Bisnis Pijat Refleksi di Perkotaan Padat Karya

-

Bisnis, dikutip dari laman kbbi.web.id merupakan kegiatan atau usaha komersial dalam dunia perdagangan dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan. Karena hal itulah, banyak orang yang mencoba peruntungannya pada dunia bisnis.

Akan tetapi, mencapai tujuan bisnis tentunya tidak sesederhana membalikan telapak tangan. Pastinya, banyak proses yang harus dilewati, mulai dari perencanaan, fase membangun bisnis, menjalankan hingga dapat meraup keuntungan.

Pada fase perencanaan misalnya. Di fase ini, biasanya seseorang akan dihadapkan dengan beberapa pilihan bisnis. Dikutip hot.liputan6.com, setidaknya ada 4 jenis bisnis yang dikategorikan berdasarkan bentuk kegiatannya, yakni:

1. Bisnis Industri

Bisnis yang bergerak pada bidang industri manufaktur, yang terdiri dari industri tekstil, mesin, elektronik, garmen dan lain-lain.

2. Bisnis Jasa

Bisnis pada bidang jasa untuk melahirkan suatu produk tidak berwujud, mulai dari fotografi atau videografi, desain grafis, laundry, perawatan tubuh dan masih banyak lagi.

3. Bisnis Ekstraktif

Kegiatan bisnis dalam pengelolaan sumber daya alam, mulai dari eksplorasi, pengambilan hingga proses pengolahan, seperti pertambangan batubara, pabrik semen, pabrik timah, pabrik nikel, dan lain sebagainya.

4. Bisnis Agraris

Bisnis yang bergerak di bidang pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan dan juga bidang kehutanan.

Mengacu pada poin kedua, banyak sekali bisnis bidang jasa yang bisa dijalankan seseorang, pijat refleksi salah satunya. Pijat refleksi kerap menjadi destinasi bagi seseorang yang ingin memanjakan diri dengan cara menikmati pijatan. Bukan hanya itu saja, bagi dia yang sedang ada masalah dengan kesehatan persendian, seperti kelelahan, pegal linu, terkilir, pijat refleksi bisa menjadi solusinya.  

Tidak adanya biaya produksi setiap hari, modal dan biaya operasional yang relatif kecil membuat bisnis pijat refleksi semakin diminati banyak orang. Bahkan, sekelas artis atau public figure pun banyak yang tertarik merintis bisnis ini, sebut saja Wulan Guritno, Susi Susanti dan Lilyana Natsir.

Baca juga: 5 Selebriti Ini Punya Mesin Uang dengan Buka Pijat Refleksi, Siapa Aja Mereka?

Lantas, adakah tips yang bisa dijalankan seseorang saat membangun bisnis pijat refleksi. Dikutip dari lama mediaini.com, berikut ulasannya.

Bisnis Pijat Refleksi dengan Merekrut Terapis Karyawan Handal

source : thetouch1

Ini bisa menjadi kartu AS saat seseorang membangun bisnis pijat refleksi, yakni kehadiran karyawan handal dalam memijat. Karyawan dalam bisnis pijat refleksi biasanya disebut terapis. Untuk itu, cari beberapa terapis yang ahli dalam dunia perpijatan.  

Ada baiknya jika Anda mencari terapis yang memiliki lebih dari satu teknik pijatan. Pasalnya, ada beberapa teknik dalam dunia pijat memijat, beberapa diantaranya mulai dari refleksi, pijat full body, Shiatsu, pijat tradisional dan lain sebagainya.  

Tidak bisa dipungkiri, terapis handal bisa menjadi daya tarik konsumen. Hal ini tentu saja berkaitan dengan kepuasan seorang konsumen. Jika konsumen merasa puas, bukan tidak mungkin mereka akan kembali lagi di suatu hari.  

Baca juga: Kepuasan Pelanggan, Terapkan Cara ini untuk Mengukurnya

Siapkan Peralatan dan Ruang Pijat yang Nyaman

source : iStock

Selanjutnya, siapkan peralatan pendukung bisnis pijat refleksi, mulai dari kursi pijat, minyak pijat, alat pijat, lotion pijat serta handuk hangat. Akan tetapi, selain kelengkapan alat-alat yang diperlukan, Anda juga wajib membuat ruang pijat senyaman mungkin.

Ada beberapa hal yang diperlukan agar ruang pijat terasa nyaman, seperti aroma terapi, AC dan relaksasi musik. Dengan begitu, konsumen akan dimanjakan dengan pijatan dengan suasana yang nyaman.

Lokasi Strategis

source : canva

Dalam strategi pemasaran, lokasi usaha yang strategis menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi tingginya penjualan pada suatu usaha. Bisa dikatakan, hal ini berlaku pada semua jenis bisnis, baik itu bisnis kuliner, bisnis toko kelontong maupun bisnis pijat refleksi.

Baca juga: Membuka Toko Kelontong Gak Bikin Kantong Bolong

Dilansir sahabatpegadaian.com, setidaknya ada 6 hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih lokasi usaha.

  1. Tentukan lokasi usaha yang sesuai dengan target market bisnis Anda.
  2. Perhatikan kepadatan penduduk dan tingkat keramaian sekitar tempat usaha.
  3. Kompetitor rendah.
  4. Sesuaikan dengan budget.
  5. Cek perizinan.
  6. Mudah dijangkau.

Siapkan Layanan Lengkap

source : canva

Biasanya, konsumen yang datang memiliki masalah kesehatan yang berbeda-beda, atau ada juga yang hanya ingin menikmati sebuah pijatan. Untuk itu, penting bagi Anda untuk menyiapkan layanan yang beragam. Namun tentunya semua yang terkait dengan pijat memijat.

Sebagai contoh, ada konsumen yang baru saja melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil pribadi. Biasanya dia akan menginginkan pijatan full pada bagian kaki. Atau kasus lainnya, bagi konsumen yang mengalami pegal ditambah masuk angin, jalan keluarnya Anda harus siapkan layanan berupa pijatan full body dan juga layanan kerik.  

Biarkan konsumen yang memutuskan, layanan mana yang hendak ia pilih. Tentunya dengan saran atau arahan dari sang terapis.

Lakukan Promosi yang Tepat

source : canva

Kita semua menyadari bahwa sudah banyak pemain pada bisnis pijat refleksi. Yang menjadi “pekerjaan rumah” saat memulai bisnis ini adalah bagaimana cara menarik hati konsumen baru. Untuk itu, hendaklah Anda lakukan promosi yang tepat. Sebagai contoh, saat baru pertama buka, berikan diskon kepada setiap konsumen yang datang.

Baca juga: Terapkan 5 Jenis Diskon ini, Dijamin Konsumen Bakal Happy

Branding pada media sosial juga merupakan cara jitu mengenalkan bisnis pijat refleksi Anda pada banyak orang. Pertama-tama, buat akun media sosial bisnis Anda. Lalu, secara aktif buat dan kelola konten-konten yang menarik. Jangan lupa masukan beberapa testimoni tentang kepuasan konsumen. Jadikan media sosial sebagai media yang mendekatkan bisnis Anda dengan konsumen.

Baca juga: 7 Trik Memanfaatkan Media Sosial untuk Tingkatkan Penjualan

KawanKAWN, baru saja kita ulas beberapa tips yang bisa dijalani seseorang saat merintis bisnis pijat refleksi. Bagaimana, tertarik membangun bisnis ini juga? Yuk diskusikan di kolom komentar!