Bagi para pelaku bisnis, selain kualitas produk yang dijual, kemasan produk menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Terlebih jika bisnis Anda bergerak di bidang F&B. Bukan tidak mungkin, dengan kemasan produk yang menarik, bisa saja membuat konsumen memutuskan untuk membeli produk F&B Anda.
Baca juga : 3 Tips Memulai Usaha F&B dengan Modal Kecil
Di Indonesia sendiri isu kemasan produk masih menjadi tantangan bagi produk lokal, terlebih bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Sebab banyak produk F&B produksi UMKM yang memiliki kualitas dan rasa yang baik dan bisa diterima oleh pasar, tetapi tidak memiliki kemasan produk yang menarik, sehingga tidak dapat bersaing dengan brand-brand besar secara jangka panjang.
Baca juga : 4 Platform Pelatihan UMKM Online, Wajib Anda Coba!
Melihat fenomena tersebut, sepertinya perlu ada edukasi bagi pelaku UMKM tentang pentingnya kemasan produk bagi bisnis mereka. Untuk itu, seperti yang KAWN lansir dari entrepreneurcamp.id, berikut penjelasan tentang pentingnya kemasan produk.
Menimbulkan Daya Tarik Konsumen

Selain melindungi produk, hal terpenting lainnya adalah menimbulkan daya tarik konsumen terhadap produk F&B Anda. Karena dengan kemasan yang baik dan menarik, bisa saja akan meningkatkan penjualan produk F&B Anda, walaupun dari segi produk, rasa, kualitas dan harga yang cenderung sama dengan kompetitor lainnya. Hal ini sejalan dengan hasil survey yang telah KAWN lansir dari metaform.co.id bahwa sekitar 69% konsumen akan memutuskan untuk membeli produk dengan kemasan yang lebih menarik.
Baca juga : 5 Trik agar Kemasan Produk Bisnis Menarik Minat Pelanggan
Untuk itu, buat desain kemasan Anda semenarik mungkin. Kalau perlu, gunakan jasa desainer yang sudah berpengalaman dalam mendesain kemasan produk. Desainer akan lebih paham tentang desain, bentuk, dan material kemasan produk yang baik dan cocok untuk jenis produk F&B Anda.
Dengan rancangan desainer, tampilan produk akan terlihat menarik dan kreatif. Selain menarik hati konsumen untuk membelinya, bisa saja kemasan yang menarik dan kreatif membuat konsumen akan menyimpan kemasan produk tersebut dan tidak ingin membuangnya.
Membangun Kepercayaan Konsumen

Dengan menggunakan kemasan produk yang baik dan menarik, secara tidak langsung akan membangun kepercayaan konsumen terhadap produk F&B yang Anda jual. Hal ini dipengaruhi dari kemasan produk yang mencantumkan informasi produk secara jelas, seperti kode produksi, tanggal kadaluarsa, standar keamanan produk, hingga sertifikasi halal dari lembaga berwenang.
Baca juga : Apa Aja Sih Yang Harus Dicantumkan Dalam Label Kemasan Pangan Olahan
Dengan mencantumkan informasi tersebut, hal ini tentu menjadi menarik dan informatif bagi konsumen Anda. Coba Anda bayangkan, jika kemasan produk F&B Anda tidak mencantumkan tanggal kadaluarsa, tentu saja konsumen Anda akan menarik minatnya untuk membeli produk Anda. Hal ini tentu saja karena tidak adanya kepercayaan konsumen terhadap produk F&B Anda.
Baca juga : Bagaimana cara menentukan tanggal kadaluarsa?
Begitu banyak informasi penting yang mesti Anda masukan pada kemasan produk F&B Anda. Tetapi perlu diingat juga untuk meringkas informasi tersebut secara bijak, dengan menyesuaikan desain dan tata letaknya. Untuk itu, diskusikan secara detail masalah desain kemasan dengan desainer Anda.
Membantu Mempromosikan Produk

Selain dapat mencantumkan berbagai informasi yang dapat membangun kepercayaan konsumen. Ada baiknya Anda juga cantumkan informasi yang berkaitan dengan brand awareness, seperti nama brand, logo, tagline, website beserta akun media sosial bisnis Anda.
Baca juga : Ingin Diingat Terus Oleh Konsumen? Buat Logo Bisnis Anda Lebih Menarik dengan Tips ini!
Karena informasi tersebut adalah bagian dari cara promosi untuk memperkenalkan keunggulan produk F&B Anda, yang tentu saja berujung untuk meningkatkan brand awareness bisnis F&B Anda. Namun, sama halnya pada poin 2, pastikan informasi-informasi tersebut dibuat dengan desain yang menarik dan tidak memenuhi kemasan produk F&B Anda ya!
Membuat Perbedaan dengan Mempertahankan Ciri Khas

Jika Anda menjual produk yang sama dengan kompetitor lain, kemasan produk lah yang dapat menjadi cara untuk membuat perbedaan. Untuk itu, buatlah ciri khas atau identitas pada kemasan produk F&B Anda, karena dengan cara ini akan memberikan kemudahan konsumen mengenal produk Anda.
Bahkan beberapa industri kuliner di Indonesia terus mempertahankan identitas yang dijualnya. Seperti logo, warna, hingga desain kemasan, hal ini semata-mata untuk mempertahankan ciri khas yang melekat pada produknya.
Pemerintah Mendorong UMKM Untuk Tingkatkan Kualitas Kemasan Produk
Sementara itu, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) tengah mendorong program strategis untuk mengembangkan UMKM di Indonesia agar memiliki kemasan produk yang menarik minat pembeli. Hal ini sejurus dengan pernyataan Sekretaris Kemenkop UKM, Rully Indrawan yang telah KAWN kutip dari depkop.go.id, bahwa salah satu upaya yang dijalankan oleh pemerintah adalah dengan pembinaan dan pelatihan bagi UMKM. Terutama dalam mendesain dan merancang kemasan dan melibatkan para pelaku usaha swasta hingga marketplace di Indonesia.
“Kami terus melakukan pameran-pameran produk unggulan UMKM, baik dalam negeri maupun di luar negeri. Tujuannya, agar produk UMKM kita bisa diterima pasar dengan baik, hingga menembus pasar mancanegara,” ungkap Rully di Jakarta.
Melihat betapa pentingnya kemasan produk terhadap bisnis F&B Anda, untuk itu, buatlah kemasan produk F&B Anda secara serius, dan ada baiknya Anda gunakan jasa desain untuk mendapatkan hasil yang lebih menarik. Dari semua yang sudah KAWN jelaskan, mungkin ada pertanyaan atau masukan dari Anda, silahkan Anda tulis di kolom komentar ya!