PayPal Masuk Daftar Coret Kominfo, Yuk Kenali Lebih Jauh Apa Itu Paypal?

-

PayPal menjadi pemberitaan hangat akhir-akhir ini. Tentunya bukan tanpa sebab, salah satu layanan keuangan berbasis online ini masuk daftar coret atau diblokir oleh pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)

Baca juga: Perbedaan E-Money dan E-Wallet yang harus Anda tahu

Alasannya, hingga saat ini PayPal belum melakukan pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat. Pemblokiran ini terhitung mulai hari Sabtu 30 Juli 2022, kutip finance.detik.com.

Baca juga: Lagi Ramai Dibicarakan, Apa Itu Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE)?

Tentu saja kebijakan Kominfo ini mendapat beragam respon dari berbagai lapisan masyarakat. Bahkan, tak sedikit juga yang memberikan tanggapan negatif atas diblokirnya PayPal oleh Kominfo. Alhasil, tagar #BlokirKominfo sempat menyeruak dan trending di jagat dunia maya.

Ragam respon tersebut membuat Kominfo kembali mengevaluasi kebijakannya. Salah satu pertimbangan dan keputusannya adalah dengan membuka kembali blokir PayPal selama 5 hari kerja, terhitung dari tanggal 31 Juli 2022. Tujuannya jelas, Kominfo memberikan kesempatan bagi masyarakat yang memiliki saldo di PayPal, untuk memindahkannya ke platform lain.

Begitu banyaknya kanal berita dan akun media sosial yang memberitakan tentang PayPal. Lantas apa itu PayPal? Apa manfaatnya dan apa saja kekurangan serta kelebihannya? Dikutip dari beberapa laman, berikut penjelasannya.

PayPal, Apa Itu?

source : canva

Apa itu PayPal? Mungkin ini menjadi pertanyaan besar bagi orang awam saat melihat pemberitaan tentang PayPal X Kominfo.

Dikutip glints, PayPal merupakan layanan keuangan yang memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi jual beli online dengan menggunakan akun. Nantinya di dalam akun tersebut, Anda dapat menambahkan rekening bank, kartu kredit maupun kartu debit untuk melakukan pembayaran. Selain itu, sesama pengguna PayPal juga bisa saling memberi dan menerima uang atau saldo PayPal secara digital.

Menariknya, PayPal memungkinkan seseorang untuk melakukan transaksi jual beli antar negara. Dengan begitu, seorang pebisnis bisa menjangkau pasar internasional berkat PayPal. Perlu Anda ketahui, jika PayPal saat ini telah digunakan lebih dari 179 juta pengguna aktif dengan jangkauan 200 pasar dan 100 jenis mata uang di seluruh dunia.

Dikutip wikipedia, PayPal pertama kali dikenalkan pada tahun 2000. Kemudian, tepatnya pada tahun 2002 PayPal resmi melantai di bursa saham atau initial public offering (IPO).

Manfaatnya PayPal

source : canva

Banyak manfaat yang ditawarkan oleh PayPal. Dikutip dari laman koinworks, manfaatnya bisa dirasakan kedalam 3 golongan pengguna. berikut ulasannya:

Baca juga: 13 Manfaat Menggunakan Aplikasi Kasir Untuk Bisnis Anda

Manfaat PayPal Bagi Penjual

  1. PayPal bisa menjadi alternatif pembayaran bagi konsumen. Bahkan, bagi yang tidak memiliki rekening Bank sekalipun. Sehingga, kondisi ini membuat penjual mampu menjangkau banyak pembeli atau pasar yang lebih luas.
  2. Bisa menerima pembayaran via kartu kredit tanpa perlu melewati proses pengajuan ke merchant bank lokal.  

Manfaat PayPal Bagi Pembeli

  1. Dapat melakukan pembayaran dengan cepat, aman dan tanpa batasan negara.
  2. Fleksibel, artinya seorang pembeli bisa melakukan pembayaran dari rekening bank manapun, kartu kredit maupun kartu debit.
  3. Bisa menjadi alat pembayar bagi pengguna marketplace internasional, mulai dari eBay, Amazon, Alibaba hingga Walmart.

Baca juga: 5 Cara Berbisnis ala CEO Alibaba Jack Ma

Manfaat PayPal Bagi Perorangan

  1. PayPal menjadi media pengiriman uang dengan siapapun, kapanpun dan di negara manapun.
  2. Bisa menerima uang dengan mata uang asing dan dicairkan ke mata uang rupiah.  

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan PayPal

source : canva

Sama seperti alat pembayaran digital lainnya, PayPal juga memiliki sisi kelebihan dan juga kekurangan yang perlu Anda ketahui. Berikut ulasannya:

Baca juga: Kenali 5 Manfaat Transaksi Non Tunai

Kelebihan PayPal

  1. Keamanan terjamin. Dalam hal ini, PayPal sangat menjamin keamanan bagi penjual maupun pembeli saat melakukan transaksi. Selain itu, pemilik akun PayPal juga sangat dijaga privasinya. Sehingga, tidak akan ada kebocoran data pengguna, yang dapat menimbulkan penyalahgunaan akun.
  2. Biaya admin relatif murah.
  3. Cepat saat melakukan transfer dana baik sesama pengguna PayPal maupun rekening bank lain.

Kekurangan PayPal

  1. Tentunya ada biaya yang dibebankan kepada pengguna saat melakukan transaksi dengan PayPal. Besaran biaya administrasi sekitar 3% dari jumlah transaksi, dan sekitar US$ 0,3 ketika ketika melakukan transfer ke rekening non-PayPal.
  2. Perlu Anda ketahui, PayPal belum memiliki layanan pengaduan atau customer service di Indonesia. Sehingga, hal ini akan menyulitkan Anda untuk melakukan keluhan ketika ada masalah terhadap transaksi yang dilakukan.
  3. Meski bersifat global, nyatanya masih ada beberapa mata uang yang belum tersedia di PayPal, seperti mata uang Rupee India.

KawanKAWN, itulah sedikit penjelasan tentang apa itu PayPal. Tertarik menggunakan PayPal untuk kemudahan bertransaksi Anda, tahan dulu ya! Pasalnya, saat ini PayPal masih masuk dalam daftar blokir Kominfo.

Oh iya, jika ada pertanyaan seputar PayPal atau KAWN POS, silahkan tulis di kolom komentar ya! Ditunggu!