aksesoris hewan secara lengkap, seperti kandang, pakan, vitamin dan aksesoris. Namun, yang menjadi kunci adalah Anda perlu mencari pemasok yang dapat dipercaya, kualitas produk baik serta harga yang kompetitif.

Baca juga: Cara Memasukan Pemasok untuk Outlet di Aplikasi Kasir Online KAWN

Rekrut Karyawan yang Handal

source : fetch pet resort

Saat Anda tidak bisa menjalankan bisnis pet shop sendirian, ada baiknya jika Anda merekrut karyawan untuk membantu kelancaran operasional bisnis. Namun, sebaiknya carilah karyawan yang pecinta hewan peliharaan serta berpengalaman dalam merawat hewan peliharaan.

Baca juga: Loyalitas Karyawan, Bagaimana Cara Meningkatkannya?

Jalin Hubungan dengan Komunitas Hewan

source : lifewire

Nah, ini bisa menjadi tips penting saat Anda membangun bisnis pet shop, yakni jalin kerjasama dengan beberapa komunitas hewan peliharaan. Pasalnya, bukan tidak mungkin pet shop Anda akan kebanjiran pesanan saat Anda sudah menjalin hubungan baik atau terjun langsung ke dalam komunitas tersebut.

Baca juga: Suka Hewan? Yuk, Gabung di 8 Komunitas Pecinta Hewan di Indonesia ini!

Salah satu yang bisa dilakukan pada komunitas adalah strategi pemasaran secara word of mouth atau dari mulut ke mulut.

Perlu Anda ketahui, strategi pemasaran word of mouth sampai saat ini masih menjadi cara jitu untuk mempromosikan suatu produk atau jasa. Selain jitu, strategi ini juga sangat ramah dikantong, alias gratis.

Terapkan Strategi Marketing secara Digital

source : canva

Terakhir, lakukan strategi pemasaran bisnis pet shop Anda secara digital. Pasalnya, penggunaan smartphone atau gawai sudah menjadi kebiasaan baru masyarakat di era digital. Kemudahan akses internet terbukti memudahkan masyarakat melakukan apapun, dimanapun dan kapanpun, salah satunya adalah kemudahan mengakses informasi.

Melakukan strategi pemasaran secara digital menjadi begitu efektif saat ini. Banyak yang bisa dilakukan saat Anda menjalankan pemasaran secara digital, mulai dari email marketing, website, SEO, SEM serta yang paling ampuh belakangan ini adalah social media marketing.

Baca juga: Apa itu Email Marketing dan Manfaatnya Bagi Bisnis F&B

Anda bisa membuat akun brand pet shop Anda pada berbagai platform media sosial, seperti facebook, instagram atau twitter. Kuncinya, buat konten yang menarik secara konsisten setiap hari agar bisnis Anda cepat dikenal oleh masyarakat.

KawanKAWN, itulah tadi beberapa tips sukses yang bisa Anda terapkan saat membangun bisnis pet shop. Perlu Anda ketahui, kalau artikel ini sifatnya “open to discuss” ya! Jadi, jika Anda memiliki pertanyaan seputar pet shop, silahkan tulis di kolom komentar ya, terima kasih!